1.
Yang bukan
pemiliharaan program adalah :
a.
Preventive
b.
Perfective
c.
Efektif
d.
Adptif
e.
Korektif
2.
Penuliasan
program Data Oriented memiliki tingkat fleksibitas
yang tinggi dan bersifat :
a.
Statis
b.
Portabilitas
c.
User
Friendly
d.
Dinamis
e.
Sederhana
3.
Mengkoreksi
kesalahan sampai kesalahan diperbaiki, meliputi penetapan lokasi dank ode error
disebut :
a.
Debugging
b.
Compilling
c.
Coding
d.
Testing
e.
Running
4.
Membuat menu
tampilan yang informasi termasuk ke dalam standar penyusunan program
a.
Waktu
penulisan
b.
Kebenaran
logika
c.
User Friendly
d.
Perawatan
e.
Portabilitas
5.
Tujuan
dokumentasi pada tahap pembuatan program adalah :
a.
Sebagai Pedoman dan penjelasan bagi user
b.
Agar program
terlihat rapih
c.
Untuk
kemudahkan dalam menjalankan program
d.
Agar program
mudah dimengerti
e.
Sebagai
pedoman dan penjelasan bagi programmer
6.
Program
aplikasi pengajian pada suatu perusahaan termasuk ke dalam sifat penulisan
program :
a.
Object
Oriented
b.
Program
Oriented
c.
Bussiness Oriented
d.
Interactive
Oriented
e.
Data Orinted
7.
Symbol di
bawah ini termasuk operator pada C++ adalah :
a.
Int b
b.
&&
c.
Long d
d.
Void
e.
default
8.
algoritma
beri langkah-langkah penyelesaian masalah ini berarti algoritma adalah
pergertian dari:
a.
Pemprograman
berbasis objeck
b.
Pemprograman
Prosedural
c.
Pemprograman Generik
d.
Pemprograman
Funntional
e.
Pemprograman
9.
Dibawah ini
contoh dari token :
a.
Tipe data
b.
Komentar
c.
Operator
d.
Reserved
word
e.
Function
10. Sifat penulisan program di mana
penulisan program terstuktur programnya selalu berubah apabila kondisi data yang diproses di dalam program
tersebut, bertambah volumenya datanya adalah:
a.
Object Oriented
b.
Program
Oriented
c.
Bussiness
Oriented
d.
Interactive
Oriented
e.
Data Orinted
11. Pembuatan back-up program dan
pembuatan tampilan program sesuai dengan kebutuhan program merupakan salah satu
keteria pemiliharaan dalam tahapan pembuatan program, yaitu :
a.
Preventive
b.
Perfective
c.
Efektif
d.
Adaptif
e.
Korektif
12. Bahasa program dibawah ini yang
termasuk bahasa tingkat menengah adalah :
a.
Pascal
b.
Assembler
c.
C++
d.
C+
e.
C
13. Pada beberapa point di bawah ini,
yang termasuk tipe data majemuk adalah :
a.
Real/float
b.
String
c.
Character
d.
Integer
e.
Boolean
14. Bahasa pemograman yag menggunakan
symbol-symbol yang mudah di ingat (mnemonic) adalah bahasa pemograman :
a.
Assembler
b.
Pascal
c.
PL/1
d.
C
e.
Fortan
15. Program di susun dari pemecahan
masalah yang kompleks ,kemudian menghubungkan prosedur-prosedur yang ada
menjadi satu kesatuan yang menjadi program sebagai penyelesaian masalah
tersebut , merupakan salah satu teknik penulisan program secara :
a.
Procedural
b.
Bottom-up
c.
Sequence
d.
Modular
e.
Top-down
16. Bahasa pemograman yang termasuk
bahasa berorintasi objek adalah :
a.
Basic
b.
Java
c.
C
d.
Assembler
e.
Foxpro
17. Berikut ini yang tidak termasuk
bahasa pemograman yang berorrientasi pada procedural (Procedure Oriented Language)
a.
Algol
b.
RPG
c.
Cobol
d.
Basic
e.
Pascal
18. Dibawah ini yang merupakan simple
statement adalah :
a.
Loop
statement
b.
Selection
statement
c.
Iteration statement
d.
Sequence
statement
e.
Assignment
statement
19. Dokumentasi merupakan setiap
langkah-langkah pekerjaan membuat program dari awal sampai akhir, dan biasanya
digunakan untuk penulusuran kesalahan dan …..
a.
Penggunaan
program
b.
Perancangan
program
c.
Perawatan
program
d.
Penulisan
intruksi program
e.
Pengembangan program
20. Yang tidak termasuk dalam pembiayaan
di dalam pembuatan program adalah :
a.
Biaya
kompilasi
b.
Biaya
penciptaan
c.
Biaya disain
d.
Biaya pemiliharaan
e.
Biaya eksekusi
21. Perangkat lunak seperti Norton ,Anti
Virus merupakat kenis perangkat lunak :
a.
System
software
b.
Program
software
c.
Package
software
d.
Application software
e.
Ultilyty
software
22. Untuk membuat program yang besar dan
komplek di butuhkan :
a.
6 tahap
b.
4 tahap
c.
5 tahap
d.
7 tahap
e.
8 tahap
23. Ketika procedure atau function di
panggil, dapat melewatkan suatu nilai ke dalam fauntion atau procedure , nilai
yang di lewatkan di sebut :
a.
Konstanta
b.
Data
c.
Variable
d.
Argument
e.
Value
24. Cirri-ciri algoritma pemograman yang
baik dalah :
a.
Semua proses
harus berakhir setelah jumlah langkah dilakukan
b.
Di tulis
dengan format sesuai dengan salah satu format bahasa pemgraman
c.
Manghasilkan input yang tepat
d.
Format
penulisan sesuai jenis computer di tulis dengan bahasa Indonesia
25. Perangkat lunak seperti ms.office,
adobe, macromedia merupakan jenis perangkat
a.
System
software
b.
Program
software
c.
Package
software
d.
Application software
e.
Ultilyty
software
26. Dalam membuat desain algoritma atau membuat
rumusah masalah dapat di buat dengan menggunkan beberapa alat (tool). Berikut
alat yang tidak dapat di gunakan untuk mendisain algoritma program :
a.
HIPO
b.
Procedure
c.
Normalisasi
d.
Flowchart
e.
Struktur
chart
27. Yang termasuk reserverd word pada
C++ adalah :
a.
Cin
b.
&&
c.
Operator
d.
Variable
e.
++
28. Sifat penulisan program dimana
penulisan program terstuktur programnya tidak selalu berubah, walau pun volume
data yang diproses di dalam program tersebut ,dalam jumlah besar adalah :
a.
Object
Oriented
b.
Program
Oriented
c.
Bussiness
Oriented
d.
Interactive
Oriented
e.
Data Orinted
Pertemuan 1.
1. Dalam
prosedur penulisan program arti atau maksud yang terkandung di dalam statement
adalah pengertian dari:
a.
Semanti
b. Sintaks
c. Source
program
d. Kebenaran Logika
e. Leksikal
d. Kebenaran Logika
e. Leksikal
2. Tenaga
pelaksana (Brainware) yang membutuhkan atau menggunakan flowchart dalam
melaksanakan tugasnya adalah:
a.
DBA
b.
Programmer
c. Data
Entry
d. Technical
Support
e. Operator
3. Perangkat
keras (Hardware) yang digunakan untuk melihat output dari program adalah:
a.
Keyboard
b.
Monitor
c. Printer
d. Disk
Drive
e. Mouse
4. Perangkat
lunak seperti Windows, Unix, Linux adalah merupakan jenis perangkat lunak:
a. Package
Software
b.
Application Software
c.
Operating System
d. System
Software
e. Utility
Software
5. Bahasa
pemrograman di bawah ini yang berorientasi dalam bidang bisnis adalah:
a.
Basic
b.
Pascal
c. Cobol
d.
Assembler
e. Fortran
Pertemuan 2.
1. Yang
bukan ciri-ciri algoritma pemrograman yang baik adalah:
a. Memiliki
logika perhitungan/metode yang tepat dalam memecahkan masalah
b.
Menghasilkan output yang tepat dan benar dengan waktu yang lama
c. Ditulis
dengan bahasa yang standar secara sistematis sehingga tidak menimbulkan
arti ganda.
d. Ditulis
dengan format yang mudah dipahami dan diimplementasikan ke dalam bahasa
pemrograman.
e. Memiliki
waktu run-time yang singkat
2. Dibawah
ini manakah penulisan logika pengujian yang paling benar:
a.
IF item = nilai1
c. IF item = nilai1
instruksi1
instruksi1
ELSE IF item = nilai2
ENDIF item = nilai2
instruksi2
instruksi2
ENDIF
ENDIF
b. IF
item =
nilai1
d. IF item =
nilai1
e. IF item = nilai
instruksi
instruksi1
instruksi1
EndIF
END
ELSE
IF item =
nilai2
IF
item=nilai2
instruksi2
Instruksi2
instruksi2
ENDIF
EndIF
END
3. Salah
satu standar penyusunan program harus mempunyai sifat kesederhanaan dan
kejelasan dari program yang berguna untuk:
a.
Portabilitas
c. Perawatan dan pengembangan
b. Waktu
penulisan
d. Kebenaran Logika
e.
Efisiensi
4. Sifat
penulisan program selain bersifat statis dan tidak fleksibel dan struktur
programnya selalu berubah seperti program animasi disebut :
a.Data
Oriented
b.Program
Oriented
c.
Terstruktur Oriented
d. OOP
e.Modular
programming
5. Di bawah
ini yang bukan standar penulisan instruksi yang baik dalam pembuatan program
adalah:
a. Hindari
pernyataan untuk Percabangan (IF statement) yang sangat rumit dan Nested Loop
(Loop di dalam Loop lain) yang berlebihan.
b.Gunakan
sebaris atau beberapa baris kosong sebagai pemisah
c.Hindari
penulisan “kurung buka dan tutup” dalam menulis suatu ekspresi Aritmatika atau
logika.
d.Awal dan
akhir statement dari sekumpulan statement ditulis pada kolom yang sama
e.Gunakan
kurung buka dan kurung tutup untuk operasi aritmatik
Pertemuan 3
1.
Mendapatkan pemahaman tentang permasalahan yang ada, sehingga akan diperoleh
asumsi yang benar sebelum membuat suatu program disebut :
a.
Definisi Masalah
d. Testing and Debugging
b. Desain
Algoritma
e. Pengkodean
c. Bahasa
Pemrograman
2. Menguji
program serta mengoreksi error yang terdeteksi disebut :
a. Definisi
Masalah
d. Testing and Debugging
b. Desain
Algoritma
e. Pengkodean
c. Bahasa
Pemrograman
3. Dibawah
ini yang bukan merupakan karakteristik seorang programmer yang baik adalah:
a. Mampu
menyusun algoritma dengan baik dan logis.
b. Memiliki
ketekunan dan ketelitian yang tinggi.
c.Menguasai
bahasa dan teknik penulisan program dengan baik.
d.
Tidak memerlukan kerjasama Tim
e. Tahan
dalam kondisi tertekan (Under Pressure)
4. Dalam menulis
program interaktif diperlukan di bawah ini, kecuali:
a. program
harus dapat mengecek setiap kemungkinan yang penting,
yang akan muncul pada data masukan (validasi).
b.
program tidak memerlukan validasi terhadap setiap data yang masuk
c. Buatlah
format masukan sesederhana mungkin
d. Berikan
pesan, apabila program memerlukan suatu waktu tunggu
e. Berikan
keterangan/pesan bila user salah dalam input data
5.
Menentukan kebutuhan spesifikasi fungsi, kemampuan dan fasilitas program yang
akan dibuat, disebut :
a.Definisi
masalah
b.Analisis
kebutuhan
c. Desain
Algoritma
d. Testing dan Debugging
e. Semua
benar
Pertemuan 4.
1. Pada tipe
data terstruktur terdapat tipe data berindeks yang terdiri dari satu atau lebih
elemen/komponen yang memiliki tipe data yang sama, adalah:
a.
record
c. Array
b.
Struct
d. Statement
e. Linklist
2. Tipe data
ini digunakan untuk merepresentasikan kumpulan (set) elemen/komponen yang
memiliki satu jenis atau lebih tipe data, adalah:
a.
record
c. Array
b.
Struct
d. Linklist
e.
a, b, dan d benar
3. Dibawah
ini yang bukan merupakan Simple Statement, adalah :
a.
Assignment
Statement
b. Iteration Statement
c.
Function/Procedure statement
d. Jump Statement
e. Penugasan
4. Statement
yang digunakan untuk melakukan perulangan sekumpulan statement, adalah :
a.Assignment
Statement
b.Iteration Statement
c.Function/Procedure
statement
d. Jump Statement
e. Penugasan
5.
Jangkauan nilai dari 0 sampai dengan 255 adalah tipe :
a.
Booelan
b. String
c.
Integer
d. Real
e. Byte
Pertemuan 5.
1.Diagram
alir yang menggambarkan suatu sistem peralatan komputer yang digunakan dalam
proses pengolahan data serta hubungan antar peralatan tersebut, adalah:
a.
Sistem Flowchart
b. Application Flowchart
c.
Program
Flowchart
d. Paket Flowchart
e.
UML
2. Simbol
flowchart yang menggambarkan Keyboard adalah: Gambar B
3. Simbol
flowchart yang menggambarkan proses adalah: Gambar D
4. Simbol
flowchart yang menggambarkan pengujian pada program adalah: Gambar A
5. Simbol
flowchart yang menggambarkan konektor satu halaman adalah: Gambar D
Pertemuan 6.
1.Dibawah
ini Bahasa pemrograman yang dapat menghasilkan file EXECUTABLE adalah,
kecuali:
a.
PASCAL
d. VISUAL BASIC
b.
BASIC
e.
DELPHI
c. C
2.Menterjemahkan
instruksi-instruksi dalam satu kesatuan modul ke dalam bahasa mesin sehingga
dihasilkan suatu file executable, adalah penterjemah bahasa pemrograman, yaitu:
a.
Assembler
d. Compiler
b.
Interpreter
e. Debugging
c. Profiling
3.
Z = ( 10 / 0 ) adalah contoh dari kesalahan program:
a.
Syntax
error
d. Simantic error
b.
Runtime error
e. Leksikal error
c. Logic
error
4.Akar minus
(bilangan negatif) adalah contoh dari kesalahan program:
a.
Syntax
error
d. Simantic
error
b.
Runtime error
e. Leksikal error
c. Logic
error
5.Output
potongan program dibawah ini adalah
: I
= 0
While
I <= 10 DO { if ((I mod 2)==0)
{ cout << I << “
“; I =
I + 1;
}
}
a.
0 2 4 6 8
10
d. 0 1 3 5 7 9
b. 2 4
6 8
10
e. 0 2 4 6 8
c.
1 3 5 7 9
Tidak ada komentar:
Posting Komentar