Sabtu, 19 Agustus 2017

UAS Dasar Manajemen & Bisnis BSI SEMESTER 2


Soal Latihan UAS Dasar Manajemen & Bisnis BSI SEMESTER 2

1.Perencanaan adalah salah satu bagian dari elemen dasar manajemen dan termasuk ke dalam   elemen:
            a. Sifat                                     d. Tujuan
            b. Objek                                   e. Fungsi
            c. Sasaran
 2. Proses mengupayakan agar bawahan bekerja sebaik mungkin, disebut :
            a. Pemotivasian                      d. Kepemimpinan
            b. Perencanaan                       e. Pengorganisasian
            c. Pengendalian
3. Perbedaan antara manajemen, manajer dan kepemimpinan dilihat dari:
            a. Bentuk organisasi               d. Sifat & jiwanya 
            b. Kedudukannya                     e. Adanya keterkaitan
            c. Kekuasaan
4.  Peran manajer sebagai pemimpin disebut sebagai peran:
            a. Decision roles                     d. Informal roles
            b. Informational roles             e. International roles
            c. Interpersonal roles
5. Prinsip pembagian kerja terjadi pada mazhab :
            a. Perilaku                               d. Usaha Perpaduan
            b. Ilmu Manajemen                e. Teori Organisasi Klasik
            c. Manajemen Ilmiah Klasik
6.  Manajemen bukanlah suatu bakat, tetapi suatu ketrampilan sehingga manajer bukanlah     pembawaan, tetapi pelatihan dan pengalaman, menurut mazhab :
            a. Perilaku                               d. Usaha Perpaduan
            b. Ilmu Manajemen                e. Teori Organisasi Klasik
            c. Manajemen Ilmiah Klasik


7. Salah satu karakteristik perencanaan yaitu :
            a. Menyangkut masa yang lalu
            b. Delegasi
            c. Tidak ada unsur waktu
            d. Pengawasan
            e. Menyangkut masa yang akan datang 
8. Rencana yang dirancang untuk mencapai tujuan organisasi yang luas disebut rencana :
            a. Operasional                        d. Tetap
            b. Strategis                  e.  Programming
            c. Sekali pakai
9. Termasuk koalisi eksternal dalam proses perumusan tujuan yaitu:
            a. Manajer Pelaksana             d. Manajemen
            b. Karyawan                            e. Supplier       
            c. Serikat Kerja
10.  Hasil akhir, titik akhir, atau segala sesuatu yang akan dicapai disebut :
            a. Keinginan                            d. Motivasi
            b. Visi                                      e.  Strategik
            c. Tujuan 
11. Jenis keputusan yang teknik penanganannya ditangani dengan prosedur kerja adalah keputusan :
            a. Terpadu                               d. Tak terprogram
            b. Konvensional                       e. Terbuka
            c. Terprogram
12.       Sistem absensi karyawan adalah contoh untuk sistem keputusan :
            a.  Terbuka                              d. Konvensional
            b. Tertutup                               e. Terpadu
            c.  Terprogram

13. Faktor yang mempengaruhi sikap antara lain:
            a. Stereotip                             d. Kebutuhan
            b. Emosi                                  e. Situasional
            c. Lingkungan  
14.Ciri yang relatif mantap, kecenderungan dan perangai yang dimiliki oleh individu disebut:
            a. Sikap                        d. Persepsi
            b. Mental                     e. Kepribadian           
            c. Belajar
15. Kemampuan pimpinan untuk mengatur bawahannya disebut :
            a. Span of  control       d. Span of  attention
            b. Span of  authority    e. Span of  supervision
            c. Span of  market
16.       Kemampuan pimpinan untuk mangawasi bawahannya disebut :
            a. Span of  control       d. Span of  attention
            b. Span of  authority    e. Span of  supervision
            c. Span of  market
17. Secara etimologi motivasi dapat diartikan sebagai:
            a. Organisasi               d. Perencanaan
            b. Pengawasan            e. Pengendalian
            c. Dorongan 
18.Seseorang yang memiliki keinginan berprestasi sebagai suatu kebutuhan (needs) dapat mendorongnya mencapai sasaran disebut :
            a. Penghargaan           d. Tantangan
            b. Kinerja                     e. Tanggung jawab
            c. Responsibility
19. Analisa ratio digunakan untuk membandingkan angka-angka historis perusahaan secara :
            a. Random                   d. Time series
            b. Tepat waktu            e.  Jangka panjang   
            c. Logika
20.    Total utang dibagi modal sendiri adalah rumus :
            a. Debt Equity Ratio                d. Cash Ratio
            b. Earning Ratio                      e. Current Ratio
            c. Quick Ratio
 21. Kata bisnis berasal dari bahasa  :
            a. Melayu                                d. Inggris
            b. Amerika                              e. Perancis    
            c. Sansekerta
22.       Melihat pada asal katanya bisnis berarti :
            a. Manusia                              d. Karyawan
            b. Perusahaan                         e. Owner
            c. Pekerja
23. Dunia bisnis harus meningkatkan produktivitasnya, karena mereka akan menghadapi pasar luas yang makin berkembang disebut tantangan :
            a. Produktivitas                       d. Sosial
            b. Kualitas                               e. Abad 2000
            c. Pasar Global
24. Konsumen merasa tidak senang membeli produk yang cepat rusak disebut tantangan :
            a. Produktivitas                       d. Sosial
            b. Kualitas                               e. Abad 2000
            c. Pasar Global
25. International Standardization Organization (ISO)  berkedudukan di :
            a. Jakarta                               d. Paris
            b. New York                             e. Jenewa
          

Pertemuan 1

1. Lahirnya konsep manajemen ditengah gejolak masyarakat sebagai konsekuensi akibat dari:
a.Tidak seimbangnya pengembangan teknis dengan kemampuan sosial
b.Adanya bencana alam yang menimpa negara tersebut
c.Adanya intervensi dari pihak pemerintah
d.Seimbangnya pengembangan teknis dengan kemampuan ekonomi

2. Langkah-langkah metode ilmiah yang diaplikasikan dalam manajemen, kecuali:
a. Prediksi                   c.Testing dan verifikasi
b. Generalisasi            d.Rumusan hipotesis

3. Menurut Stoner & Wankel, dalam batasan manajemen prosesnya meliputi:
a. Perencanaan           c. Pengendalian
b. Kepemimpinan        d. Semua benar

4. Elemen sasaran manajemen:
a. Manusia                  c. Objective
b. Mekanisme kerja    d. a dan b benar

5. Bagian yang terpenting dari pengetahuan dan kepercayaan yang memberikan dasar yang luas untuk menetapkan pemecahan masalah manajerial:
a. Manajemen            c. Filsafat manajemen 
b. Ilmu                         d. Seni

Pertemuan 2
1. Kesamaannya antara manajemen, manajer dan kepemimpinan kedudukannya adalah:
a. Berada dalam organisasi                c. Sifat dan jiwanya
b. Manusianya atau orangnya             d. Kedudukan dan kekuasannya

2. Perbedaan antara manajemen, manajer dan kepemimpinan dilihat dari:
a. Bentuk organisasinya                      c. Sifat & jiwanya
b. Saling berinterkasi                          d. Adanya keterkaitan

3. Tingkatan manajemen dalam organisasi menurut T. H. Handoko membagi manajer menjadi tiga golongan diantaranya:
a. Manajer lini-pertama                     c. Direktur
b. Manajer personalia                        d. Komisaris


4. Central figure, leader, dan liaison dalam peran manajer termasuk dalam peran:
a.Antar pribadi manajer                     c. Pengambil Keputusan
b.Informasional                                   d. Perencanaan

5. Menurut cakupan kegiatannya, manajer dapat dibedakan menjadi empat kelompok diantaranya:
a. Manajer hierarki pertama             c. Manajer lini ketiga
b. Manajer lini kedua                                      d. Manajer lini keempat


Pertemuan 3

1. Perkembangan teori manajemen telah dikelompokkan. Kelompok tersebut dikenal dengan: 
a. Aliran/Mazhab                                c. Arti/makna 
b. Faham/golongan                             d. Formal/informal

2. Manajemen ilmiah dan teori klasik termasuk ke dalam mazhab:
a. Klasik                                               c. Neoklasik pertama 
b. Ilmu manajemen                            d. Perilaku

3. Munculnya mazhab ilmu manajemen dilatarbelakangi oleh lahirnya :
a. Motivation Theory                          c. Operation Research 
b. Operation Production                     d. Teori organisasi klasik

4. Abraham Maslow mengemukakan teori motivasi :
a. Teori motivasi higienis                   c. Hierarki kebutuhan
b. Teori X dan Teori Y                                     d. Pendekatan Contingency



5. Pakar Mazhab perilaku yang mengemukakan bahwa para bawahan akan bekerja lebih keras jika manajemen memikirkan kesejahteraannya dan memberikan perhatian khusus :
a. Hugo Munsterberg                                     c. Elton Mayo
b. Henry Fayol                                     d. Charles Babbage

Pertemuan 4

1. Rencana yang dirancang untuk mencapai tujuan organisasi yang lebih luas :
a. Rencana Strategis                           c. Rencana operasional 
b. Single Use Plan                               d. Standing Plan

2. Menurut Peter Drucker, seorang manajer dalam setiap operasinya lebih menekankan :
a. Efisiensi                                           c. Efektivitas 
b. Produktivitas                                   d. Motivasi

3. Penyebab anggota organisasi menolak rencana perubahan, diantaranya :
a. Ketidakpastian sebab dan akibat perubahan 
b. Kengganan untuk melepaskan keuntungan yang ada 
c. Kesadaran akan kelemahan yang diusulkan 
d. Semua benar

4. Teori perubahan sistem yang membangkitkan imajinasi masyarakat dan memecahkan masalah dengan mengusulkan penghapusan pendekatan baru :
a. Metodisme                                      c. Rasionalisme 
b. Utopianisme                                    d. Inkrementalisme

5. Rencana Tetap (standing plan) diantaranya :
a. Proyek                                             c. Anggaran 
b. Program                                          d. Prosedur Standar
Pertemuan 5
1. Tipe tujuan dimana digunakan organisasi untuk meletakkan kekuasaannya dalam pencapaian tujuan-tujuan lain :
a. Societal goals                                  c. Output goals
b. System goals                                   d. Derived goals

2. Melayani penerbangan sebanyak mungkin bagi penumpang, termasuk :
a. Misi                                                             c. Misi Organisasi
b. Tujuan umum                                  d. Tujuan khusus

3. Bukan merupakan fungsi tujuan organisasi :
a. Sumber legitimasi                           c. Sumber motivasi 
b. Standar pelaksanaan                      d. Pelengkap

4. Menurut Peter Drucker, tujuan yang harus ditetapkan perusahaan diantaranya :
a. Profitabilitas                                   c. Inovasi 
b. Posisi Pasar                                     d. Semua benar

5. Termasuk koalisi eksternal dalam proses perumusan tujuan yaitu :
a. Supplier                                           c. Manajemen 
b. Karyawan                                        d. Manajer

Pertemuan 6
1. Teknik pengambilan keputusan konvensional dipakai untuk menangani permasalahan bersifat :
a. Sederhana                                       c. Kompleks 
b. Sedang                                            d. Rumit

2. Model pengambilan keputusan yang banyak digunakan para ekonom dan ilmuwan manajemen :
a. Model Normatif                              c. Model Deskriptif 
b. Model Narasi                                  d. Model Aktif

3. Kategori analisis pengambilan keputusan diantaranya :
a. Ketidakpastian                                c. Resiko 
b. Kepastian                                        d. Semua benar

4. Faktor penting dalam proses pengambilan keputusan adalah :
a. Evaluasi alternatif                           c. Seleksi alternatif 
b. Permasalahan yg dihadapi                         d. Pengawasan


5. Model proses pengambilan keputusan menurut Herbert A. Simon, kecuali :
a. Pemotivasian                                  c. Penelitian 
b. Perancangan                                    d. Pemilihan
Pertemuan 9

1. Organisasi adalah sistem transformasi masukan dan keluaran yang bergantung pada lingkungan,merupakan konsep :
a. Sistem Politik                                  c. Kontrak sosial 
b. Sistem Terbuka                               d. Koalisi

2. Kelompok formal dan informal dibentuk dengan alasan:
a. Pemuasan kepuasan                       c. Alasan ekonomi 
b. Tujuan kelompok                            d. Semua benar

3. Struktur organisasi yang digunakan oleh perusahaan besar dan perusahaan multi produk yaitu :
a. Fungsional                                       c. Produk atau Pasar
b. Matriks                                            d. Staff

4. Keunggulan struktur Matriks, kecuali :
a. Membebaskan top management untuk perencanaan 
b. Memberikan fleksibilitas kepada organisasi 
c. Melibatkan dan menantang perorangan 
d. Menuntut ketrampilan antar pribadi yang tinggi

5. Pola utama atas pembagian produk atau pasar diantaranya, kecuali :
a. In division by product                      c. Division by work
b. Division by geography                    d. Division by Customer

Pertemuan 10
1. Saling ketergantungan dimana suatu satuan organisasi harus melakukan pekerjaannya terlebih dahulu sebelum satuan yang lain dapat bekerja :
a. Pooled interdependence                 c. Sequential interdependence
b. Reciprocal interdependence          d. Times interdependence

2. Mekanisme dasar untuk pencapaian koordinasi diantaranya :
a. Hirarki Manajerial                          c. Aturan & Prosedur 
b. Rencana & Tujuan                          d. Semua benar

3. Semakin lebar rentang manajemen akan menghasilkan struktur organisasi yang berbentuk :
a. Flat                                                 c. Tall
b. Short                                                d. Big


4. Menurut Henri Fayol,jumlah maksimum bawahan yang dapat dikendalikan oleh setiap pengawas produksi :
a. 10 – 20 orang                                  c. 20 – 30 orang 
b. 30 – 40 orang                                  d. 5 – 10 orang

5. Pedoman yang dipakai untuk menentukan rentang manajemen adalah faktor berikut ini
kecuali :
a. Bawahan                                         c. Atasan 
b. Kolusi                                               d. Situasi

Pertemuan 11
1. Wewenang ada karena seseorang diberi/dilimpahi/diwarisi,merupaka pandangan :
a. Teori Penerimaan                           c. Teori Formal
b. Teori Authority                                d. Teori Power

2. Dipecat & ditegur akan diterima karyawan bila tidak melaksanakan perintah pimpinan 
a. Coercive Power                               c. Reward Power
b. Referent Power                               d. Expert Power

3. Wewenang di mana atasan melakukannya atas bawahannya langsung :
a. Staff Authority                                 c. Line Authority
b. Functional Authority                       d. Management Authority


4. Proses pendelegasian yang mengalir setingkat demi setingkat dari tingkatan paling atas sampai tingkatan paling bawah :
a. Prinsip kesatuan perintah               c. Prinsip Akuntabilitas 
b. Prinsip tanggung jawab                  d. Prinsip Skalar

5. Alasan pendelegasian diantaranya :
a. Organisasi dapat berfungsi lebih efisien 
b. Bawahan dapat tumbuh dan berkembang 
c. Manajer dapat berkonsentrasi pada tugas penting 
d. Semua benar

Pertemuan 12
1. Bukan merupakan teori Proses :
a. Teori Harapan                                 c. Teori Dua faktor 
b. Teori Keadilan                                 d. Teori Penguatan

2. Hierarki kebutuhan keempat menurut Maslow, yaitu :
a. Physiological needs                         c. Safety needs
b. Recognition needs                          d. Social needs

3. Bentuk motivasi antara lain :
a. Kinerja                                             c. Tanggung jawab 
b. Kebajikan                                        d. Penghargaan

4.Motif sering dirumuskan sebagai, kecuali :
a. Need                                                c. Impulse
b. Reward                                            d. Drive

5. Individu terus menerus memperl;ihatkan pola perilaku sama meskipun pengalamannya memperlihatkan hal itu tidak menghasilkan apapun :
a. Frustration                                      c. Regresion 
b. Fixation                                           d. Rationalization
Pertemuan 13
1. Model proses komunikasi yang paling sederhana melibatkan unsur berikut ini, kecuali :
a. Penerima                                        c. Berita 
b. Pemakai                                          d. Pengirim

2. Pengubahan berita ke dalam sandi disebut :
a. Decoding                                         c. Encoding
b. Transmitting                                   d. Source

3. Untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks menggunakan jaringan komunikasi :
a. Lingkaran & Rantai                                     c. Huruf Y
b. Bintang                                            d. Lingkaran



4. Komunikasi yang terjadi antara manajer SDM dan manajer Keuangan adalah:
a. Komunikasi Vertikal                        c. Komunikasi Diagonal
b. Komunikasi lateral                          d. Downward

5. Hambatan antar pribadi dalam berkomunikasi diantaranya :
a. Status atau kedudukan komunikator 
b. Persepsi selektif 
c. Ketidak tepatan penggunaan bahasa
d. Semua benar

Pertemuan 14
1. Diantara beberapa fungsi manajemen yang memiliki peran yang sangat penting adalah :
a. Organizing                                      c. Actuating
b. Coordinating                                   & Controlling d. Planning

2. Elemen kedua pengendalian :
a. Metode sensor untuk mengukur kondisi yg dikendalikan 
b. Kondisi & karakteristik aktivitas yg dikendalikan 
c. Penentuan kebutuhan tindakan perbaikan 
d. Implementasi tindakan perbaikan

3.Sistem pengendalian yang tidak memberikan peringatan suatu penyimpangan sebelum hal tersebut menjadi cukup berarti :
a. Umpan Maju                                   c. Umpan Balik
b. Pencegahan                                    d. Perencanaan

4. Pengendalian yang dirancang untuk mendeteksi penyimpangan dari standar :
a. Preaction Control                            c. Post-Action Control
b. Steering Control                              d. Screening Control

5. Kondisi yang tampaknya berhubungan dengan hasil akhir tetapi tidak langsung mempengaruhi hasil tersebut :
a. Input Measurement                        c. Symptoms
b. Establish Standard                          d. Changes Condition

1. Teori proses terdiri dari tiga bagian, antara lain :
a. Teori Kepuasan                           d. Teori Dua faktor
b. Teori Keadilan                              e. Teori Kebutuhan
c. Teori Hirarki Kebutuhan

2. Hierarki kebutuhan keempat menurut Maslow, yaitu :
a. Physiological needs                   d. Safety needs
b. Recognition needs                      e. Social needs
c. Actual needs

3. Bentuk motivasi antara lain :
a. Kinerja                                           d. Tanggung jawab
b. Kebajikan                                      e. Penghargaan
c. Perhatian

4. Motif sering dirumuskan sebagai :
a. Insting                                            d. Stres
b. Ambigiuos                                     e. Drive
c. Push

5. Individu terus menerus memperlihatkan pola perilaku sama meskipun pengalamannya memperlihatkan hal itu tidak menghasilkan apapun :
a. Frustration                                    d. Regresion
b. Fixation                                         e. Rationalization
c. Derpresi

1. Model proses komunikasi yang paling sederhana melibatkan unsur berikut ini :
a. Sandi                                             d. Berita
b. Pemakai                                        e. Kode
c. Penghubung

2. Pengubahan berita ke dalam sandi disebut :
a. Decoding                                      d. Encoding
b. Transmitting                                  e. Source
c. Converter

3. Untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks menggunakan jaringan komunikasi :
a. Lingkaran & Rantai                     d. Huruf Y
b. Bintang                                          e. Lingkaran
c. Rantai
4. Komunikasi yang terjadi antara manajer SDM dan manajer Keuangan adalah :
a. Komunikasi Vertikal                    d. Komunikasi Diagonal
b. Komunikasi lateral                      e. Downward
c. Komunikasi bisnis

5. Hambatan antar pribadi dalam berkomunikasi diantaranya :
a. Status atau kedudukan komunikator
b. Persepsi selektif
c. Ketidak tepatan penggunaan bahasa
d. Semua benar
e. Pendengaran lemah



1. Standar untuk mengukur prestasi bidang produksi, :
a. Kuantitas                                       d. Biaya
b. Jumlah                                          e. Volume Penjualan
c. Anggaran

2. Laporan Keuangan sangat penting bagi perusahaan karena merupakan tolok ukur:
a. Pengembangan perusahaan
b. Manajemen Resiko
c. MBO
d. Hutang
e. Aktiva

3. Test untuk membantu pembuatan keputusan dengan analisa laporan keuangan yaitu :
a. Test of Solvency & Equity Position
b. Test of Average
c. Test of Leverage
d. Test of Activity
e. Post Test

4. Dalam Test of Liquidity, rumus Current Ratio:
a. AL : HL                                           c. ROI - RTI
b. Kas : Utang Lancar                     d. Laba : Penjualan
c. Equity : Debt

5. Debt Equty Ratio, digunakan dalam analisis :
a. Test of Liquidity
b. Test of Profitability
c. Market Test
d. Test of Solvency & Equity Position
e. Equity Test

1. Perubahan terhadap cara-cara pengelolaan perusahaan yang mau tidak mau harus diperhatikan oleh setiap perusahaan dimanapun ia berada, disebut:
a. Manajemen Kontemporer
b. Manajemen Quality Improvement
c. Manajemen primordial
d. Manajemen Evaluasi Diri
e. Manajemen By Objective

2. Pada bisnis ekonomi terjadi hubungan batas antar negara dan budaya semakin kabur (borderless nation), termasuk pengaruh:

a. Ekonomi Lateral               d. Ekonomi Liberalisme
b. Ekonomi monopoli          e. Ekonomi Oligopoli
c. Ekonomi sosialis

3. Beberapa bentuk manajemen kontemporer di bawah ini yang tepat adalah:
a. TQM & ISO 9000 dan 14000
b. Manajemen Tradisonal & Kaizen
c. ABC Concept & Alkaline
d. Manajemen primordial & modern
e. JIT & Honda

4. Sebagai komitmen budaya organisasi untuk memuaskan pelanggan melalui penggunaan sistem terpadu dari perangkat, teknik-teknik, dan pelatihan,
disebut:
a. Downsizing
b. Organisasi Jejala
c. TQM (Total Quality Management)
d. Just In Time
e. ABC concept

5. Berfungsi sebagai pelengkap dan bukan sebagai pengganti pengukuran kinerja keuangan tradisional, disebut:
a. Gerakan Ekselensi
b. Proses Rekayasa Ulang Bisnis
c. Just In Time
d. Balanced Scorecard
e. TQM (Total Quality Management)



SOAL QUIZ MANAJEMEN BISNIS

1. Menurut Stoner dan Charles Wankel elemen dasar manajemen meliputi :
a.     Diklat dan promosi
b.     Visi dan Misi
c.      Standar dan Mutu
d.     Perencanaan dan pengendalian

2. Berikut ini merupakan sifat-sifat yang harus dimiliki seorang manajer (sebagai ilmu) kecuali :
a.     Rasional
b.     Empiris
c.      Objektif
d.     Akumulatif

3. Manajer yang membawahi lebih dari 1 tingkat dalam suatu organisasi adalah :
a.     Manajer puncak
b.     Manajer menengah
c.      Manajer hirarki pertama
d.     Dewn direksi

4. Proses manajemen yang salah satu deskripsi pekerjaanya menetapkan , mendeskripsikan serta menjelaskan tujuan adalah :
a.     Perencanaan
b.     Pengorganisasian
c.      Pengawasan
d.     Tidak ada jawaban yang benar

5. Enterpreneur, disturbance handler, negotiator, resource allocator, merupakan peran manajer sebagai :
a.     Peranan antar pribadi
b.     Peranan informasional
c.      Peranan pemutus
d.     Decision maker

6. Kemampuan mental untuk mengkordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi merupakan kemampuan yang harus di miliki manajer berupa :
a.     Kemampuan konseptual
b.     Kemampuan teknis
c.      Kemampuan administratif
d.     Kemampuan kemanusiaan

7. Seorang ahli teori manajemen yang terkenal sebagai bapak manajemen personalia adalah :
a.     Henry fayol
b.     Frederick winslow taylor
c.      Robert Owen
d.     Charls Babage

8. Mc Donald Gregor memberikan sumbangan teori manajemen berupa :
a.     Sikap dan perilaku diri sendiri ( teori x dan teori y )
b.     Teori pengembangan tori x dan teori y
c.      Teori harapan
d.     Teori hirarki kebutuhan

9. Pakar mazhab perilaku yang mengemukakan bahwa para bawahan akan bekerja lebih keras jika manajemen memikirkan kesejahteraan dan memberikan perhatian khusus :
a.     Hugo Munsterburg
b.     Adam smith
c.      Henry Fayol
d.     Elton Mayo

10. Menentukan cara yang tepat dalam penyelenggaraan pekerjaan di dalam rangka adanya efisiensi dan kreatifitas serta keseragaman merupakan aktifitas perencanaan berupa :
a.     Scheduling
b.     Programing
c.      Developing prosedur
d.     Establishing Objectives

11. Teori perubahan sistem yang membangkitkan imajinasi masyarakat dan memecahkan masalah dengan mengusulkan penghapusan pendekatan baru yaitu :
a.     Metodisme
b.     Utopianisme
c.      Rasionalisme
d.     Sinkronisme

12. Penyebab angota organisasi menolak rencana perubahan diantaranya kecuali :
a.     Ketidakpastian sebab dan akibat perubahan
b.     Kesadaran akan kelemahan yang diusulkan
c.      Pengaruh pasar terbuka
d.     Keengganan untuk melepaskan keuntungan yang ada

13. Berikut ini termasuk kedalam rencana sekali pakai,kecuali :
a.     Anggaran
b.     Proyek
c.      Standar prosedur
d.     Prosedur
14. Tujuan yang berkaitan dengan cara pelaksanaan fungsi organisasi yang tidak tergantung pada barang dan jasa yang diproduksi merupakan:
a.     Tujuan keluaran ( output goals )
b.     Tujuan sistem ( system goals )
c.      Tujuan produk ( produk goals )
d.     Tujuan kemasyarakatan ( society goals )

15. Menurut peter drucker tujuan yang harus di tetapkan perusahaan , diantaranya :
a.     Profitabilitas, inovasi, sosial, saham
b.     Posisi pasar, inovasi, sosial,saham, profitabilitas
c.      Produktifis, posisi pasar, inovasi prestasi, pengembangan manajer
d.     Produktifis, posisi pasar, deviden, inovasi

16. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi proses penetapan tujuan kecuali :
a.     Misi dasar organisasi
b.     Nilai-nilai yang dipegang manajer
c.      Kekuatan
d.     Kerja keras dan dukungan sumber daya 

17. Keputusan yang lebih didasarkan pada intuisi serta untuk permasalahan bersifat insidental disebut :
a.     Keputusan terprogram
b.     Keputusan modern
c.      Keputusan tidak terprogram
d.     Jawaban a dan c benar

18. Kegiatan yang berupa menetapkan anggaran , mengadakan dan mengalokasikan sumber daya yang diperlukan merupakn proses :
a.     Pengembangan alternatif
b.     Implementasi tujuan
c.      Identifikasi permasalahan
d.     Evaluasi

19. Masalah yang timbul karena adanya penyimpangan dari apa yang sudah direncanakan merupakan :
a.     Kesalahan progresif
b.     Kesalahan kreatif
c.      Kesalahan korektif
d.     Semua jawaban salah

20. Model pengambilan keputusan yang banyak digunakan para ekonom dan ilmuwan manajemen :
a.     Model normatif
b.     Model narasi
c.      Model modern
d.     Model deskriptif



Soal Latihan UAS Dasar Manajemen & Bisnis

1.Perencanaan adalah salah satu bagian dari elemen dasar manajemen dan termasuk ke dalam   elemen:
            a. Sifat                                     d. Tujuan
            b. Objek                                   e. Fungsi 
            c. Sasaran

 2. Proses mengupayakan agar bawahan bekerja sebaik mungkin, disebut :

            a. Pemotivasian                      d. Kepemimpinan
            b. Perencanaan                       e. Pengorganisasian
            c. Pengendalian

3. Perbedaan antara manajemen, manajer dan kepemimpinan dilihat dari:

            a. Bentuk organisasi               d. Sifat & jiwanya  
            b. Kedudukannya                     e. Adanya keterkaitan
            c. Kekuasaan

4.  Peran manajer sebagai pemimpin disebut sebagai peran:

            a. Decision roles                     d. Informal roles
            b. Informational roles             e. International roles
            c. Interpersonal roles 

5. Prinsip pembagian kerja terjadi pada mazhab :

            a. Perilaku                               d. Usaha Perpaduan
            b. Ilmu Manajemen                e. Teori Organisasi Klasik
            c. Manajemen Ilmiah Klasik 

6.  Manajemen bukanlah suatu bakat, tetapi suatu ketrampilan sehingga manajer bukanlah     pembawaan, tetapi pelatihan dan pengalaman, menurut mazhab :

            a. Perilaku                               d. Usaha Perpaduan
            b. Ilmu Manajemen                e. Teori Organisasi Klasik 
            c. Manajemen Ilmiah Klasik

7. Salah satu karakteristik perencanaan yaitu :

            a. Menyangkut masa yang lalu
            b. Delegasi
            c. Tidak ada unsur waktu
            d. Pengawasan
            e. Menyangkut masa yang akan datang  

8. Rencana yang dirancang untuk mencapai tujuan organisasi yang luas disebut rencana :

            a. Operasional                        d. Tetap
            b. Strategis                  e.  Programming
            c. Sekali pakai


9. Termasuk koalisi eksternal dalam proses perumusan tujuan yaitu:

            a. Manajer Pelaksana             d. Manajemen
            b. Karyawan                            e. Supplier        
            c. Serikat Kerja

10.  Hasil akhir, titik akhir, atau segala sesuatu yang akan dicapai disebut :

            a. Keinginan                            d. Motivasi
            b. Visi                                      e.  Strategik
            c. Tujuan  

11. Jenis keputusan yang teknik penanganannya ditangani dengan prosedur kerja adalah keputusan :

            a. Terpadu                               d. Tak terprogram
            b. Konvensional                       e. Terbuka
            c. Terprogram
12.       Sistem absensi karyawan adalah contoh untuk sistem keputusan : 

            a.  Terbuka                              d. Konvensional
            b. Tertutup                               e. Terpadu
            c.  Terprogram

13. Faktor yang mempengaruhi sikap antara lain:

            a. Stereotip                             d. Kebutuhan
            b. Emosi                                  e. Situasional
            c. Lingkungan   

14.Ciri yang relatif mantap, kecenderungan dan perangai yang dimiliki oleh individu disebut:

            a. Sikap                        d. Persepsi
            b. Mental                     e. Kepribadian            
            c. Belajar
15. Kemampuan pimpinan untuk mengatur bawahannya disebut : 

            a. Span of  control       d. Span of  attention
            b. Span of  authority    e. Span of  supervision
            c. Span of  market

16. Kemampuan pimpinan untuk mangawasi bawahannya disebut :

            a. Span of  control       d. Span of  attention
            b. Span of  authority    e. Span of  supervision 
            c. Span of  market

17. Secara etimologi motivasi dapat diartikan sebagai:

            a. Organisasi               d. Perencanaan
            b. Pengawasan            e. Pengendalian
            c. Dorongan  
  
18.Seseorang yang memiliki keinginan berprestasi sebagai suatu kebutuhan (needs) dapat mendorongnya mencapai sasaran disebut :

            a. Penghargaan           d. Tantangan
            b. Kinerja                     e. Tanggung jawab
            c. Responsibility
      
19. Analisa ratio digunakan untuk membandingkan angka-angka historis perusahaan secara :

            a. Random                   d. Time series 
            b. Tepat waktu            e.  Jangka panjang    
            c. Logika

20.    Total utang dibagi modal sendiri adalah rumus :

            a. Debt Equity Ratio                d. Cash Ratio
            b. Earning Ratio                      e. Current Ratio
            c. Quick Ratio

 21. Kata bisnis berasal dari bahasa  :

            a. Melayu                                d. Inggris 
            b. Amerika                              e. Perancis     
            c. Sansekerta

22.       Melihat pada asal katanya bisnis berarti :

            a. Manusia                              d. Karyawan
            b. Perusahaan                         e. Owner
            c. Pekerja
23. Dunia bisnis harus meningkatkan produktivitasnya, karena mereka akan menghadapi pasar luas yang makin berkembang disebut tantangan :

            a. Produktivitas                       d. Sosial
            b. Kualitas                               e. Abad 2000
            c. Pasar Global

24. Konsumen merasa tidak senang membeli produk yang cepat rusak disebut tantangan :

            a. Produktivitas                       d. Sosial
            b. Kualitas                               e. Abad 2000
            c. Pasar Global

25. International Standardization Organization (ISO)  berkedudukan di :
            a. Jakarta                               d. Paris
            b. New York                             e. Jenewa


  1. 1. Organisasi adalah sistem transformasi masukan dan keluaran yang bergantung pada lingkungan, merupakan konsep Sistem Terbuka
  2. 2. Kelompok formal dan informal dibentuk dengan alasan Pemuasan Keputusan, Tujuan Kelompok & Alasan Ekonomi
  3. 3. Struktur organisasi yang digunakan oleh perusahaan besar perusahaan multi produk yaitu Produk atau Pasar
  4. 4. Keunggulan struktur matriks melibatkan dan menentang perorangan, memberikan fleksibilitas kepada organisasi, menuntut keterampilan antar pribadi yang tinggi.
  5. 5. Pola utama atas pembagian produk atau pasar diantaranya Division by product, Division by geography, Division by customer
  6. 6. Saling bergantungan dimana suatu satuan organisasi harus melakukan pekerjaannya terlebih dahulu sebelum satuan yang lain dapat bekarja : Sequential interdependence
  7. 7. Semakin lebar rentang manajemen akan menghasilkan struktur organisasi yang dibentuk Flat
  8. 8. Menurut henri Fayol, jumlah Maksimal bawahan yang dapat dikendalikan oleh setiap pengawas produksi :20 - 30 orang
  9. 9. Wewenang ada karena seseorang diberi atau dilimpahi atau diwarisi, merupakan pemandangan teori formal
  10. 10. proses pendelelegasian yang mengalir setingkat demi setingkat dari tingkatan paling bawah prinsip tanggung jawab
  11. 11. Macam-macam teori Proses Teori Harapan, Teori Keadilan, Teori Penguatan
  12. 12. Hierarki kebutuhan keempat menurut Maslow, yaitu Recognition Needs
  13. 13. Bentuk motivasi antara lain Kompensasi dalam bentuk uang, pengarahan dan pengendalian, penetapan pola kerja yang efektif, kebijakan.
  14. 14. Motif sering dirumuskan sebagai, need, want, drive, impluse
  15. 15. Individu terus - menerus memperlihatkan pola perilaku sama meskipun pengalamannya memperlihatkan hal itu tidak menghasilkan apapun adalah pengertian dari Fixation
  16. 16. Model proses komunikasi yang paling  sederhana melibatkan unsur berikut ini, yaitu Pengirim, Berita, Penerima
  17. 17. Pengubahan berita ke dalam sandi disebut Encoding
  18. 18. Untuk menyelesaikan masalah - masalah yang kompleks menggunakan jaringan komunukasi : Lingkaran & Rantai
  19. 19. Komunikasi yang terjadi antara manajer SDM & manajer keuangan adalah Lingkaran
  20. 20. hambatan antara pribadi dalam berkomunikasi diantaranya :Status atau kedudukan komunikator, Persepsi selektif, ketidak tepatan penggunaan bahasa.
  21. 21. Standar untuk mengukur presentasi bidang produksi,Mutu, jumlah, biaya, prestasi kerja individu
  22. 22. Laporan keuangan sangat penting bagi perusahaan karena merupakan tolak ukur : keberhasilan manajemen, penutupan perusahaan, pengembanggan perusahaan, pertanggungjawaban manajemen.
  23. 23. Test untuk membantu pembuatan keputusan dengan analisa laporan keuangan, test of profitability, Liquidity, solvency and equity position, market test.
  24. 24. Dalam Test of Liquidity, rumus current Ratio : AL : HL
  25. 25. Debt Equity Ratio, digunakan dalam analisis : test of solvency and equity position
  26. 26. Perubahan terhadap cara-cara pengolahan perusahaan yang mau tidak mau harus diperhatikan oleh setiap perusahaan dimanapun ia berada, disebut : manajemen kontemporer
  27. 27. Pada bisnis ekonomi terjadi hubungan  batas antar Negara dan Budaya, semakin kabur (bordeless nation), termasuk pengaruh Ekonomi Liberalisme



PERTEMUAN 9
1. Faktor yang mempengaruhi sikap antara lain :
a. Stereotip      d. Kebutuhan
b. Emosi           e. Situasional
c. Lingkungan

2. Ciri  yang  relatif  mantap,  kecenderungan  dan  perangai yang dimiliki oleh individu  disebut :
a. Sikap         d. Persepsi
b. Mental     e. Kepribadian
c. Belajar

3.  Suatu  sistem  yang  terorganisasi  yang  melakukan fungsi  tertentu  dan  serangkaian  peran  antar
anggotanya disebut :
a. Tim                  d. Manajer
b. Organisasi        e. Kelompok
c. Manajemen

4.  Penentuan jumlah bawahan yang dapat dikendalikan:
a. Pembagian kerja    d. Delegasi
b. Departementalisasi      e. Wewenang
c. Rentang kendali 

5.  pembentukan  kelompok  atas  dasar  bidang  geografis (daerah) merupakan departementalisasi:
a. Teritorial        c. Fungsional   d. Diagonal
b. Produk                                          e. Sosial

PERTEMUAN 10
1. proses pengintegrasian  tujuan-tujuan dan kegiatan kegiatan pada satuan- satuan yang terpisah untuk mencapai tujuan organisasi secara efesien disebut:
a. Pengawasan      d. Perencanaan
b. Koordinasi      e. Perumusan
c. Pengendalian

2. Kemampuan pimpinan untuk mengatur bawahannya disebut :
a. Span of control    d. Span of attention
b. Span of authority    e. Span of  supervis  ion
c. Span of market

3.   Kemampuan  pimpinan  untuk  mangawasi bawahannya  disebut :
a. Span of control    d. Span of attention
b. Span of authority    e. Span of  supervision
c. Span of market

4.  Reciprocal  interdapandence  adalah  istilah  untuk saling ketergantungan yang :
a. Menyatu      d. Berkelanjutan
b. Berurutan      e. Timbal balik
c. Terpisah

5.  Teori yang menyanggah pendapat bahwa wewenang dapat dianugerahkan  disebut :
a.   Pendelegasian   c. Teori Penerimaan             d. Kepercayaan
b. Teori Formal       e. Pelimpahan

PERTEMUAN 11
1.  Proses  pemindahan  pengertian  dalam  bentuk  gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain disebut :
a. Kekuasaan      d. Delegasi
b. Wewenang      e.  Reputasi
c. Komunikasi

2.   Pengirim pesan dalam komunikasi organisasi disebut :
a. Komunikator      c. Pembicara
b. Komunikan      d. Narasumber
c.  Media

3.   Penerima pesan dalam komunikasi organisasi disebut :
a. Komunikator      c. Pembicara
b. Komunikan      d. Narasumber
c.  Media

4.   Komunikasi  yang  memotong  secara  menyilang  rantai perintah organisasi disebut komunikasi :
a. Horizontal      c. Bisnis
b. Vertikal      d. Maya
c. Diagonal

5.  Cara  untuk  mengatasi  kesulitan-kesulitan  yang  dihadapi  oleh  para  manajer  untuk  dapat meningkatkan efektivitas komunikasi antara lain:
a. Penggunaan umpan-balik     c.  Integrasi sistem
b. Mengurangi hambatan          d. Pendekatan personal
e. Sosialisasi

PERTEMUAN 12
1. Laporan  keuangan  sangat  penting  bagi  perusahaan karena merupakan salah satu tolak ukur :
a. Pengendalian Mutu    d.Keberhasilan Manajemen
b. Pengawasan              e. Peningkatan SDM
c.   Informasi Eksternal

2.  Analisa ratio digunakan untuk membandingkan angka-angka historis perusahaan secara:
a. Time Series                d. Cash Ratio
b. Pembagian Arus kas   e. Current Ratio
c. Quick

3.   Diartikan  sebagai  upaya  yang  dilakukan  untuk memperbaiki  secara  terus-menerus  semua  bidang dalam  perusahaan  adalah  model  manajemen kontemporer :
a. Downsizing      d. ABC concept
b. Kaizen           e. Balance scorecard
c. Just in time

4.   Versi  restrukturisasi  organisasi  yang  menghasilkan penurunan  besaran  organisasi  dan  sering
menghasilkan  struktur  organisasi  yang  lebih mendatar adalah model manajemen kontemporer :
a. Downsizing      d. ABC concept
b. Kaizen        e. Balance scorecard
c. Just in time
5.   Salah  satu  model  yang  dianggap  revolusioner  dan populer  khususnya  di  bidang  cost  accounting  atau persisnya management accounting adalah :
a. Downsizing    c. Just in time                   d. ABC concept
b. Kaizen           e. Balance scorecard



PERTEMUAN 13
1.Kata bisnis berasal dari bahasa  :
a. Melayu          d. Inggris
b. Amerika        e. Perancis
c. Sansekerta

2.  Melihat pada asal katanya bisnis berarti :
a. Manusia        d. Karyawan
b. Perusahaan          e. Owner
c. Pekerja

3.  Perusahaan  yang  dikelola  sendiri  oleh  pemiliknya disebut perusahaan :
a. Besar     d. Giant
b. Konglomerat    e. Akuisisi
c. Kecil

4. Perusahaan  yang  akses  sumber  dananya  mudah disebut perusahaan :
a. Besar      d. Asongan
b. Klontong    e. Pailit
c. Kecil

5.  Maksud  dan  tujuan  bisnis  sangat  terkait  erat  dengan faktor-faktor :
a. Nasional    d. Budaya
b. Internasional    e.  Keuntungan usaha
c. Lokal


PERTEMUAN 14
1.Dunia  bisnis  harus  meningkatkan  produktivitasnya, karena  mereka  akan  menghadapi  pasar  luas  yang makin berkembang disebut tantangan :
a. Produktivitas             d. Sosial
b. Kualitas                         e. Abad 2000
c. Pasar Global

2.   Konsumen  merasa  tidak  senang  membeli  produk  yang cepat rusak disebut tantangan :
a. Produktivitas              d. Sosial
b. Kualitas                       e. Abad 2000
c. Pasar Global

3.   Kursi adalah salah satu contoh dari :
a. Form utility       d. Possession utility .
b. Place utility       e. Space utility
c. Time utility

4.   Payung adalah salah satu contoh dari :
a. Form utility       d. Possession utility .
b. Place utility       e. Space utility
c. Time utility

5.   International  Standardization  Organization  (ISO)
berkedudukan di :
a. Jakarta         c. Bangkok           d. Paris
b. New York      e. Jenewa



SOAL  UAS MANAJEMEN BISNIS
BY Jimmy Lp

Organisasi dikatakan sebagai wadah berarti :
Suatu tempat orang yang saling berinteraksi dan bekerjasama untuk merealisasikan tujuan bersama
Salah satu ciri utama dari organisasi adalah : sekelompok orang yang menggabungkan diri dengan suatu ikatan norma, peraturan serta kebijakan dan menjalankannya dengan penuh tanggung jawab
Faktor yang mempengaruhi persepsi seseorang : variabel fisiologis,psikologis, dan lingkungan
Menurut Henry fayol, jumlah maksimum bawahan yang dapat dikendalikan oleh setiap pengawas produksi adalah : 20-30 orang
Proses pendelegasian yang mengalir setingkat demi setingkat dari tingkatan paling atas sampai paling bawah adalah : Prinsip tanggung jawab
Wewenang ada karena seseorang diberi  atau dilimpahi atau diwarisi merupakan pandangan : Teori  formal
Semakin lebar rentang manajemen akan menghasilkan struktur organisasi berbentuk : Flat
Satuan organisasi dimana saling ketergantungan yang berurutan disebut :  sequential
Interdependence
Motif sering dirumuskan sebagai : Drive
Individu yang terus menerus memperlihatkan pola perilaku yang mendalam adalah : Fixation
Kelanjutan dari rasa frustasi dimana orang tersebut menarik diri dari kenyataan yang ada disebut : Resignasi
Yang mengembangkan teori dua faktor adalah : Frederick Herzberg
Yang merupakan elemen penggerak motivasi : Recognation ( Penghargaan )
Mengartikan simbol untuk menginterprestasikan arti dari pesan adalah : Encode
Pertukaran pesan secara menyamping diantara sesama atau rekan sekerja dan terjadi dalam lintas depertemen adalah : komunikasi Diagonal
Jaringan yang digunakan untuk menylesaikan masalah “ yang kompleks adalah : jaringan Lingkaran
Komunikasi yang dilakukan melalui satu orang atau individu untuk memecahkan masalah atau membuat keputusan adalah : komunikasi Vertikal
Standar untuk mengukur prestasi bidang produksi :  mutu , jumlah ,biaya ,prestasi kerja
Laporan keuangan sangat penting bagi perusahaan karena merupakan tolok ukur : Keberhasilan Manajemen
Test untuk membantu pembuatan keputusan dengan analisa laporan keuangan adalah : TEST OF SOLVENCY & EQUITY POSITION
Debt Equity digunakan dalam analisis : TEST OF SOLVENCY & EQUITY POSITION
Proses perencanaan ulang secara radikal serta memikirkan kembali proses bisnis secara fundamental untuk mencapai perbaikan secara dramatis disebut : Proses rekayasa ulang bisnis
upaya yang dilakukan untuk memperbaiki secara terus-menerus semua bidang dalam perusahaan adalah : Kaizen

berfungsi sebagai pelengkap dan bukan sebagai pengganti pengukuran kinerja keuangan tradisional adalah : Balanced scorecard


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Macam-macam Kejahatan Internet (Cyber Crime)       Seperti halnya di dunia nyata, internet sebagai dun...