Pertemuan 1
1. Lahirnya konsep manajemen ditengah gejolak masyarakat sebagai konsekuensi akibat dari:
a.Tidak seimbangnya pengembangan teknis dengan kemampuan sosial
b.Adanya bencana alam yang menimpa negara tersebut
c.Adanya intervensi dari pihak pemerintah
d.Seimbangnya pengembangan teknis dengan kemampuan ekonomi
2. Langkah-langkah metode ilmiah yang diaplikasikan dalam manajemen, kecuali:
a. Prediksi c.Testing dan verifikasi
b. Generalisasi d.Rumusan hipotesis
3. Menurut Stoner & Wankel, dalam batasan manajemen prosesnya meliputi:
a. Perencanaan c. Pengendalian
b. Kepemimpinan d. Semua benar
4. Elemen sasaran manajemen:
a. Manusia c. Objective
b. Mekanisme kerja d. a dan b benar
5. Bagian yang terpenting dari pengetahuan dan kepercayaan yang memberikan dasar yang luas untuk menetapkan pemecahan masalah manajerial:
a. Manajemen c. Filsafat manajemen
b. Ilmu d. Seni
Pertemuan 2
1. Kesamaannya antara manajemen, manajer dan kepemimpinan kedudukannya adalah:
a. Berada dalam organisasi c. Sifat dan jiwanya
b. Manusianya atau orangnya d. Kedudukan dan kekuasannya
2. Perbedaan antara manajemen, manajer dan kepemimpinan dilihat dari:
a. Bentuk organisasinya c. Sifat & jiwanya
b. Saling berinterkasi d. Adanya keterkaitan
3. Tingkatan manajemen dalam organisasi menurut T. H.
Handoko membagi manajer menjadi tiga golongan diantaranya:
a. Manajer lini-pertama c. Direktur
b. Manajer personalia d. Komisaris
a. Manajer lini-pertama c. Direktur
b. Manajer personalia d. Komisaris
4. Central figure, leader, dan liaison dalam peran manajer termasuk dalam peran:
a.Antar pribadi manajer c. Pengambil Keputusan
b.Informasional d. Perencanaan
5. Menurut cakupan kegiatannya, manajer dapat dibedakan menjadi empat kelompok diantaranya:
a. Manajer hierarki pertama c. Manajer lini ketiga
b. Manajer lini kedua d. Manajer lini keempat
Pertemuan 3
1. Perkembangan teori manajemen telah dikelompokkan. Kelompok tersebut dikenal dengan:
a. Aliran/Mazhab c. Arti/makna
b. Faham/golongan d. Formal/informal
2. Manajemen ilmiah dan teori klasik termasuk ke dalam mazhab:
a. Klasik c. Neoklasik pertama
b. Ilmu manajemen d. Perilaku
3. Munculnya mazhab ilmu manajemen dilatarbelakangi oleh lahirnya :
a. Motivation Theory c. Operation Research
b. Operation Production d. Teori organisasi klasik
4. Abraham Maslow mengemukakan teori motivasi :
a. Teori motivasi higienis c. Hierarki kebutuhan
b. Teori X dan Teori Y d. Pendekatan Contingency
5. Pakar Mazhab perilaku yang mengemukakan bahwa para
bawahan akan bekerja lebih keras jika manajemen memikirkan kesejahteraannya dan
memberikan perhatian khusus :
a. Hugo Munsterberg c. Elton Mayo
b. Henry Fayol d. Charles Babbage
a. Hugo Munsterberg c. Elton Mayo
b. Henry Fayol d. Charles Babbage
Pertemuan 4
1. Rencana yang dirancang untuk mencapai tujuan organisasi yang lebih luas :
a. Rencana Strategis c. Rencana operasional
b. Single Use Plan d. Standing Plan
2. Menurut Peter Drucker, seorang manajer dalam setiap operasinya lebih menekankan :
a. Efisiensi c. Efektivitas
b. Produktivitas d. Motivasi
3. Penyebab anggota organisasi menolak rencana perubahan, diantaranya :
a. Ketidakpastian sebab dan akibat perubahan
b. Kengganan untuk melepaskan keuntungan yang ada
c. Kesadaran akan kelemahan yang diusulkan
d. Semua benar
4. Teori perubahan sistem yang membangkitkan imajinasi masyarakat dan memecahkan masalah dengan mengusulkan penghapusan pendekatan baru :
a. Metodisme c. Rasionalisme
b. Utopianisme d. Inkrementalisme
5. Rencana Tetap (standing plan) diantaranya :
a. Proyek c. Anggaran
b. Program d. Prosedur Standar
Pertemuan 5
1. Tipe tujuan dimana digunakan organisasi untuk meletakkan kekuasaannya dalam pencapaian tujuan-tujuan lain :
a. Societal goals c. Output goals
b. System goals d. Derived goals
2. Melayani penerbangan sebanyak mungkin bagi
penumpang, termasuk :
a. Misi c. Misi Organisasi
b. Tujuan umum d. Tujuan khusus
a. Misi c. Misi Organisasi
b. Tujuan umum d. Tujuan khusus
3. Bukan merupakan fungsi tujuan organisasi :
a. Sumber legitimasi c. Sumber motivasi
b. Standar pelaksanaan d. Pelengkap
4. Menurut Peter Drucker, tujuan yang harus ditetapkan perusahaan diantaranya :
a. Profitabilitas c. Inovasi
b. Posisi Pasar d. Semua benar
5. Termasuk koalisi eksternal dalam proses perumusan tujuan yaitu :
a. Supplier c. Manajemen
b. Karyawan d. Manajer
Pertemuan 6
1. Teknik pengambilan keputusan konvensional dipakai untuk menangani permasalahan bersifat :
a. Sederhana c. Kompleks
b. Sedang d. Rumit
2. Model pengambilan keputusan yang banyak digunakan para ekonom dan ilmuwan manajemen :
a. Model Normatif c. Model Deskriptif
b. Model Narasi d. Model Aktif
3. Kategori analisis pengambilan keputusan diantaranya :
a. Ketidakpastian c. Resiko
b. Kepastian d. Semua benar
4. Faktor penting dalam proses pengambilan keputusan adalah :
a. Evaluasi alternatif c. Seleksi alternatif
b. Permasalahan yg dihadapi d. Pengawasan
5. Model proses pengambilan keputusan menurut Herbert A. Simon, kecuali :
a. Pemotivasian c. Penelitian
b. Perancangan d. Pemilihan
Pertemuan 9
1. Organisasi adalah sistem transformasi masukan dan keluaran yang bergantung pada lingkungan,merupakan konsep :
a. Sistem Politik c. Kontrak sosial
b. Sistem Terbuka d. Koalisi
2. Kelompok formal dan informal dibentuk dengan alasan:
a. Pemuasan kepuasan c. Alasan ekonomi
b. Tujuan kelompok d. Semua benar
3. Struktur organisasi yang digunakan oleh perusahaan besar dan perusahaan multi produk yaitu :
a. Fungsional c. Produk atau Pasar
b. Matriks d. Staff
4. Keunggulan struktur Matriks, kecuali :
a. Membebaskan top management untuk perencanaan
b. Memberikan fleksibilitas kepada organisasi
c. Melibatkan dan menantang perorangan
d. Menuntut ketrampilan antar pribadi yang tinggi
5. Pola utama atas pembagian produk atau pasar diantaranya, kecuali :
a. In division by product c. Division by work
b. Division by geography d. Division by Customer
Pertemuan 10
1. Saling ketergantungan dimana suatu satuan organisasi harus melakukan pekerjaannya terlebih dahulu sebelum satuan yang lain dapat bekerja :
a. Pooled interdependence c. Sequential interdependence
b. Reciprocal interdependence d. Times interdependence
2. Mekanisme dasar untuk pencapaian koordinasi diantaranya :
a. Hirarki Manajerial c. Aturan & Prosedur
b. Rencana & Tujuan d. Semua benar
3. Semakin lebar rentang manajemen akan menghasilkan
struktur organisasi yang berbentuk :
a. Flat c. Tall
b. Short d. Big
a. Flat c. Tall
b. Short d. Big
4. Menurut Henri Fayol,jumlah maksimum bawahan yang dapat dikendalikan oleh setiap pengawas produksi :
a. 10 – 20 orang c. 20 – 30 orang
b. 30 – 40 orang d. 5 – 10 orang
5. Pedoman yang dipakai untuk menentukan rentang manajemen adalah faktor berikut ini
kecuali :
a. Bawahan c. Atasan
b. Kolusi d. Situasi
a. Bawahan c. Atasan
b. Kolusi d. Situasi
Pertemuan 11
1. Wewenang ada karena seseorang diberi/dilimpahi/diwarisi,merupaka pandangan :
a. Teori Penerimaan c. Teori Formal
b. Teori Authority d. Teori Power
2. Dipecat & ditegur akan diterima karyawan bila tidak melaksanakan perintah pimpinan
a. Coercive Power c. Reward Power
b. Referent Power d. Expert Power
3. Wewenang di mana atasan melakukannya atas bawahannya langsung :
a. Staff Authority c. Line Authority
b. Functional Authority d. Management Authority
4. Proses pendelegasian yang mengalir setingkat demi setingkat dari tingkatan paling atas sampai tingkatan paling bawah :
a. Prinsip kesatuan perintah c. Prinsip Akuntabilitas
b. Prinsip tanggung jawab d. Prinsip Skalar
5. Alasan pendelegasian diantaranya :
a. Organisasi dapat berfungsi lebih efisien
b. Bawahan dapat tumbuh dan berkembang
c. Manajer dapat berkonsentrasi pada tugas penting
d. Semua benar
Pertemuan 12
1. Bukan merupakan teori Proses :
a. Teori Harapan c. Teori Dua faktor
b. Teori Keadilan d. Teori Penguatan
2. Hierarki kebutuhan keempat menurut Maslow, yaitu :
a. Physiological needs c. Safety needs
b. Recognition needs d. Social needs
3. Bentuk motivasi antara lain :
a. Kinerja c. Tanggung jawab
b. Kebajikan d. Penghargaan
4.Motif sering dirumuskan sebagai, kecuali :
a. Need c. Impulse
b. Reward d. Drive
5. Individu terus menerus memperl;ihatkan pola perilaku sama meskipun pengalamannya memperlihatkan hal itu tidak menghasilkan apapun :
a. Frustration c. Regresion
b. Fixation d. Rationalization
Pertemuan 13
1. Model proses komunikasi yang paling sederhana melibatkan unsur berikut ini, kecuali :
a. Penerima c. Berita
b. Pemakai d. Pengirim
1. Model proses komunikasi yang paling sederhana melibatkan unsur berikut ini, kecuali :
a. Penerima c. Berita
b. Pemakai d. Pengirim
2. Pengubahan berita ke dalam sandi disebut :
a. Decoding c. Encoding
b. Transmitting d. Source
3. Untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks menggunakan jaringan komunikasi :
a. Lingkaran & Rantai c. Huruf Y
b. Bintang d. Lingkaran
4. Komunikasi yang terjadi antara manajer SDM dan manajer Keuangan adalah :
a. Komunikasi Vertikal c. Komunikasi Diagonal
b. Komunikasi lateral d. Downward
5. Hambatan antar pribadi dalam berkomunikasi diantaranya :
a. Status atau kedudukan komunikator
b. Persepsi selektif
c. Ketidak tepatan penggunaan bahasa
d. Semua benar
Pertemuan 14
1. Diantara beberapa fungsi manajemen yang memiliki peran yang sangat penting adalah :
a. Organizing c. Actuating
b. Coordinating & Controlling d. Planning
2. Elemen kedua pengendalian :
a. Metode sensor untuk mengukur kondisi yg dikendalikan
b. Kondisi & karakteristik aktivitas yg dikendalikan
c. Penentuan kebutuhan tindakan perbaikan
d. Implementasi tindakan perbaikan
3.Sistem pengendalian yang tidak memberikan peringatan suatu penyimpangan sebelum hal tersebut menjadi cukup berarti :
a. Umpan Maju c. Umpan Balik
b. Pencegahan d. Perencanaan
4. Pengendalian yang dirancang untuk mendeteksi penyimpangan dari standar :
a. Preaction Control c. Post-Action Control
b. Steering Control d. Screening Control
5. Kondisi yang tampaknya berhubungan dengan hasil akhir tetapi tidak langsung mempengaruhi hasil tersebut :
a. Input Measurement c. Symptoms
b. Establish Standard d. Changes Condition
SOAL QUIZ MANAJEMEN BISNIS
1. Menurut Stoner dan Charles Wankel elemen dasar manajemen meliputi :
a. Diklat dan promosi
b. Visi dan Misi
c. Standar dan Mutu
d. Perencanaan dan pengendalian
1. Menurut Stoner dan Charles Wankel elemen dasar manajemen meliputi :
a. Diklat dan promosi
b. Visi dan Misi
c. Standar dan Mutu
d. Perencanaan dan pengendalian
2. Berikut ini merupakan sifat-sifat yang harus
dimiliki seorang manajer (sebagai ilmu) kecuali :
a. Rasional
b. Empiris
c. Objektif
d. Akumulatif
a. Rasional
b. Empiris
c. Objektif
d. Akumulatif
3. Manajer yang membawahi lebih dari 1 tingkat dalam
suatu organisasi adalah :
a. Manajer puncak
b. Manajer menengah
c. Manajer hirarki pertama
d. Dewn direksi
a. Manajer puncak
b. Manajer menengah
c. Manajer hirarki pertama
d. Dewn direksi
4. Proses manajemen yang salah satu deskripsi
pekerjaanya menetapkan , mendeskripsikan serta menjelaskan tujuan adalah :
a. Perencanaan
b. Pengorganisasian
c. Pengawasan
d. Tidak ada jawaban yang benar
a. Perencanaan
b. Pengorganisasian
c. Pengawasan
d. Tidak ada jawaban yang benar
5. Enterpreneur, disturbance handler, negotiator,
resource allocator, merupakan peran manajer sebagai :
a. Peranan antar pribadi
b. Peranan informasional
c. Peranan pemutus
d. Decision maker
a. Peranan antar pribadi
b. Peranan informasional
c. Peranan pemutus
d. Decision maker
6. Kemampuan mental untuk mengkordinasikan dan
mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi merupakan
kemampuan yang harus di miliki manajer berupa :
a. Kemampuan konseptual
b. Kemampuan teknis
c. Kemampuan administratif
d. Kemampuan kemanusiaan
a. Kemampuan konseptual
b. Kemampuan teknis
c. Kemampuan administratif
d. Kemampuan kemanusiaan
7. Seorang ahli teori manajemen yang terkenal sebagai
bapak manajemen personalia adalah :
a. Henry fayol
b. Frederick winslow taylor
c. Robert Owen
d. Charls Babage
a. Henry fayol
b. Frederick winslow taylor
c. Robert Owen
d. Charls Babage
8. Mc Donald Gregor memberikan sumbangan teori
manajemen berupa :
a. Sikap dan perilaku diri sendiri ( teori x dan teori y )
b. Teori pengembangan teori x dan teori y
c. Teori harapan
d. Teori hirarki kebutuhan
a. Sikap dan perilaku diri sendiri ( teori x dan teori y )
b. Teori pengembangan teori x dan teori y
c. Teori harapan
d. Teori hirarki kebutuhan
9. Pakar mazhab perilaku yang mengemukakan bahwa para
bawahan akan bekerja lebih keras jika manajemen memikirkan kesejahteraan dan
memberikan perhatian khusus :
a. Hugo Munsterburg
b. Adam smith
c. Henry Fayol
d. Elton Mayo
a. Hugo Munsterburg
b. Adam smith
c. Henry Fayol
d. Elton Mayo
10. Menentukan cara yang tepat dalam penyelenggaraan
pekerjaan di dalam rangka adanya efisiensi dan kreatifitas serta keseragaman
merupakan aktifitas perencanaan berupa :
a. Scheduling
b. Programing
c. Developing prosedur
d. Establishing Objectives
a. Scheduling
b. Programing
c. Developing prosedur
d. Establishing Objectives
11. Teori perubahan sistem yang membangkitkan
imajinasi masyarakat dan memecahkan masalah dengan mengusulkan penghapusan
pendekatan baru yaitu :
a. Metodisme
b. Utopianisme
c. Rasionalisme
d. Sinkronisme
a. Metodisme
b. Utopianisme
c. Rasionalisme
d. Sinkronisme
12. Penyebab angota organisasi menolak rencana
perubahan diantaranya kecuali :
a. Ketidakpastian sebab dan akibat perubahan
b. Kesadaran akan kelemahan yang diusulkan
c. Pengaruh pasar terbuka
d. Keengganan untuk melepaskan keuntungan yang ada
a. Ketidakpastian sebab dan akibat perubahan
b. Kesadaran akan kelemahan yang diusulkan
c. Pengaruh pasar terbuka
d. Keengganan untuk melepaskan keuntungan yang ada
13. Berikut ini termasuk kedalam rencana sekali
pakai,kecuali :
a. Anggaran
b. Proyek
c. Standar prosedur
d. Prosedur
a. Anggaran
b. Proyek
c. Standar prosedur
d. Prosedur
14. Tujuan yang berkaitan dengan cara pelaksanaan
fungsi organisasi yang tidak tergantung pada barang dan jasa yang diproduksi
merupakan:
a. Tujuan keluaran ( output goals )
b. Tujuan sistem ( system goals )
c. Tujuan produk ( produk goals )
d. Tujuan kemasyarakatan ( society goals )
a. Tujuan keluaran ( output goals )
b. Tujuan sistem ( system goals )
c. Tujuan produk ( produk goals )
d. Tujuan kemasyarakatan ( society goals )
15. Menurut peter drucker tujuan yang harus di
tetapkan perusahaan , diantaranya :
a. Profitabilitas, inovasi, sosial, saham
b. Posisi pasar, inovasi, sosial,saham, profitabilitas
c. Produktifis, posisi pasar, inovasi prestasi, pengembangan manajer
d. Produktifis, posisi pasar, deviden, inovasi
a. Profitabilitas, inovasi, sosial, saham
b. Posisi pasar, inovasi, sosial,saham, profitabilitas
c. Produktifis, posisi pasar, inovasi prestasi, pengembangan manajer
d. Produktifis, posisi pasar, deviden, inovasi
16. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang
mempengaruhi proses penetapan tujuan kecuali :
a. Misi dasar organisasi
b. Nilai-nilai yang dipegang manajer
c. Kekuatan
d. Kerja keras dan dukungan sumber daya
a. Misi dasar organisasi
b. Nilai-nilai yang dipegang manajer
c. Kekuatan
d. Kerja keras dan dukungan sumber daya
17. Keputusan yang lebih didasarkan pada intuisi
serta untuk permasalahan bersifat insidental disebut :
a. Keputusan terprogram
b. Keputusan modern
c. Keputusan tidak terprogram
d. Jawaban a dan c benar
a. Keputusan terprogram
b. Keputusan modern
c. Keputusan tidak terprogram
d. Jawaban a dan c benar
18. Kegiatan yang berupa menetapkan anggaran ,
mengadakan dan mengalokasikan sumber daya yang diperlukan merupakn proses :
a. Pengembangan alternatif
b. Implementasi tujuan
c. Identifikasi permasalahan
d. Evaluasi
a. Pengembangan alternatif
b. Implementasi tujuan
c. Identifikasi permasalahan
d. Evaluasi
19. Masalah yang timbul karena adanya penyimpangan
dari apa yang sudah direncanakan merupakan :
a. Kesalahan progresif
b. Kesalahan kreatif
c. Kesalahan korektif
d. Semua jawaban salah
a. Kesalahan progresif
b. Kesalahan kreatif
c. Kesalahan korektif
d. Semua jawaban salah
20. Model pengambilan keputusan yang banyak digunakan
para ekonom dan ilmuwan manajemen :
a. Model normatif
b. Model narasi
c. Model modern
d. Model deskriptif
a. Model normatif
b. Model narasi
c. Model modern
d. Model deskriptif
DASAR MANEJEMEN DAN BISNIS.
CONTOH SOAL DASAR MANEJEMEN DAN BISNIS
1.PERBEDAAN ANTARA
MANAJEMEN, MANAJER DAN KEPEMIMPINAN DI LIHAT DARI...
=> SIFAT DAN JIWA
=> SIFAT DAN JIWA
2. PERNA MANAJER
SEBAGAI PEMIMPIN DISEBUT SEBAGAI PERAN....
=> INTERPERSONAL
3.TINGKATAN MANAJEMEN
DALAM ORGANISASI MENURUT t Hani Handoko membagi manajer menjadi 3
golongan,diantaranya,,,
=> manajer lini pertama
=> manajer lini pertama
4.sentral
figure,leader dan lison dalam peran manager termasuk peran...
=> antar pribadi manajer
5. recruitment,
pelatihan dan penempatan karyawan merupakan fungsi?
=> organizing
6.prinsip pembagian
kerja terjadi pada mazhab...
=> manajemen
7. manajemen bukanlah
suatu bakat, tetapi suatu keterampilan sehingga manajer bukan lah pembawaan
tetapi pelatihan dan pengalaman, menurut mazhab...
=>teori organisasi klasik
=>teori organisasi klasik
8. para pekerja akan
lebih keras bila mereka yakin menajemen memikir kesejahteraan mereka menurut
mazhab?
=> usaha perpaduan
9. yang termasuk
kebutuhan fisiologi adalah....
=>
makan
10.Yang Termasuk
koalisasi eksternal dalam proses perumusan tujuan yaitu?
11.hasil akhir, titk
akhir atau segala sesuatu yang akan dicapai disebut?
=>
tujuan
12. suatu pernyataan
umum dan abadi tentang maksud organisasi disebut?
=>
13. pemegang saham dan
langganan dalam perumusan tujuan termasuk koalisasi?
=>
14. memproduksi barang
dan jasa merupakan tujuan dari:
=>
15. salah satu
karakteristik perencanaan yaitu:
=> menyangkut masa yang akan datang
16. rencana yang
dirancang untuk mencapai tujuan organisasi yang luas disebut rencana:
=> strategis
17. rencana yang
memberikan deskripsi tentang bagaimana rencana strategis dilaksanakan disebut?
=>
18. menerapkan
anggaran perusahaan termasuk pada rencana?
=>
19. suatu pedoman umum
dalam pengambilan keputusan disebut juga?
1.
Menurut Stoner dan Charles Wankel elemen dasar
manajemen meliputi :
a. Diklat dan promosi
b. Visi dan Misi
c. Standar dan Mutu
d. Perencanaan dan pengendalian*
2. Berikut ini merupakan sifat-sifat yang harus dimiliki seorang manajer (sebagai ilmu) kecuali :
a. Rasional
b. Empiris
c. Objektif*
d. Akumulatif
3. Manajer yang membawahi lebih dari 1 tingkat dalam suatu organisasi adalah :
a. Manajer puncak*
b. Manajer menengah
c. Manajer hirarki pertama
d. Dewn direksi
4. Proses manajemen yang salah satu deskripsi pekerjaanya menetapkan , mendeskripsikan serta menjelaskan tujuan adalah :
a. Perencanaan*
b. Pengorganisasian
c. Pengawasan
d. Tidak ada jawaban yang benar
5. Enterpreneur, disturbance handler, negotiator, resource allocator, merupakan peran manajer sebagai :
a. Peranan antar pribadi
b. Peranan informasional
c. Peranan pemutus*
d. Decision maker
a. Diklat dan promosi
b. Visi dan Misi
c. Standar dan Mutu
d. Perencanaan dan pengendalian*
2. Berikut ini merupakan sifat-sifat yang harus dimiliki seorang manajer (sebagai ilmu) kecuali :
a. Rasional
b. Empiris
c. Objektif*
d. Akumulatif
3. Manajer yang membawahi lebih dari 1 tingkat dalam suatu organisasi adalah :
a. Manajer puncak*
b. Manajer menengah
c. Manajer hirarki pertama
d. Dewn direksi
4. Proses manajemen yang salah satu deskripsi pekerjaanya menetapkan , mendeskripsikan serta menjelaskan tujuan adalah :
a. Perencanaan*
b. Pengorganisasian
c. Pengawasan
d. Tidak ada jawaban yang benar
5. Enterpreneur, disturbance handler, negotiator, resource allocator, merupakan peran manajer sebagai :
a. Peranan antar pribadi
b. Peranan informasional
c. Peranan pemutus*
d. Decision maker
6. Kemampuan mental untuk
mengkordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan
organisasi merupakan kemampuan yang harus di miliki manajer berupa :
a. Kemampuan konseptual
b. Kemampuan teknis*
c. Kemampuan administratif
d. Kemampuan kemanusiaan
7. Seorang ahli teori manajemen yang terkenal sebagai bapak manajemen personalia adalah:
a. Henry fayol
b. Frederick winslow taylor
c. Robert Owen*
d. Charls Babage
a. Kemampuan konseptual
b. Kemampuan teknis*
c. Kemampuan administratif
d. Kemampuan kemanusiaan
7. Seorang ahli teori manajemen yang terkenal sebagai bapak manajemen personalia adalah:
a. Henry fayol
b. Frederick winslow taylor
c. Robert Owen*
d. Charls Babage
8. Mc Donald Gregor
memberikan sumbangan teori manajemen berupa :
a. Sikap dan perilaku diri sendiri ( teori x dan teori y )
b. Teori pengembangan tori x dan teori y
c. Teori harapan
d. Teori hirarki kebutuhan*
9. Pakar mazhab perilaku yang mengemukakan bahwa para bawahan akan bekerja lebih keras jika manajemen memikirkan kesejahteraan dan memberikan perhatian khusus :
a. Hugo Munsterburg
b. Adam smith
c. Henry Fayol
d. Elton Mayo*
10.Menentukan cara yang tepat dalam penyelenggaraan pekerjaan di dalam rangka adanya efisiensi dan kreatifitas serta keseragaman merupakan aktifitas perencanaan berupa :
a. Scheduling*
b. Programing
c. Developing prosedur
d. Establishing Objectives
11.Teori perubahan sistem yang membangkitkan imajinasi masyarakat dan memecahkan masalah dengan mengusulkan penghapusan pendekatan baru yaitu :
a. Metodisme
b. Utopianisme*
c. Rasionalisme
d. Sinkronisme
12.Penyebab angota organisasi menolak rencana perubahan diantaranya kecuali :
a. Ketidakpastian sebab dan akibat perubahan
b. Kesadaran akan kelemahan yang diusulkan
c. Pengaruh pasar terbuka*
d. Keengganan untuk melepaskan keuntungan yang ada
13.Berikut ini termasuk kedalam rencana sekali pakai,kecuali :
a. Anggaran
b. Proyek
c. Standar prosedur*
d. Prosedur
14.Tujuan yang berkaitan dengan cara pelaksanaan fungsi organisasi yang tidak tergantung pada barang dan jasa yang diproduksi merupakan:
a. Tujuan keluaran ( output goals )
b. Tujuan sistem ( system goals )*
c. Tujuan produk ( produk goals )
d. Tujuan kemasyarakatan ( society goals )
15.Menurut peter drucker tujuan yang harus di tetapkan perusahaan , diantaranya :
a. Profitabilitas, inovasi, sosial, saham
b. Posisi pasar, inovasi, sosial,saham, profitabilitas
c. Produktifis, posisi pasar, inovasi prestasi, pengembangan manajer*
d. Produktifis, posisi pasar, deviden, inovasi
16.Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi proses penetapan tujuan kecuali :
a. Misi dasar organisasi
b. Nilai-nilai yang dipegang manajer
c. Kekuatan
d. Kerja keras dan dukungan sumber daya*
17.Keputusan yang lebih didasarkan pada intuisi serta untuk permasalahan bersifat insidental disebut :
a. Keputusan terprogram*
b. Keputusan modern
c. Keputusan tidak terprogram
d. Jawaban a dan c benar
18.Kegiatan yang berupa menetapkan anggaran , mengadakan dan mengalokasikan sumber daya yang diperlukan merupakn proses :
a. Pengembangan alternatif
b. Implementasi tujuan*
c. Identifikasi permasalahan
d. Evaluasi
19.Masalah yang timbul karena adanya penyimpangan dari apa yang sudah direncanakan merupakan :
a. Kesalahan progresif*
b. Kesalahan kreatif
c. Kesalahan korektif
d. Semua jawaban salah
20.Model pengambilan keputusan yang banyak digunakan para ekonom dan ilmuwan manajemen :
a. Model normative*
b. Model narasi
c. Model modern
d. Model deskriptif
a. Sikap dan perilaku diri sendiri ( teori x dan teori y )
b. Teori pengembangan tori x dan teori y
c. Teori harapan
d. Teori hirarki kebutuhan*
9. Pakar mazhab perilaku yang mengemukakan bahwa para bawahan akan bekerja lebih keras jika manajemen memikirkan kesejahteraan dan memberikan perhatian khusus :
a. Hugo Munsterburg
b. Adam smith
c. Henry Fayol
d. Elton Mayo*
10.Menentukan cara yang tepat dalam penyelenggaraan pekerjaan di dalam rangka adanya efisiensi dan kreatifitas serta keseragaman merupakan aktifitas perencanaan berupa :
a. Scheduling*
b. Programing
c. Developing prosedur
d. Establishing Objectives
11.Teori perubahan sistem yang membangkitkan imajinasi masyarakat dan memecahkan masalah dengan mengusulkan penghapusan pendekatan baru yaitu :
a. Metodisme
b. Utopianisme*
c. Rasionalisme
d. Sinkronisme
12.Penyebab angota organisasi menolak rencana perubahan diantaranya kecuali :
a. Ketidakpastian sebab dan akibat perubahan
b. Kesadaran akan kelemahan yang diusulkan
c. Pengaruh pasar terbuka*
d. Keengganan untuk melepaskan keuntungan yang ada
13.Berikut ini termasuk kedalam rencana sekali pakai,kecuali :
a. Anggaran
b. Proyek
c. Standar prosedur*
d. Prosedur
14.Tujuan yang berkaitan dengan cara pelaksanaan fungsi organisasi yang tidak tergantung pada barang dan jasa yang diproduksi merupakan:
a. Tujuan keluaran ( output goals )
b. Tujuan sistem ( system goals )*
c. Tujuan produk ( produk goals )
d. Tujuan kemasyarakatan ( society goals )
15.Menurut peter drucker tujuan yang harus di tetapkan perusahaan , diantaranya :
a. Profitabilitas, inovasi, sosial, saham
b. Posisi pasar, inovasi, sosial,saham, profitabilitas
c. Produktifis, posisi pasar, inovasi prestasi, pengembangan manajer*
d. Produktifis, posisi pasar, deviden, inovasi
16.Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi proses penetapan tujuan kecuali :
a. Misi dasar organisasi
b. Nilai-nilai yang dipegang manajer
c. Kekuatan
d. Kerja keras dan dukungan sumber daya*
17.Keputusan yang lebih didasarkan pada intuisi serta untuk permasalahan bersifat insidental disebut :
a. Keputusan terprogram*
b. Keputusan modern
c. Keputusan tidak terprogram
d. Jawaban a dan c benar
18.Kegiatan yang berupa menetapkan anggaran , mengadakan dan mengalokasikan sumber daya yang diperlukan merupakn proses :
a. Pengembangan alternatif
b. Implementasi tujuan*
c. Identifikasi permasalahan
d. Evaluasi
19.Masalah yang timbul karena adanya penyimpangan dari apa yang sudah direncanakan merupakan :
a. Kesalahan progresif*
b. Kesalahan kreatif
c. Kesalahan korektif
d. Semua jawaban salah
20.Model pengambilan keputusan yang banyak digunakan para ekonom dan ilmuwan manajemen :
a. Model normative*
b. Model narasi
c. Model modern
d. Model deskriptif
SOAL QUIZ MANAJEMEN BISNIS
1. Menurut Stoner dan Charles Wankel elemen dasar manajemen meliputi :
a. Diklat dan promosi
b. Visi dan Misi
c. Standar dan Mutu
d. Perencanaan dan pengendalian
1. Menurut Stoner dan Charles Wankel elemen dasar manajemen meliputi :
a. Diklat dan promosi
b. Visi dan Misi
c. Standar dan Mutu
d. Perencanaan dan pengendalian
2. Berikut ini merupakan sifat-sifat
yang harus dimiliki seorang manajer (sebagai ilmu) kecuali :
a. Rasional
b. Empiris
c. Objektif
d. Akumulatif
a. Rasional
b. Empiris
c. Objektif
d. Akumulatif
3. Manajer yang membawahi lebih dari
1 tingkat dalam suatu organisasi adalah :
a. Manajer puncak
b. Manajer menengah
c. Manajer hirarki pertama
d. Dewn direksi
a. Manajer puncak
b. Manajer menengah
c. Manajer hirarki pertama
d. Dewn direksi
4. Proses manajemen yang salah satu
deskripsi pekerjaanya menetapkan , mendeskripsikan serta menjelaskan tujuan
adalah :
a. Perencanaan
b. Pengorganisasian
c. Pengawasan
d. Tidak ada jawaban yang benar
a. Perencanaan
b. Pengorganisasian
c. Pengawasan
d. Tidak ada jawaban yang benar
5. Enterpreneur, disturbance
handler, negotiator, resource allocator, merupakan peran manajer sebagai :
a. Peranan antar pribadi
b. Peranan informasional
c. Peranan pemutus
d. Decision maker
a. Peranan antar pribadi
b. Peranan informasional
c. Peranan pemutus
d. Decision maker
6. Kemampuan mental untuk
mengkordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan
organisasi merupakan kemampuan yang harus di miliki manajer berupa :
a. Kemampuan konseptual
b. Kemampuan teknis
c. Kemampuan administratif
d. Kemampuan kemanusiaan
a. Kemampuan konseptual
b. Kemampuan teknis
c. Kemampuan administratif
d. Kemampuan kemanusiaan
7. Seorang ahli teori manajemen yang
terkenal sebagai bapak manajemen personalia adalah :
a. Henry fayol
b. Frederick winslow taylor
c. Robert Owen
d. Charls Babage
a. Henry fayol
b. Frederick winslow taylor
c. Robert Owen
d. Charls Babage
8. Mc Donald Gregor memberikan
sumbangan teori manajemen berupa :
a. Sikap dan perilaku diri sendiri ( teori x dan teori y )
b. Teori pengembangan tori x dan teori y
c. Teori harapan
d. Teori hirarki kebutuhan
a. Sikap dan perilaku diri sendiri ( teori x dan teori y )
b. Teori pengembangan tori x dan teori y
c. Teori harapan
d. Teori hirarki kebutuhan
9. Pakar mazhab perilaku yang
mengemukakan bahwa para bawahan akan bekerja lebih keras jika manajemen
memikirkan kesejahteraan dan memberikan perhatian khusus :
a. Hugo Munsterburg
b. Adam smith
c. Henry Fayol
d. Elton Mayo
a. Hugo Munsterburg
b. Adam smith
c. Henry Fayol
d. Elton Mayo
10. Menentukan cara yang tepat dalam
penyelenggaraan pekerjaan di dalam rangka adanya efisiensi dan kreatifitas
serta keseragaman merupakan aktifitas perencanaan berupa :
a.
Scheduling
b. Programing
c. Developing prosedur
d. Establishing Objectives
b. Programing
c. Developing prosedur
d. Establishing Objectives
11. Teori perubahan sistem yang
membangkitkan imajinasi masyarakat dan memecahkan masalah dengan mengusulkan
penghapusan pendekatan baru yaitu :
a. Metodisme
b. Utopianisme
c. Rasionalisme
d. Sinkronisme
a. Metodisme
b. Utopianisme
c. Rasionalisme
d. Sinkronisme
12. Penyebab angota organisasi
menolak rencana perubahan diantaranya kecuali :
a. Ketidakpastian sebab dan akibat perubahan
b. Kesadaran akan kelemahan yang diusulkan
c. Pengaruh pasar terbuka
d. Keengganan untuk melepaskan keuntungan yang ada
a. Ketidakpastian sebab dan akibat perubahan
b. Kesadaran akan kelemahan yang diusulkan
c. Pengaruh pasar terbuka
d. Keengganan untuk melepaskan keuntungan yang ada
13. Berikut ini termasuk kedalam
rencana sekali pakai,kecuali :
a. Anggaran
b. Proyek
c. Standar prosedur
d. Prosedur
a. Anggaran
b. Proyek
c. Standar prosedur
d. Prosedur
14. Tujuan yang berkaitan dengan
cara pelaksanaan fungsi organisasi yang tidak tergantung pada barang dan jasa
yang diproduksi merupakan:
a. Tujuan keluaran ( output goals )
b. Tujuan sistem ( system goals )
c. Tujuan produk ( produk goals )
d. Tujuan kemasyarakatan ( society goals )
a. Tujuan keluaran ( output goals )
b. Tujuan sistem ( system goals )
c. Tujuan produk ( produk goals )
d. Tujuan kemasyarakatan ( society goals )
15. Menurut peter drucker tujuan
yang harus di tetapkan perusahaan , diantaranya :
a. Profitabilitas, inovasi, sosial, saham
b. Posisi pasar, inovasi, sosial,saham, profitabilitas
c. Produktifis, posisi pasar, inovasi prestasi, pengembangan manajer
d. Produktifis, posisi pasar, deviden, inovasi
a. Profitabilitas, inovasi, sosial, saham
b. Posisi pasar, inovasi, sosial,saham, profitabilitas
c. Produktifis, posisi pasar, inovasi prestasi, pengembangan manajer
d. Produktifis, posisi pasar, deviden, inovasi
16. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi proses penetapan tujuan kecuali :
a. Misi dasar organisasi
b. Nilai-nilai yang dipegang manajer
c. Kekuatan
d. Kerja keras dan dukungan sumber daya
17. Keputusan yang lebih didasarkan
pada intuisi serta untuk permasalahan bersifat insidental disebut :
a. Keputusan terprogram
b. Keputusan modern
c. Keputusan tidak terprogram
d. Jawaban a dan c benar
a. Keputusan terprogram
b. Keputusan modern
c. Keputusan tidak terprogram
d. Jawaban a dan c benar
18. Kegiatan yang berupa menetapkan
anggaran , mengadakan dan mengalokasikan sumber daya yang diperlukan merupakn
proses :
a. Pengembangan alternatif
b. Implementasi tujuan
c. Identifikasi permasalahan
d. Evaluasi
a. Pengembangan alternatif
b. Implementasi tujuan
c. Identifikasi permasalahan
d. Evaluasi
19. Masalah yang timbul karena
adanya penyimpangan dari apa yang sudah direncanakan merupakan :
a. Kesalahan progresif
b. Kesalahan kreatif
c. Kesalahan korektif
d. Semua jawaban salah
a. Kesalahan progresif
b. Kesalahan kreatif
c. Kesalahan korektif
d. Semua jawaban salah
20. Model pengambilan keputusan yang
banyak digunakan para ekonom dan ilmuwan manajemen :
a. Model normatif
b. Model narasi
c. Model modern
d. Model deskriptif
a. Model normatif
b. Model narasi
c. Model modern
d. Model deskriptif
SOAL QUIZ
MANAJEMEN BISNIS
1.
Menurut Stoner dan Charles Wankel elemen dasar manajemen meliputi :
a. Diklat dan promosi
b. Visi dan Misi
c. Standar dan Mutu
d. Perencanaan dan pengendalian
2.
Berikut ini merupakan sifat-sifat yang harus dimiliki seorang manajer
(sebagai ilmu) kecuali :
a. Rasional
b. Empiris
c. Objektif
d. Akumulatif
3.
Manajer yang membawahi lebih dari 1 tingkat dalam suatu organisasi adalah :
a. Manajer puncak
b. Manajer menengah
c. Manajer hirarki pertama
d. Dewn direksi
4.
Proses manajemen yang salah satu deskripsi pekerjaanya menetapkan ,
mendeskripsikan serta menjelaskan tujuan adalah :
a. Perencanaan
b. Pengorganisasian
c. Pengawasan
d. Tidak ada jawaban yang benar
5.
Enterpreneur, disturbance handler, negotiator, resource allocator,
merupakan peran manajer sebagai :
a. Peranan antar pribadi
b. Peranan informasional
c. Peranan pemutus
d. Decision maker
6.
Kemampuan mental untuk mengkordinasikan dan mengintegrasikan seluruh
kepentingan dan kegiatan organisasi merupakan kemampuan yang harus di miliki
manajer berupa :
a. Kemampuan konseptual
b. Kemampuan teknis
c. Kemampuan administratif
d. Kemampuan kemanusiaan
7.
Seorang ahli teori manajemen yang terkenal sebagai bapak manajemen
personalia adalah :
a. Henry fayol
b. Frederick winslow taylor
c. Robert Owen
d. Charls Babage
8.
Mc Donald Gregor memberikan sumbangan teori manajemen berupa :
a. Sikap dan perilaku diri sendiri ( teori x dan teori y
)
b. Teori pengembangan tori x dan teori y
c. Teori harapan
d. Teori hirarki kebutuhan
9.
Pakar mazhab perilaku yang mengemukakan bahwa para bawahan akan bekerja
lebih keras jika manajemen memikirkan kesejahteraan dan memberikan perhatian
khusus :
a. Hugo Munsterburg
b. Adam smith
c. Henry Fayol
d. Elton Mayo
10.
Menentukan cara yang tepat dalam penyelenggaraan pekerjaan di dalam rangka
adanya efisiensi dan kreatifitas serta keseragaman merupakan aktifitas
perencanaan berupa :
a. Scheduling
b. Programing
c. Developing prosedur
d. Establishing Objectives
11.
Teori perubahan sistem yang membangkitkan imajinasi masyarakat dan
memecahkan masalah dengan mengusulkan penghapusan pendekatan baru yaitu :
a. Metodisme
b. Utopianisme
c. Rasionalisme
d. Sinkronisme
12.
Penyebab angota organisasi menolak rencana perubahan diantaranya kecuali :
a. Ketidakpastian sebab dan akibat perubahan
b. Kesadaran akan kelemahan yang diusulkan
c. Pengaruh pasar terbuka
d. Keengganan untuk melepaskan keuntungan yang ada
13.
Berikut ini termasuk kedalam rencana sekali pakai,kecuali :
a. Anggaran
b. Proyek
c. Standar prosedur
d. Prosedur
14.
Tujuan yang berkaitan dengan cara pelaksanaan fungsi organisasi yang tidak
tergantung pada barang dan jasa yang diproduksi merupakan:
a. Tujuan keluaran ( output goals )
b. Tujuan sistem ( system goals )
c. Tujuan produk ( produk goals )
d. Tujuan kemasyarakatan ( society goals )
15.
Menurut peter drucker tujuan yang harus di tetapkan perusahaan ,
diantaranya :
a. Profitabilitas, inovasi, sosial, saham
b. Posisi pasar, inovasi, sosial,saham, profitabilitas
c. Produktifis, posisi pasar, inovasi prestasi,
pengembangan manajer
d. Produktifis, posisi pasar, deviden, inovasi
16.
Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi proses penetapan
tujuan kecuali :
a. Misi dasar organisasi
b. Nilai-nilai yang dipegang manajer
c. Kekuatan
d. Kerja keras dan dukungan sumber daya
17.
Keputusan yang lebih didasarkan pada intuisi serta untuk permasalahan
bersifat insidental disebut :
a. Keputusan terprogram
b. Keputusan modern
c. Keputusan tidak terprogram
d. Jawaban a dan c benar
18.
Kegiatan yang berupa menetapkan anggaran , mengadakan dan mengalokasikan
sumber daya yang diperlukan merupakn proses :
a. Pengembangan alternatif
b. Implementasi tujuan
c. Identifikasi permasalahan
d. Evaluasi
19.
Masalah yang timbul karena adanya penyimpangan dari apa yang sudah
direncanakan merupakan :
a. Kesalahan progresif
b. Kesalahan kreatif
c. Kesalahan korektif
d. Semua jawaban salah
20.
Model pengambilan keputusan yang banyak digunakan para ekonom dan ilmuwan
manajemen :
a. Model normatif
b. Model narasi
c. Model modern d. Model
deskriptif
SOAL-SOAL :
1. Perkiraan tentang manajemen yang merupakan evolusi konsep, ide, dan sebagainya bermula pada 5000 SM di …
A. Mesir B. Roma C. Venesia D. Yunani
2. Salah satu tokoh dalam pendekatan klasik adalah …
A. Henri Fayol B. Elton Mayo C. Chris Argyris D. Chester Bernard
3. Studi waktu adalah ilmu yang menganalisis tugas sampai pada gerak fisik dasar. Pelopor studi waktu …
A. FW Taylor B. Henri Fayol C. Pasangan Gilberth D. Mary P Follet
4. Studi Hawthorn dipelopori oleh …
A. Abraham Maslow B. Elton Mayo C. Chris Argyris D. Douglas Mc Gregor
5. Manajer yang termasuk tipe X memandang karyawannya …
A. bebas B. tak bertanggung jawab C. berpartisipasi D. menyukai kerja
1. Perkiraan tentang manajemen yang merupakan evolusi konsep, ide, dan sebagainya bermula pada 5000 SM di …
A. Mesir B. Roma C. Venesia D. Yunani
2. Salah satu tokoh dalam pendekatan klasik adalah …
A. Henri Fayol B. Elton Mayo C. Chris Argyris D. Chester Bernard
3. Studi waktu adalah ilmu yang menganalisis tugas sampai pada gerak fisik dasar. Pelopor studi waktu …
A. FW Taylor B. Henri Fayol C. Pasangan Gilberth D. Mary P Follet
4. Studi Hawthorn dipelopori oleh …
A. Abraham Maslow B. Elton Mayo C. Chris Argyris D. Douglas Mc Gregor
5. Manajer yang termasuk tipe X memandang karyawannya …
A. bebas B. tak bertanggung jawab C. berpartisipasi D. menyukai kerja
6. Newman, Warren, dan Mc Gill menyusun tinjauan perkembangan konsep
manajemen pada tahun 1923-1950 dengan
tekanan konsep manajemen pada …
A. manajemen ilmiah B. biaya dan efisiensi C.
perilaku D. strategi dan lain-lain
7. Segala sesuatu yang harus dicapai organisasi untuk melaksanakan misinya disebut tujuan …
A. organisasi B. resmi C. operasi D. umum
8. Tujuan-tujuan organisasi berdasar bagaimana sumber daya organisasi dialokasikan, disebut tujuan …
A. organisasi B. resmi C. operasi D. umum
9. Alasan utama organisasi penting dan perlu disusun adalah …
A. dasar pembagian tugas B. alat pemersatu kegiatan C. memotivasi D. prosedur kerja
10. Penilaian kerja berdasarkan MBO adalah didasarkan pada …
A. produktivitas kerja B. kesesuaian prosedur kerja C. tujuan D. tujuan bersama
11. Salah satu manfaat manajemen berdasar tujuan adalah …
A. komunikasi lebih besar B. meningkatkan motivasi
C. pengelolaan yang lebih baik D. budaya organisasi yang beragam
12. Dalam organisasi proses pengambilan keputusan perlu melibatkan setiap orang. Sesuai dengan …
A. teori klasik B. teori neoklasik C. teori modern D. teori organisasi
13. Salah satu cara menghapuskan pertentangan yang terjadi pada struktur organisasi dengan …
A. partisipasi B. koordinasi antar-unit C.delegasi wewenang D. perhatian
14. Salah satu alasan teori neoklasik menganjurkan pemanfaatan organisasi informal karena …
A. membantu proses pendelegasian B. memperluas wewenang
C. menyebarkan informasi secara lebih tepat D.meningkatkan kapasitas individual
15. Salah satu faktor yang menentukan munculnya organisasi formal adalah …
A. struktur organisasi B. komunikasi C. jenis pekerjaan D. ada kesempatan
16. Yang menganjurkan bahwa pengawasan organisasi dilakukan secara ketat adalah …
A. teori klasik B. teori neoklasik C. teori modern D. teori kontemporer
17. Teori yang mengemukakan bahwa organisasi adalah suatu sistem terbuka yang harus menyesuaikan diri dengan
7. Segala sesuatu yang harus dicapai organisasi untuk melaksanakan misinya disebut tujuan …
A. organisasi B. resmi C. operasi D. umum
8. Tujuan-tujuan organisasi berdasar bagaimana sumber daya organisasi dialokasikan, disebut tujuan …
A. organisasi B. resmi C. operasi D. umum
9. Alasan utama organisasi penting dan perlu disusun adalah …
A. dasar pembagian tugas B. alat pemersatu kegiatan C. memotivasi D. prosedur kerja
10. Penilaian kerja berdasarkan MBO adalah didasarkan pada …
A. produktivitas kerja B. kesesuaian prosedur kerja C. tujuan D. tujuan bersama
11. Salah satu manfaat manajemen berdasar tujuan adalah …
A. komunikasi lebih besar B. meningkatkan motivasi
C. pengelolaan yang lebih baik D. budaya organisasi yang beragam
12. Dalam organisasi proses pengambilan keputusan perlu melibatkan setiap orang. Sesuai dengan …
A. teori klasik B. teori neoklasik C. teori modern D. teori organisasi
13. Salah satu cara menghapuskan pertentangan yang terjadi pada struktur organisasi dengan …
A. partisipasi B. koordinasi antar-unit C.delegasi wewenang D. perhatian
14. Salah satu alasan teori neoklasik menganjurkan pemanfaatan organisasi informal karena …
A. membantu proses pendelegasian B. memperluas wewenang
C. menyebarkan informasi secara lebih tepat D.meningkatkan kapasitas individual
15. Salah satu faktor yang menentukan munculnya organisasi formal adalah …
A. struktur organisasi B. komunikasi C. jenis pekerjaan D. ada kesempatan
16. Yang menganjurkan bahwa pengawasan organisasi dilakukan secara ketat adalah …
A. teori klasik B. teori neoklasik C. teori modern D. teori kontemporer
17. Teori yang mengemukakan bahwa organisasi adalah suatu sistem terbuka yang harus menyesuaikan diri dengan
perubahan-perubahan lingkungan adalah teori organisasi …
A. klasik B. neoklasik C. modern D. neomodern
18. Salah satu unsur organisasi sebagai suatu sistem adalah unsur …
A. strategi B. proses C. perencanaan D. koordinasi
19. Salah satu unsur yang termasuk dalam klasifikasi tingkat sistem menurut Boulding adalah …
A. struktur statik B. sistem yang kompleks C. sistem tertutup D. perubahan sosial
20. Proses manajemen terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan dan
A. klasik B. neoklasik C. modern D. neomodern
18. Salah satu unsur organisasi sebagai suatu sistem adalah unsur …
A. strategi B. proses C. perencanaan D. koordinasi
19. Salah satu unsur yang termasuk dalam klasifikasi tingkat sistem menurut Boulding adalah …
A. struktur statik B. sistem yang kompleks C. sistem tertutup D. perubahan sosial
20. Proses manajemen terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan dan
pengawasan, hal ini dikemukakan oleh …
A. Stoner B. Koontz, dkk C.Hugo Munsterberg D. FW Taylor
21. Pendekatan manajemen menekankan saling ketergantungan bagian-bagian organisasi sebagai keseluruhan dan
A. Stoner B. Koontz, dkk C.Hugo Munsterberg D. FW Taylor
21. Pendekatan manajemen menekankan saling ketergantungan bagian-bagian organisasi sebagai keseluruhan dan
sebagai bagian lingkungan eksternal yang lebih luas,
adalah pendekatan …
A. perilaku B. kualitatif C. sistem D. contingency
22. Fungsi pembelian dan fungsi anggaran merupakan diferensiasi fungsional yang mengarah …
A. ke atas B. ke bawah C. ke samping D. diagonal
23. Fungsi yang secara langsung dalam pencapaian tujuan adalah fungsi …
A. garis B. staf C. garis/staf D. fungsional
24. Timbulnya staf adalah akibat diferensiasi fungsional ke …
A. atas B. bawah C. luar D. dalam
25. Fungsi fungsional terjadi bila fungsi garis dibebankan pada fungsi …
A. garis B. staf C. garis/staf D. fungsional
26. Salah satu faktor yang menyebabkan wewenang fungsional efisien dan efektif, bila …
A. gesit dalam bereaksi B. penyusunan rencana yang cermat
C. memiliki informasi cukup banyak D. memperhitungkan biaya produksi
27. Kekuasaan yang didelegasikan disebut …
A. tanggung jawab B. wewenang C. pelaporan D. kewajiban
28. Salah satu unsur yang menunjang proses pendelegasian adalah …
A. fungsi B. komunikasi C. wewenang D. laporan
29. Wewenang dimana seseorang dianggap pakar tentang suatu hal, adalah wewenang …
A. hukum B. teknis C. akhir D. operasional
30. Serangkaian hubungan laporan yang terjalin dan tidak terputuskan dari tingkat atas ke bawah disebut …
A. wewenang B. rentang manajemen C. satu komando D. rantai komando
31. Tanggung jawab adalah turunan dari …
A. wewenang B. pertanggungjawaban C. fungsi D. delegasi
32. Cara pimpinan mengeluarkan perintah/instruksi pada bawahan dan menunjukkan apa yang seharusnya dilakukan
A. perilaku B. kualitatif C. sistem D. contingency
22. Fungsi pembelian dan fungsi anggaran merupakan diferensiasi fungsional yang mengarah …
A. ke atas B. ke bawah C. ke samping D. diagonal
23. Fungsi yang secara langsung dalam pencapaian tujuan adalah fungsi …
A. garis B. staf C. garis/staf D. fungsional
24. Timbulnya staf adalah akibat diferensiasi fungsional ke …
A. atas B. bawah C. luar D. dalam
25. Fungsi fungsional terjadi bila fungsi garis dibebankan pada fungsi …
A. garis B. staf C. garis/staf D. fungsional
26. Salah satu faktor yang menyebabkan wewenang fungsional efisien dan efektif, bila …
A. gesit dalam bereaksi B. penyusunan rencana yang cermat
C. memiliki informasi cukup banyak D. memperhitungkan biaya produksi
27. Kekuasaan yang didelegasikan disebut …
A. tanggung jawab B. wewenang C. pelaporan D. kewajiban
28. Salah satu unsur yang menunjang proses pendelegasian adalah …
A. fungsi B. komunikasi C. wewenang D. laporan
29. Wewenang dimana seseorang dianggap pakar tentang suatu hal, adalah wewenang …
A. hukum B. teknis C. akhir D. operasional
30. Serangkaian hubungan laporan yang terjalin dan tidak terputuskan dari tingkat atas ke bawah disebut …
A. wewenang B. rentang manajemen C. satu komando D. rantai komando
31. Tanggung jawab adalah turunan dari …
A. wewenang B. pertanggungjawaban C. fungsi D. delegasi
32. Cara pimpinan mengeluarkan perintah/instruksi pada bawahan dan menunjukkan apa yang seharusnya dilakukan
disebut …
A. perencanaan B. pengarahan C. motivasi D. disiplin
33. Salah satu karakteristik perintah yang baik adalah perintah harus …
A. langsung B. jelas C. singkat D. teratur
34. Meskipun perintah tertulis mahal, memerlukan waktu dan kaku, perlu dilakukan apabila …
A. sangat penting B. rantai komando ringkas C. kompleks/rinci D. sifat langsung
35. Prinsip yang perlu dilakukan agar bawahan tidak menunda perintah yang diberikan adalah …
A.sekali perintah diberikan perlu ditindaklanjuti B. pelaksanaannya perlu diidentifikasi
C. prioritas pendelegasiannya D. pemberian latihan kepada bawahan
36. Salah satu segi negatif pengarahan konsultatif adalah …
A. menimbulkan rasa waspada bawahan
B. bawahan tidak mudah menangkap maksud perintah yang diberikan
C. perintah tidak segera dilaksanakan
D. pengarahan dapat tidak lengkap dan tidak jelas
37. Yang dimaksud komunikasi yang efisien adalah bila …
A. Sesuai dengan prosedur pengiriman berita
B. biayanya minimum berdasar sumber daya yang dimanfaatkan
C. dalam proses pengiriman berita memperhatikan etika komunikasi
D. artian yang ditangkap oleh penerima berita sama dengan yang terkirim
38. Jenis komunikasi yang ada dalam organisasi antara lain komunikasi …
A. diagonal B. rantai C. informal D. lateral
39. Hal-hal yang mempengaruhi keefektifan komunikasi di dalam organisasi antara lain …
A. struktur organisasi B. jenis komunikasi C. bentuk jaringan komunikasi D. pengiriman berita
40. Teori motivasi yang diciptakan seseorang antara lain …
A. model pendekatan sistem B. teori model terpadu C. teori proses D. teori pendekatan sistem
41. Model motivasi yang menyatakan bahwa karyawan termotivasi bila diperhatikan karakteristik individu dan
A. perencanaan B. pengarahan C. motivasi D. disiplin
33. Salah satu karakteristik perintah yang baik adalah perintah harus …
A. langsung B. jelas C. singkat D. teratur
34. Meskipun perintah tertulis mahal, memerlukan waktu dan kaku, perlu dilakukan apabila …
A. sangat penting B. rantai komando ringkas C. kompleks/rinci D. sifat langsung
35. Prinsip yang perlu dilakukan agar bawahan tidak menunda perintah yang diberikan adalah …
A.sekali perintah diberikan perlu ditindaklanjuti B. pelaksanaannya perlu diidentifikasi
C. prioritas pendelegasiannya D. pemberian latihan kepada bawahan
36. Salah satu segi negatif pengarahan konsultatif adalah …
A. menimbulkan rasa waspada bawahan
B. bawahan tidak mudah menangkap maksud perintah yang diberikan
C. perintah tidak segera dilaksanakan
D. pengarahan dapat tidak lengkap dan tidak jelas
37. Yang dimaksud komunikasi yang efisien adalah bila …
A. Sesuai dengan prosedur pengiriman berita
B. biayanya minimum berdasar sumber daya yang dimanfaatkan
C. dalam proses pengiriman berita memperhatikan etika komunikasi
D. artian yang ditangkap oleh penerima berita sama dengan yang terkirim
38. Jenis komunikasi yang ada dalam organisasi antara lain komunikasi …
A. diagonal B. rantai C. informal D. lateral
39. Hal-hal yang mempengaruhi keefektifan komunikasi di dalam organisasi antara lain …
A. struktur organisasi B. jenis komunikasi C. bentuk jaringan komunikasi D. pengiriman berita
40. Teori motivasi yang diciptakan seseorang antara lain …
A. model pendekatan sistem B. teori model terpadu C. teori proses D. teori pendekatan sistem
41. Model motivasi yang menyatakan bahwa karyawan termotivasi bila diperhatikan karakteristik individu dan
kebutuhannya …
A. tradisonal B. hubungan kemanusiaan C. SDM D. pendekatan sistem
42. Suatu usaha sistematis menetapkan standar-standar dengan tujuan membandingkan kinerja sebenarnya dengan
A. tradisonal B. hubungan kemanusiaan C. SDM D. pendekatan sistem
42. Suatu usaha sistematis menetapkan standar-standar dengan tujuan membandingkan kinerja sebenarnya dengan
standar-standar yang telah ditetapkan lebih dulu adalah
definisi …
A. perencanaan B. pengorganisasian C. pengarahan D. pengawasan
43. Pelaksanaan pengawasan intern melalui …
A. supervisi langsung B. disiplin diri C.sistem administrasi D. menyusun prosedur
44. Pengawasan yang fokusnya pada apa yang terjadi selama proses kerja adalah pengawasan …
A. feed-forward-control B. steering control C. yes/no control D. feedback control
45. Ciri suatu organisasi yang baik bila ada …
A. tujuan, strategi, kebijaksanaan, taktik, dengan proses ilmiah
B. fungsi, hubungan, struktur
C. perintah yang beralasan dan ditindaklanjuti
D. komunikasi dan motivasi
46. Hal yang penting dalam pengawasan adalah keseimbangan antara pengawasan organisatoris dengan …
A. kebebasan individual B. pendelegasian wewenang C. prosedur kerja D. rencana pengawasan
47. Hal yang menyebabkan ada pihak yang tidak menghendaki perubahan antara lain …
A. ketidakpastian B. tujuan yang tidak jelas C. tidak ada prosedur kerja D. prioritas kerja
48. Salah satu tahapan yang dilalui dalam melakukan perubahan adalah …
A. inisiatif individu dalam organisasi B.intervensi di puncak C. menyusun prosedur kerja D. meningkatkan motivasi
49. Untuk menanggulangi penolakan terhadap perubahan antara lain …
A. pendidikan dan komunikasi B. menyusun tujuan organisasi C. mengubah struktur organisasi D. motivasi kerja
50. Metode mengubah perilaku melalui interaksi kelompok yang distrukturkan disebut …
A. pengembangan organisasi B. pelatihan kepekaan C. umpan balik survey D. konsultasi
51. Salah satu komponen untuk melakukan perubahan struktur adalah …
A. motivasi B. prosedur C. umpan balik D. hubungan
52. SIM adalah …
A.sistem yang mengumpulkan data manajemen B. sistem pemantauan/penilaian manajemen
C. sistem pengenalan pengendalian D. sistem yang memberikan informasi secara teratur
53. SIM …
A. mengumpulkan, mengorganisasi, menganalisis data, dan mendistribusi informasi untuk manajemen
B. adalah data mentah berupa angka, nama, dan jumlah
C. merupakan batch process
D. merupakan real-time process
54. Peringkat manajemen bawah biasanya …
A. menginginkan sumber informasi ekstern B. menginginkan sumber informasi intern
C. menginginkan lingkup informasi yang luas D. menginginkan cakrawala waktu masa depan
55. Peringkat manajemen atas biasanya …
A. menginginkan sumber informasi ekstern B. menginginkan sumber informasi intern
C.menginginkan lingkup informasi yang sempit D. menginginkan cakrawala waktu historis
56. Informasi yang baik harus memenuhi syarat …
A. uniform dan lengkap B. beragam C. sumber informasi D. cakupannya luas
57. SPPM adalah …
A. sistem yang menyediakan informasi
B. sistem yang menyarankan tindakan korektif
C. sistem yang melihat apa yang terjadi dan mengukur hasil
D. sistem yang menyediakan alternatif pemecahan soal
58. Tujuan SPPM ialah …
A. agar segala sesuatu terkoordinasi, terintegrasi, dan sinkron
B. agar anggota organisasi mengikuti petunjuk
C. agar produktivitas meningkat
D. agar pelaksanaan rencana terpantau
59. Proses SPPM adalah …
A. melihat, menemukan masalah, memutuskan
B. menentukan standar, mengukur kinerja, menganalisis sebab penyimpangan
C. menemukan masalah, menyarankan tindakan korektif
D. menyarankan pelaksanaan tindakan korektif
60. Kriteria SPPM adalah …
A. sesuai dengan isu B. kuantitatif/kualitatif C. konsisten/tepat/efektif D. laba dan rugi
61. SPPM dilakukan terhadap …
A. lingkungan B. tujuan C. strategi/kebijaksanaan/program D. kegiatan operasional dan manajerial
62. SPM adalah …
A. sistem yang terkoordinasi dan terintegrasi di mana data yang dikumpulkan untuk berbagai tujuan direkonsiliasi
A. perencanaan B. pengorganisasian C. pengarahan D. pengawasan
43. Pelaksanaan pengawasan intern melalui …
A. supervisi langsung B. disiplin diri C.sistem administrasi D. menyusun prosedur
44. Pengawasan yang fokusnya pada apa yang terjadi selama proses kerja adalah pengawasan …
A. feed-forward-control B. steering control C. yes/no control D. feedback control
45. Ciri suatu organisasi yang baik bila ada …
A. tujuan, strategi, kebijaksanaan, taktik, dengan proses ilmiah
B. fungsi, hubungan, struktur
C. perintah yang beralasan dan ditindaklanjuti
D. komunikasi dan motivasi
46. Hal yang penting dalam pengawasan adalah keseimbangan antara pengawasan organisatoris dengan …
A. kebebasan individual B. pendelegasian wewenang C. prosedur kerja D. rencana pengawasan
47. Hal yang menyebabkan ada pihak yang tidak menghendaki perubahan antara lain …
A. ketidakpastian B. tujuan yang tidak jelas C. tidak ada prosedur kerja D. prioritas kerja
48. Salah satu tahapan yang dilalui dalam melakukan perubahan adalah …
A. inisiatif individu dalam organisasi B.intervensi di puncak C. menyusun prosedur kerja D. meningkatkan motivasi
49. Untuk menanggulangi penolakan terhadap perubahan antara lain …
A. pendidikan dan komunikasi B. menyusun tujuan organisasi C. mengubah struktur organisasi D. motivasi kerja
50. Metode mengubah perilaku melalui interaksi kelompok yang distrukturkan disebut …
A. pengembangan organisasi B. pelatihan kepekaan C. umpan balik survey D. konsultasi
51. Salah satu komponen untuk melakukan perubahan struktur adalah …
A. motivasi B. prosedur C. umpan balik D. hubungan
52. SIM adalah …
A.sistem yang mengumpulkan data manajemen B. sistem pemantauan/penilaian manajemen
C. sistem pengenalan pengendalian D. sistem yang memberikan informasi secara teratur
53. SIM …
A. mengumpulkan, mengorganisasi, menganalisis data, dan mendistribusi informasi untuk manajemen
B. adalah data mentah berupa angka, nama, dan jumlah
C. merupakan batch process
D. merupakan real-time process
54. Peringkat manajemen bawah biasanya …
A. menginginkan sumber informasi ekstern B. menginginkan sumber informasi intern
C. menginginkan lingkup informasi yang luas D. menginginkan cakrawala waktu masa depan
55. Peringkat manajemen atas biasanya …
A. menginginkan sumber informasi ekstern B. menginginkan sumber informasi intern
C.menginginkan lingkup informasi yang sempit D. menginginkan cakrawala waktu historis
56. Informasi yang baik harus memenuhi syarat …
A. uniform dan lengkap B. beragam C. sumber informasi D. cakupannya luas
57. SPPM adalah …
A. sistem yang menyediakan informasi
B. sistem yang menyarankan tindakan korektif
C. sistem yang melihat apa yang terjadi dan mengukur hasil
D. sistem yang menyediakan alternatif pemecahan soal
58. Tujuan SPPM ialah …
A. agar segala sesuatu terkoordinasi, terintegrasi, dan sinkron
B. agar anggota organisasi mengikuti petunjuk
C. agar produktivitas meningkat
D. agar pelaksanaan rencana terpantau
59. Proses SPPM adalah …
A. melihat, menemukan masalah, memutuskan
B. menentukan standar, mengukur kinerja, menganalisis sebab penyimpangan
C. menemukan masalah, menyarankan tindakan korektif
D. menyarankan pelaksanaan tindakan korektif
60. Kriteria SPPM adalah …
A. sesuai dengan isu B. kuantitatif/kualitatif C. konsisten/tepat/efektif D. laba dan rugi
61. SPPM dilakukan terhadap …
A. lingkungan B. tujuan C. strategi/kebijaksanaan/program D. kegiatan operasional dan manajerial
62. SPM adalah …
A. sistem yang terkoordinasi dan terintegrasi di mana data yang dikumpulkan untuk berbagai tujuan direkonsiliasi
untuk pembandingan waktu dan satuan
organisasi
B. sistem yang dipakai untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi, memulai informasi, dan memanfaatkan
B. sistem yang dipakai untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi, memulai informasi, dan memanfaatkan
informasi, serta sarana untuk
mengawasi kegiatan
C. suatu proses dan struktur yang sistematis yang dipakai manajemen untuk pengawasan manajemen
D. semua jawaban benar
63. Komponen SPM adalah …
A. pendeteksi (detector), penilai (evaluator), penggerak (effector), dan jaringan komunikasi
B. pengamatan (observer), pengkaji (assesor), pengarah (director), dan jaringan komunikasi
C. pengindra (sensor), pemilih (selector), pengubah (modifier), dan jaringan komunikasi
D. semua jawaban benar
64. Transmisi informasi dari sarana ke pengkaji ke sarana penggerak melalui sarana pemilih disebut …
A. loop B. umpan balik C. masukan-keluaran D. jaringan komunikasi
65. Proses SPM adalah …
A. menentukan masalah dan mengambil putusan
B. identifikasi anggaran dan implementasi
C. pemrograman, anggaran, operasi, ukuran, pelaporan dan analisis
D. analisis dan pelaporan
66. Struktur SPM terdiri atas …
A. pusat pertanggungjawaban B. struktur vertikal saja C. struktur horizontal saja D. semua benar
67. Bisnis kecil adalah bisnis dengan …
A. 1 – 4 karyawan B. 5 – 19 orang C. 10 – 99 D. 100/lebih
68. Bisnis besar adalah bisnis dengan …
A. 1 – 4 karyawan B. 5 – 19 orang C. 10 – 99 D. 100/lebih
69. Organisasi bisnis kecil …
A. kompleks B. fungsional C. divisional D. sederhana
70. Perencanaan pada bisnis besar …
A.bersifat jangka pendek B. untuk 1 tahun C. jangka menengah D. jangka panjang
71. Bisnis sedang/menengah dan besar …
A. tegar terhadap perubahan lingkungan B. sangat berpengaruh pada lingkungan
C. lingkup usahanya bersifat makro D. jumlah pemasok relatif besar
72. Bisnis internasional adalah …
A. bisnis dari luar negeri B. bisnis domestik dengan kegiatan di dalam negeri
C. bisnis yang kegiatannya di dua/lebih negara D. bisnis yang menggunakan tenaga kerja asing
73. Kegiatan bisnis internasional meliputi …
A. ekspor/impor, lisensi, kontrak, perusahaan patungan (joint venture), dan cabang
B. perencanaan
C. pengarahan, koordinasi, dan organisasi
D. pengawasan
74. Dalam bisnis internasional, untuk tidak mengalami kejutan budaya perlu …
A. bersifat individualistis/materialistis B. membuat jarak
C. tidak peka terhadap lingkungan D. mengkaji lingkungan/mengidentifikasi perbedaan
75. Unsur apa yang perlu dihayati dalam menjalankan kegiatan bisnis internasional?
A. lingkungan alam
B. jarak kekuasaan, sifat orang, penghindaran ketidakpastian, materialisme
C. modal
D. bahan dan tenaga kerja
76. Culture shock adalah …
A. kesadaran B. kebudayaan C. kegiatan D. kejutan budaya
77. Etika bisnis adalah …
A. aturan dan prinsip benar/salah B. moral agama
C. kode moral D. standar pedoman tindakan baik/buruk, benar/salah
78. Perilaku etis adalah …
A. sopan B. dapat menyelesaikan soal C.sesuai hukum dan moral masyarakat D. melawan hukum
79. Isu etis mencakup …
A. dengan mengekspose perilaku tidak etis B. dukungan manajemen terhadap standar tinggi
C. kode etika manajer D. produk berbahaya namun disukai masyarakat
80. Usaha mempertahankan standar etika yang tinggi dapat …
A. konflik nilai pribadi – tujuan organisasi – nilai sosial
B. produk berbahaya namun disukai masyarakat
C. eksploitasi kelompok tertentu oleh manajemen
D. dukungan manajemen terhadap standar tinggi
81. GCG adalah …
A. hak wajib menjawab B. pedoman tata kelola bisnis yang baik
C. sama dengan etika bisnis D. adalah kebiasaan berbisnis
82. Eksploitasi kelompok tertentu oleh manajemen adalah salah satu isu-isu etis, contohnya …
A. penggunaan tenaga kerja anak-anak B. pengerahan kelompok karyawan eks-ikatan dinas
C. pengerahan tenaga karyawan muda usia D. pengerahan kelompok karyawan ikatan dinas
83. Mempertahankan standar etika yang tinggi salah satu caranya adalah dengan …
A. mengeluarkan karyawan yang terlibat B. mengekspose praktik-praktik yang tidak etis
C. memecat kelompok korban perilaku non-etis D. rekruitmen ulang
84. Berikut ini salah satu penyebab sering timbulnya perilaku tidak etis …
A. hukuman kelompok tertentu B. orientasi maksimalisasi laba
C. imbalan kepada yang lain D. efek sebab-akibat
85. Isu etis yang sekarang ada (nyata) berhubungan dengan, kecuali …
A. konflik nilai pribadi dengan tujuan organisasi
B. penggunaan tenaga kerja wanita
C. konflik antara tujuan organisasi dengan nilai sosial
D. eksploitasi kelompok tertentu oleh manajemen
86. Manajer yang memiliki etika bisnis tinggi melaksanakan …
A. perilaku tidak etis B. tanggung jawab sosial C. korupsi D. manipulasi
87. Strategi yang bertalian dengan tanggung jawab lingkungan sosial adalah, kecuali …
A. adaptif B manipulatif C. interaktif D. proaktif
88. Rekayasa dan manipulatif dilakukan manajemen dalam rangka pembelaan diri atas tindakan tidak etis perusahaan,
C. suatu proses dan struktur yang sistematis yang dipakai manajemen untuk pengawasan manajemen
D. semua jawaban benar
63. Komponen SPM adalah …
A. pendeteksi (detector), penilai (evaluator), penggerak (effector), dan jaringan komunikasi
B. pengamatan (observer), pengkaji (assesor), pengarah (director), dan jaringan komunikasi
C. pengindra (sensor), pemilih (selector), pengubah (modifier), dan jaringan komunikasi
D. semua jawaban benar
64. Transmisi informasi dari sarana ke pengkaji ke sarana penggerak melalui sarana pemilih disebut …
A. loop B. umpan balik C. masukan-keluaran D. jaringan komunikasi
65. Proses SPM adalah …
A. menentukan masalah dan mengambil putusan
B. identifikasi anggaran dan implementasi
C. pemrograman, anggaran, operasi, ukuran, pelaporan dan analisis
D. analisis dan pelaporan
66. Struktur SPM terdiri atas …
A. pusat pertanggungjawaban B. struktur vertikal saja C. struktur horizontal saja D. semua benar
67. Bisnis kecil adalah bisnis dengan …
A. 1 – 4 karyawan B. 5 – 19 orang C. 10 – 99 D. 100/lebih
68. Bisnis besar adalah bisnis dengan …
A. 1 – 4 karyawan B. 5 – 19 orang C. 10 – 99 D. 100/lebih
69. Organisasi bisnis kecil …
A. kompleks B. fungsional C. divisional D. sederhana
70. Perencanaan pada bisnis besar …
A.bersifat jangka pendek B. untuk 1 tahun C. jangka menengah D. jangka panjang
71. Bisnis sedang/menengah dan besar …
A. tegar terhadap perubahan lingkungan B. sangat berpengaruh pada lingkungan
C. lingkup usahanya bersifat makro D. jumlah pemasok relatif besar
72. Bisnis internasional adalah …
A. bisnis dari luar negeri B. bisnis domestik dengan kegiatan di dalam negeri
C. bisnis yang kegiatannya di dua/lebih negara D. bisnis yang menggunakan tenaga kerja asing
73. Kegiatan bisnis internasional meliputi …
A. ekspor/impor, lisensi, kontrak, perusahaan patungan (joint venture), dan cabang
B. perencanaan
C. pengarahan, koordinasi, dan organisasi
D. pengawasan
74. Dalam bisnis internasional, untuk tidak mengalami kejutan budaya perlu …
A. bersifat individualistis/materialistis B. membuat jarak
C. tidak peka terhadap lingkungan D. mengkaji lingkungan/mengidentifikasi perbedaan
75. Unsur apa yang perlu dihayati dalam menjalankan kegiatan bisnis internasional?
A. lingkungan alam
B. jarak kekuasaan, sifat orang, penghindaran ketidakpastian, materialisme
C. modal
D. bahan dan tenaga kerja
76. Culture shock adalah …
A. kesadaran B. kebudayaan C. kegiatan D. kejutan budaya
77. Etika bisnis adalah …
A. aturan dan prinsip benar/salah B. moral agama
C. kode moral D. standar pedoman tindakan baik/buruk, benar/salah
78. Perilaku etis adalah …
A. sopan B. dapat menyelesaikan soal C.sesuai hukum dan moral masyarakat D. melawan hukum
79. Isu etis mencakup …
A. dengan mengekspose perilaku tidak etis B. dukungan manajemen terhadap standar tinggi
C. kode etika manajer D. produk berbahaya namun disukai masyarakat
80. Usaha mempertahankan standar etika yang tinggi dapat …
A. konflik nilai pribadi – tujuan organisasi – nilai sosial
B. produk berbahaya namun disukai masyarakat
C. eksploitasi kelompok tertentu oleh manajemen
D. dukungan manajemen terhadap standar tinggi
81. GCG adalah …
A. hak wajib menjawab B. pedoman tata kelola bisnis yang baik
C. sama dengan etika bisnis D. adalah kebiasaan berbisnis
82. Eksploitasi kelompok tertentu oleh manajemen adalah salah satu isu-isu etis, contohnya …
A. penggunaan tenaga kerja anak-anak B. pengerahan kelompok karyawan eks-ikatan dinas
C. pengerahan tenaga karyawan muda usia D. pengerahan kelompok karyawan ikatan dinas
83. Mempertahankan standar etika yang tinggi salah satu caranya adalah dengan …
A. mengeluarkan karyawan yang terlibat B. mengekspose praktik-praktik yang tidak etis
C. memecat kelompok korban perilaku non-etis D. rekruitmen ulang
84. Berikut ini salah satu penyebab sering timbulnya perilaku tidak etis …
A. hukuman kelompok tertentu B. orientasi maksimalisasi laba
C. imbalan kepada yang lain D. efek sebab-akibat
85. Isu etis yang sekarang ada (nyata) berhubungan dengan, kecuali …
A. konflik nilai pribadi dengan tujuan organisasi
B. penggunaan tenaga kerja wanita
C. konflik antara tujuan organisasi dengan nilai sosial
D. eksploitasi kelompok tertentu oleh manajemen
86. Manajer yang memiliki etika bisnis tinggi melaksanakan …
A. perilaku tidak etis B. tanggung jawab sosial C. korupsi D. manipulasi
87. Strategi yang bertalian dengan tanggung jawab lingkungan sosial adalah, kecuali …
A. adaptif B manipulatif C. interaktif D. proaktif
88. Rekayasa dan manipulatif dilakukan manajemen dalam rangka pembelaan diri atas tindakan tidak etis perusahaan,
yaitu dengan …
A. imbalan bagi korban perilaku non-etis B. segera beraksi, menyesuaikan diri, dan antisipasi
C. membawa kasus-kasus ke pengadilan D. menyiapkan elemen hukum
89. Berkenaan dengan konflik nilai pribadi dengan tujuan organisasi, yang melahirkan isu etis contohnya …
A. produk perusahaan haram B. korupsi
C. larangan berjilbab D. peraturan kerja/lembur waktu ibadah
90. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku manajer yang etis adalah, kecuali …
A. orang B. keluarga C. organisasi D. lingkungan ekstern
91. Berkenaan soal No. 90, yang dimaksud pengaruh orang adalah termasuk, kecuali …
A. standar pribadi B. aturan C. keluarga D. nilai-nilai agama
92. Berkenaan soal No. 90, yang dimaksud pengaruh organisasi adalah termasuk, kecuali …
A. perilaku atasan B. perilaku bawahan C. kebijakan formal D. rekan setingkat
93. Berkenaan soal No. 90, yang dimaksud pengaruh lingkungan luar adalah termasuk, kecuali …
A. peraturan pemerintah B. perusahaan pesaing C. norma masyarakat D. iklim etika industri
A. imbalan bagi korban perilaku non-etis B. segera beraksi, menyesuaikan diri, dan antisipasi
C. membawa kasus-kasus ke pengadilan D. menyiapkan elemen hukum
89. Berkenaan dengan konflik nilai pribadi dengan tujuan organisasi, yang melahirkan isu etis contohnya …
A. produk perusahaan haram B. korupsi
C. larangan berjilbab D. peraturan kerja/lembur waktu ibadah
90. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku manajer yang etis adalah, kecuali …
A. orang B. keluarga C. organisasi D. lingkungan ekstern
91. Berkenaan soal No. 90, yang dimaksud pengaruh orang adalah termasuk, kecuali …
A. standar pribadi B. aturan C. keluarga D. nilai-nilai agama
92. Berkenaan soal No. 90, yang dimaksud pengaruh organisasi adalah termasuk, kecuali …
A. perilaku atasan B. perilaku bawahan C. kebijakan formal D. rekan setingkat
93. Berkenaan soal No. 90, yang dimaksud pengaruh lingkungan luar adalah termasuk, kecuali …
A. peraturan pemerintah B. perusahaan pesaing C. norma masyarakat D. iklim etika industri
94. Perilaku yang etis semestinya memiliki standar yang baku, namun dengan
adanya perubahan lingkungan sosial
masyarakat dapat timbul ukuran dan standar yang baru.
Untuk itu, manajemen perlu dilengkapi dengan strategi
menghadapi
lingkungan, kecuali …
A. adaptif B manipulatif C. interaktif D. proaktif
95. Eksploitasi kelompok tertentu bisa terjadi terhadap kelompok mana saja dalam lingkungan organisasi, kecuali …
A. tenaga kerja wanita B. tenaga kerja muda/baru C. lulusan diklat D. tenaga ikatan dinas
96. Kelompok yang paling rentan mengalami perilaku tidak etis adalah …
A. tenaga kerja baru B. tenaga kerja wanita C. lulusan diklat D. tenaga ikatan dinas
97. Kepemimpinan/keteladanan adalah sumber perilaku etis sekaligus perilaku non-etis …
A. ragu-ragu B. benar C. tidak benar D. tidak mungkin
98. Pemimpin yang tidak etis akan diikuti oleh bawahan/anak buahnya …
A. ragu-ragu B. benar C. tidak benar D. tidak mungkin
99. Perilaku pemimpin yang etis akan diteladani oleh bawahan/anak buahnya …
A. ragu-ragu B. benar C. tidak benar D. tidak mungkin
100. Perilaku etis/tidak etis harus mendapat perhatian yang lebih lagi di masa depan, sebab …
A. jaman kebebasan B. perubahan semakin cepat C. era kemakmuran D. era kemiskinan
A. adaptif B manipulatif C. interaktif D. proaktif
95. Eksploitasi kelompok tertentu bisa terjadi terhadap kelompok mana saja dalam lingkungan organisasi, kecuali …
A. tenaga kerja wanita B. tenaga kerja muda/baru C. lulusan diklat D. tenaga ikatan dinas
96. Kelompok yang paling rentan mengalami perilaku tidak etis adalah …
A. tenaga kerja baru B. tenaga kerja wanita C. lulusan diklat D. tenaga ikatan dinas
97. Kepemimpinan/keteladanan adalah sumber perilaku etis sekaligus perilaku non-etis …
A. ragu-ragu B. benar C. tidak benar D. tidak mungkin
98. Pemimpin yang tidak etis akan diikuti oleh bawahan/anak buahnya …
A. ragu-ragu B. benar C. tidak benar D. tidak mungkin
99. Perilaku pemimpin yang etis akan diteladani oleh bawahan/anak buahnya …
A. ragu-ragu B. benar C. tidak benar D. tidak mungkin
100. Perilaku etis/tidak etis harus mendapat perhatian yang lebih lagi di masa depan, sebab …
A. jaman kebebasan B. perubahan semakin cepat C. era kemakmuran D. era kemiskinan
Kunci Jawaban :
1.
A
2.
A
3.
C
4.
B
5.
B
6.
B
7.
A
8.
C
9.
B
10. D
11. C
12. B
13. A
14. C
15. C
16. A
17. C
18. B
19. A
20. B
|
21. C
22. B
23. A
24. C
25. B
26. C
27. A
28. B
29. B
30. D
31. C
32. B
33. B
34. C
35. A
36. D
37. B
38. C
39. A
40. C
|
41. D
42. D
43. B
44. B
45. B
46. A
47. A
48. B
49. A
50. B
51. D
52. D
53. A
54. B
55. A
56. D
57. C
58. A
59. B
60. B
|
61. D
62. D
63. D
64. B
65. C
66. A
67. B
68. D
69. D
70. D
71. A
72. C
73. A
74. D
75. B
76. D
77. D
78. C
79. D
80. D
|
81. B
82. B
83. B
84. B
85. B
86. B
87. B
88. B
89. B
90. B
91. B
92. B
93. B
94. B
95. B
96. B
97. B
98. B
99. B
100. B
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar