Selasa, 14 November 2017

Soal & jawaban UTS Teknik Pemograman BSI semester 3 2016

BIDANG STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA BSI PONTIANAK




1.       Yang bukan pemiliharaan program  adalah :
a.       Preventive
b.      Perfective
c.       Efektif
d.      Adptif
e.      Korektif

2.       Penuliasan program Data Oriented  memiliki tingkat fleksibitas yang tinggi dan bersifat :
a.       Statis
b.      Portabilitas
c.       User Friendly
d.      Dinamis
e.      Sederhana

3.       Mengkoreksi kesalahan sampai kesalahan diperbaiki, meliputi penetapan lokasi dank ode error disebut :
a.       Debugging
b.      Compilling
c.       Coding
d.      Testing
e.      Running

4.       Membuat menu tampilan yang informasi termasuk ke dalam standar penyusunan program
a.       Waktu penulisan
b.      Kebenaran logika
c.       User Friendly
d.      Perawatan
e.      Portabilitas

5.       Tujuan dokumentasi pada tahap pembuatan program adalah :
a.       Sebagai Pedoman dan penjelasan bagi user
b.      Agar program terlihat rapih
c.       Untuk kemudahkan dalam menjalankan program
d.      Agar program mudah dimengerti
e.      Sebagai pedoman dan penjelasan bagi programmer

6.       Program aplikasi pengajian pada suatu perusahaan termasuk ke dalam sifat penulisan program :
a.       Object Oriented
b.      Program Oriented
c.       Bussiness Oriented
d.      Interactive Oriented
e.      Data Orinted

7.       Symbol di bawah ini termasuk operator pada C++ adalah :
a.       Int b
b.      &&
c.       Long d
d.      Void
e.      default

8.       algoritma beri langkah-langkah penyelesaian masalah ini berarti algoritma adalah pergertian dari:
a.       Pemprograman berbasis objeck
b.      Pemprograman Prosedural
c.       Pemprograman  Generik
d.      Pemprograman Funntional
e.      Pemprograman

9.       Dibawah ini contoh dari token :
a.       Tipe data
b.      Komentar
c.       Operator
d.      Reserved word
e.      Function

10.   Sifat penulisan program di mana penulisan program terstuktur programnya selalu berubah apabila  kondisi data yang diproses di dalam program tersebut, bertambah volumenya datanya adalah:
a.       Object Oriented
b.      Program Oriented
c.       Bussiness Oriented
d.      Interactive Oriented
e.      Data Orinted

11.   Pembuatan back-up program dan pembuatan tampilan program sesuai dengan kebutuhan program merupakan salah satu keteria pemiliharaan dalam tahapan pembuatan program, yaitu :
a.       Preventive
b.      Perfective
c.       Efektif
d.      Adaptif
e.      Korektif

12.   Bahasa program dibawah ini yang termasuk bahasa tingkat menengah adalah :
a.       Pascal
b.       Assembler
c.       C++
d.      C+
e.      C

13.   Pada beberapa point di bawah ini, yang termasuk tipe data majemuk adalah :
a.       Real/float
b.      String
c.       Character
d.      Integer
e.      Boolean
14.   Bahasa pemograman yag menggunakan symbol-symbol yang mudah di ingat (mnemonic) adalah bahasa pemograman :
a.       Assembler
b.      Pascal
c.       PL/1
d.      C
e.      Fortan

15.   Program di susun dari pemecahan masalah yang kompleks ,kemudian menghubungkan prosedur-prosedur yang ada menjadi satu kesatuan yang menjadi program sebagai penyelesaian masalah tersebut , merupakan salah satu teknik penulisan program secara :
a.       Procedural
b.      Bottom-up
c.       Sequence
d.      Modular
e.      Top-down

16.   Bahasa pemograman yang termasuk bahasa berorintasi objek adalah :
a.       Basic
b.      Java
c.       C
d.      Assembler
e.      Foxpro
17.   Berikut ini yang tidak termasuk bahasa pemograman yang berorrientasi pada procedural (Procedure Oriented Language)
a.       Algol
b.      RPG
c.       Cobol
d.      Basic
e.      Pascal

18.   Dibawah ini yang merupakan simple statement adalah :
a.       Loop statement
b.      Selection statement
c.       Iteration statement
d.      Sequence statement
e.      Assignment statement

19.   Dokumentasi merupakan setiap langkah-langkah pekerjaan membuat program dari awal sampai akhir, dan biasanya digunakan untuk penulusuran kesalahan dan …..
a.       Penggunaan program
b.      Perancangan program
c.       Perawatan program
d.      Penulisan intruksi program
e.      Pengembangan program  

20.   Yang tidak termasuk dalam pembiayaan di dalam pembuatan program adalah :
a.       Biaya kompilasi
b.      Biaya penciptaan
c.       Biaya disain
d.      Biaya pemiliharaan
e.      Biaya eksekusi

21.   Perangkat lunak seperti Norton ,Anti Virus merupakat kenis perangkat lunak :
a.       System software
b.      Program software
c.       Package software
d.      Application software
e.      Ultilyty software

22.   Untuk membuat program yang besar dan komplek di butuhkan :
a.       6 tahap
b.      4 tahap
c.       5 tahap
d.      7 tahap
e.      8 tahap

23.   Ketika procedure atau function di panggil, dapat melewatkan suatu nilai ke dalam fauntion atau procedure , nilai yang di lewatkan di sebut :
a.       Konstanta
b.      Data
c.       Variable
d.      Argument
e.      Value

24.   Cirri-ciri algoritma pemograman yang baik dalah :
a.       Semua proses harus berakhir setelah jumlah langkah dilakukan
b.      Di tulis dengan format sesuai dengan salah satu format bahasa pemgraman
c.       Manghasilkan input yang tepat
d.      Format penulisan sesuai jenis computer di tulis dengan bahasa Indonesia

25.   Perangkat lunak seperti ms.office, adobe, macromedia merupakan jenis perangkat
a.       System software
b.      Program software
c.       Package software
d.      Application software
e.      Ultilyty software

26.   Dalam membuat desain algoritma atau membuat rumusah masalah dapat di buat dengan menggunkan beberapa alat (tool). Berikut alat yang tidak dapat di gunakan untuk mendisain algoritma program :
a.       HIPO
b.      Procedure
c.       Normalisasi
d.      Flowchart
e.      Struktur chart
27.   Yang termasuk reserverd word pada C++ adalah :
a.       Cin
b.      &&
c.       Operator
d.      Variable
e.      ++

28.   Sifat penulisan program dimana penulisan program terstuktur programnya tidak selalu berubah, walau pun volume data yang diproses di dalam program tersebut ,dalam jumlah besar adalah :
a.       Object Oriented
b.      Program Oriented
c.       Bussiness Oriented
d.      Interactive Oriented
e.      Data Orinted

Pertemuan 1.

1. Dalam prosedur penulisan program arti atau maksud yang terkandung di dalam statement  adalah pengertian dari:
a. Semanti
b. Sintaks
c. Source program
d. Kebenaran Logika
e. Leksikal

2. Tenaga pelaksana (Brainware) yang membutuhkan atau menggunakan flowchart dalam melaksanakan tugasnya adalah:
a. DBA                                                  
b. Programmer
c. Data Entry
d. Technical Support
e. Operator

3. Perangkat keras (Hardware) yang digunakan untuk melihat  output dari program adalah:
a. Keyboard                                       
b. Monitor                                         
c. Printer
d. Disk Drive
e. Mouse

4. Perangkat lunak seperti Windows, Unix, Linux adalah merupakan jenis perangkat lunak:
a. Package Software                      
b. Application Software                
c. Operating System
d. System Software
e. Utility Software

5. Bahasa pemrograman di bawah ini yang berorientasi dalam bidang bisnis adalah:
a. Basic                                                
b. Pascal                                              
c. Cobol
d. Assembler
e. Fortran


Pertemuan 2.

1. Yang bukan ciri-ciri algoritma pemrograman yang baik adalah:
a. Memiliki logika perhitungan/metode yang tepat dalam memecahkan  masalah
b. Menghasilkan output yang tepat dan benar dengan waktu yang lama
c. Ditulis dengan bahasa yang standar secara sistematis  sehingga tidak menimbulkan arti ganda.
d. Ditulis dengan format yang mudah dipahami dan diimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman.
e. Memiliki waktu run-time yang singkat

2. Dibawah ini manakah penulisan logika pengujian yang paling benar:

a. IF   item = nilai1                                            c.  IF  item = nilai1

    instruksi1                                                             instruksi1

    ELSE  IF  item = nilai2                                        ENDIF item = nilai2

    instruksi2                                                              instruksi2

    ENDIF                                                                     ENDIF

b. IF  item = nilai1                                             d.  IF  item = nilai1                            e. IF item = nilai

     instruksi                                                               instruksi1                                           instruksi1

     EndIF                                                                     END                                                      ELSE

     IF item = nilai2                                                   IF  item=nilai2                                   instruksi2

     Instruksi2                                                            instruksi2                                            ENDIF

     EndIF                                                                     END

3. Salah satu standar penyusunan program harus mempunyai sifat kesederhanaan  dan kejelasan dari program yang berguna untuk:
a. Portabilitas                                                     c. Perawatan dan pengembangan
b. Waktu penulisan                                         d. Kebenaran Logika
e. Efisiensi

4. Sifat penulisan program selain bersifat statis dan tidak fleksibel dan struktur programnya selalu berubah seperti program animasi disebut :
a.Data Oriented                                                               
b.Program Oriented
c. Terstruktur Oriented
d. OOP
e.Modular programming

5. Di bawah ini yang bukan standar penulisan instruksi yang baik dalam pembuatan program adalah:
a. Hindari pernyataan untuk Percabangan (IF statement) yang sangat rumit dan Nested Loop (Loop di dalam Loop lain) yang berlebihan.
b.Gunakan sebaris atau beberapa baris kosong sebagai pemisah    
c.Hindari penulisan “kurung buka dan tutup” dalam menulis suatu ekspresi Aritmatika atau logika.
d.Awal dan akhir statement dari sekumpulan statement ditulis pada kolom yang sama
e.Gunakan kurung buka dan kurung tutup untuk operasi aritmatik

Pertemuan 3

1. Mendapatkan pemahaman tentang permasalahan yang ada, sehingga akan diperoleh asumsi yang benar sebelum membuat suatu program disebut :
a. Definisi Masalah                                          d. Testing and Debugging   
b. Desain Algoritma                                         e. Pengkodean
c. Bahasa Pemrograman

2. Menguji program serta mengoreksi error yang terdeteksi disebut :
a. Definisi Masalah                                          d. Testing and Debugging    
b. Desain Algoritma                                         e. Pengkodean
c. Bahasa Pemrograman

3. Dibawah ini yang bukan merupakan karakteristik seorang programmer yang baik adalah:
a. Mampu menyusun algoritma dengan baik dan logis.
b. Memiliki ketekunan dan ketelitian yang tinggi.
c.Menguasai bahasa dan teknik penulisan program dengan baik.
d. Tidak memerlukan kerjasama Tim
e. Tahan dalam kondisi tertekan (Under Pressure)

4. Dalam menulis program interaktif diperlukan di bawah ini, kecuali:
a. program harus dapat mengecek setiap kemungkinan     yang penting, yang akan muncul pada data masukan     (validasi).
b. program tidak memerlukan validasi terhadap setiap data yang masuk
c. Buatlah format masukan sesederhana mungkin
d. Berikan pesan, apabila program memerlukan suatu waktu tunggu
e. Berikan keterangan/pesan bila user salah dalam input data

5. Menentukan kebutuhan spesifikasi fungsi, kemampuan dan fasilitas program yang akan dibuat, disebut :
a.Definisi masalah                                            b.Analisis kebutuhan      
c. Desain Algoritma                                         d. Testing dan Debugging
e. Semua benar

Pertemuan 4.

1. Pada tipe data terstruktur terdapat tipe data berindeks yang terdiri dari satu atau lebih elemen/komponen yang memiliki tipe data yang sama, adalah:
a. record                                                              c. Array
b. Struct                                                               d. Statement
e. Linklist



2. Tipe data ini digunakan untuk merepresentasikan kumpulan (set) elemen/komponen yang memiliki satu jenis atau lebih tipe data, adalah:
a. record                                                              c. Array
b. Struct                                                               d. Linklist
e. a, b, dan d benar

3. Dibawah ini yang bukan merupakan Simple Statement, adalah :
a.  Assignment Statement                            b.  Iteration Statement
c.  Function/Procedure statement           d.  Jump Statement
e.  Penugasan

4. Statement yang digunakan untuk melakukan perulangan  sekumpulan statement, adalah :
a.Assignment Statement                              b.Iteration Statement
c.Function/Procedure statement             d. Jump Statement
e. Penugasan

5.  Jangkauan nilai dari 0 sampai dengan 255 adalah tipe :
a. Booelan                                                           b. String
c. Integer                                                             d. Real
e. Byte

Pertemuan 5.

1.Diagram alir yang menggambarkan suatu sistem peralatan komputer yang digunakan dalam proses pengolahan data serta hubungan antar peralatan tersebut, adalah:
a.     Sistem Flowchart                                     b.     Application Flowchart
c.     Program Flowchart                                 d.     Paket Flowchart
e.     UML

2. Simbol flowchart yang menggambarkan Keyboard adalah: Gambar B

3. Simbol flowchart yang menggambarkan proses adalah: Gambar D

4. Simbol flowchart yang menggambarkan pengujian pada program adalah: Gambar A

5. Simbol flowchart yang menggambarkan konektor satu halaman adalah: Gambar D

Pertemuan 6.

1.Dibawah ini  Bahasa pemrograman yang dapat menghasilkan file EXECUTABLE adalah, kecuali:
a. PASCAL                                                            d.  VISUAL BASIC
b. BASIC                                                               e.  DELPHI              
c. C

2.Menterjemahkan instruksi-instruksi dalam satu kesatuan modul ke dalam bahasa mesin sehingga dihasilkan suatu file executable, adalah penterjemah bahasa pemrograman, yaitu:
a. Assembler                                                      d. Compiler
b. Interpreter                                                    e. Debugging          
c. Profiling

3.   Z = ( 10 / 0 ) adalah contoh dari kesalahan program:
a.  Syntax error                                                 d. Simantic error       
b.  Runtime error                                             e. Leksikal error
c. Logic error

4.Akar minus (bilangan negatif) adalah contoh dari kesalahan program:
a.  Syntax error                                                 d. Simantic error            
b.  Runtime error                                             e. Leksikal error
c. Logic error

5.Output potongan program dibawah ini adalah

: I  =  0

While  I  <=  10   DO {    if ((I mod 2)==0)

                {    cout << I << “ “;         I  =  I    +    1;

                }

            }     

a.   0 2 4 6 8 10                                                    d.  0 1 3 5 7 9       
b.  2 4 6 8 10                                                        e.  0 2 4 6 8     
c.   1 3 5 7 9





BIDANG STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA BSI PONTIANAK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Macam-macam Kejahatan Internet (Cyber Crime)       Seperti halnya di dunia nyata, internet sebagai dun...