Selasa, 14 November 2017

Soal & Jawaban UAS Interaksi Manusia Komputer Semester 3 2016

AMIK BSI PONTIANAK



1.         Dibawah ini merupakan bagian dari program aplikasi adalah :
            a. Bagian desain                                  d. Bagian Syntax
            b. Bagian Program                  e. Bagian Antarmuka
            c. Bagian Listing

2.         Yang termasuk Media antarmuka manusia dan komputer  adalah :
            a. Media GUI                                     d. Media Tekstur
            b. Media Window                   e. Media Gambar
            c. Media Konvensional

            3.         Program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas, misalnya membuat dokumen, manipulasi photo dan membuat laporan disebut  :
            a. Piranti bantu mesin 
            b. Piranti bantu aplikasi
            c. Piranti bantu hardware
            d. Piranti bantu brainware
            e. Piranti bantu user interface

4.         Yang merupakan hardware Output pada sistem komputer adalah :
            a. Monitor                                          d. Keyboard
            b. Hardisk                                           e. Mouse
            c. RAM

5. Software yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugasnya disebut :
            a. Application Software       
            b. System Software                 
            c. Operational Software
            d. Interaction Software
            e. Organitation Software

6. Yang merupakan karakteristik ragam dialog adalah :
            a. Inisiatif                                            d. Kompleksitas
            b. Keluwesan                          e. Kekuatan
            c. Konsistensi

7. Ragam dialog yang dikemas sejumlah perintah ke dalam suatu bentuk berkas berupa batch file adalah :
            a. Command Line Dialogue
            b. Programming Language Dialogue
            c. Natural Language Interface
            d. Form Filling Dialogue
            e. Windowing System

8. Penyajian langsung aktifitas kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada pada layar komputer merupakan pengertian :
            a. Non Homogen                     d.  Jendela TTY
            b. Manipulasi Data                  e.  Windows
            c. Manipulasi Langsung

9. Yang merupakan ragam dialog dalam sistem menu  
            adalah  :
            a. Sistem menu pilihan                        d. Sistem menu horizontal
            b. Sistem menu window                     e. Sistem menu vertical
            c. Sistem menu datar
                                     
10.       User mendapatkan dampaknya dengan segera setelah melakukan suatu aksi, pada prinsip desain antar muka sering disebut :
             a. Implied actions                   d. User Control          
            b. Direct Manipulation                       e. Consistency
            c. Explicit actions
                         
11.       WYSIWYG dalam prinsip desain antar muka merupakan singkatan dari :
            a. What You See Is What You Get
            b. Who You See Is What You Get
            c. What You See Is Where You Get
            d. Where You See Is What You Get
            e. Who You See Is Who You Get

12.       User dapat mentransfer pengetahuan dan kemampuan dari suatu aplikasi ke aplikasi lain pada prinsip desain antar muka sering disebut :
            a. Implied actions                    d. User Control
            b. Direct Manipulation                        e. Consistency
            c. Explicit actions         

13.       Salah satu Model Aplikasi dalam mendesain sebuah layout, adalah  :
            a. Berbasis Web                     d. Berbasis GUI          
            b. Berbasis Aplikasi                e. Berbasis Text
            c. Berbasis Dokumen

            




14. Gambar diatas merupakan contoh model aplikasi :
            a. Berbasis Dokumen              d. GUI
            b. Berbasis Non Dokumen      e. Berbasis Teks           
            c. Layout Utilitas

15. Gambar dibawah ini merupakan jenis keyboard : 








a. Keyboard Dvorak            d. Keyboard Klockenberg
b. Keyboard QWERTY          e. Keyboard Numeric
c. Keyboard Alphabetik

16. Bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik disebut :
            a. Media GUI              c. Media Grafik            e. Media Interaktif
            b. User Interface         d. Media Tekstual

17.       Untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman ketika berinteraksi dengan komputer ketika berhubungan dengan aspek fisik dapat diperoleh dengan mempelajari ilmu :
            a. Ergonomik                         d. Sosiologi
            b. Psikologi                             e. Linguistik
            c. Antropologi

18.       Yang merupakan aspek perangkat lunak dari sistem komputer adalah
            a. Operator                              d. Operating System
            b. Hardisk                               e. Random Acces Memory
            c. Mouse

19.       Tanggapan subjektif pada cahaya disebut :
            a. Luminas                              d. Sudut Penglihatan
            b. Kontras                               e. Medan Penglihatan
            c. Kecerahan

20.       Pada aspek pendengaran, telinga manusia tidak akan mendengar suara dengan frekuensi :
            a. Kurang dari 24 Db              d. Kurang dari 20 dB
            b. Kurang dari 140 dB                        e. Kurang dari 20 bD
            c. Kurang dari 20 Hertz
21. Software harus mempunyai antarmuka yang user friendly merupakan salah satu ciri dari software yang baik, yaitu :
            a. High Performance               d. Reliability
            b. Mudah digunakan               e. Mobility
            c. Penampilan yang baik

22. Dialog yang menampilkan daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas disebut :
            a. Antarmuka berbasis ikon     d. Sistem Menu         
            b. Antarmuka berbasis teks     e. Sistem Penjendelaan          
            c. Antarmuka GUI
                                     
23. Software AutoCAD merupakan salah satu contoh software penerapan manipulasi langsung dalam hal :
            a. Kontrol Proses                                                         d. Window
            b. Editor Teks                                                             e. Simulator
            c. Perancangan Bentuk/model

24. Pesan peringatan yang muncul di layar ketika user akan menghapus sebuah file merupakan salah satu contoh prinsip–prinsip desain antarmuka yaitu :
            a. Implied Actions                                                        d. User Control
            b. Direct Manipulation                                               e. Consistency
            c. Feedback and Communication

25.       Tombol F1 sampai tombol F12 pada keyboard termasuk kedalam kelompok :
            a. Tombol Fungsi (function key)
            b. Tombol Alphanumerik (alphanumeric key)
            c. Tombol Kontrol (control key)
            d. Tombol Numerik (numeric key)
            e. Tombol Nomor (Number key)
26.       Jumlah kerja yang dapat dilakukan oleh sistem untuk setiap perintah yang diberikan oleh pengguna merupakan sifat ragam dialog yaitu :
            a. Inisiatif                                            d. Kekuatan
            b. Keluwesan                          e. Beban Informasi
            c. Kompleksitas

27. Kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh suatu program aplikasi akan ditampilkan secara lengkap, dan biasanya menggunakan kalimat-kalimat yang cukup panjang adalah ciri-ciri ragam dialog :
            a. Sistem Menu tarik                         d. Menu Vertical
            b. Sistem menu datar                          e. Menu Pulldown
            c. Sistem menu horizontal

28. Sistem miniatur yang mencoba menirukan kerja suatu sistem yang berskala besar yang dilihat dari kacamata orang awam merupakan contoh penerapan dari manipulasi langsung, yaitu :
            a. Kontrol Proses                                                         d. Window
            b. Editor Teks                                                             e. Simulator
            c. Perancangan Bentuk/model

29.       Apa yang tercetak di printer merupakan informasi yang terkumpul dari data-data yang terlihat di layar monitor merupakan salah satu contoh prinsip–prinsip desain antarmuka yaitu :
            a. Implied Actions                                            d. User Control
            b. Direct Manipulation                                 e. WYSIWYG
            c. Explicit actions

30. Tidak perlu waktu lama untuk belajar menggunakan software tersebut, merupakan salah satu ciri dari software yang baik, yaitu :
            a. High Performance                                      d. Reliability
            b. Mobility                                                      e. Mudah digunakan
            c. Penampilan yang baik 

1. Dibawah ini yang termasuk bagian dari program aplikasi
    adalah :
    a. Bagian Desain                             d. Bagian Syntax
    b. Bagian Program              e. Bagian Antarmuka
    c. Bagian Listing
2. Yang termasuk Media antarmuka manusia dan komputer
    adalah :
    a. Media GUI                                 d. Media Tekstur
    b. Media Window               e. Media Gambar
    c. Media Konvensional
3. Dibawah ini adalah aspek-aspek dalam sistem komputer,
    kecuali :
    a. Aspek Perangkat Keras   d. Aspek Hardware
    b. Aspek Perangkat Lunak e. Aspek User Interface
    c. Aspek Manusia
           
4. Contoh antarmuka manusia dengan komputer berbentuk
    grafis menggunakan pemrograman visual adalah :
    a. Pascal                                                      d. Visual Basic
    b. Pemrograman C++                                  e. c dan d benar
    c. COBOL
5. Pada dasarnya seluruh warna yang ada bermula dari
    primer, yang disebut dengan warna primer adalah :
    a. Merah,Hijau, Hitam                    d. Hitam, Biru, merah
    b. Merah, Hijau, Biru                   e. Putih, Hitam, Hijau
    c. Putih, Hitam, Merah
6. Bidang ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh manusia disebut :
    a. Antropometrik             
    b. Pencahayaan                  
    c. Suhu dan Kualitas Udara
    d. Gangguan Suara
    e. Kebiasaan dalam Bekerja
7. Dibawah ini adalah komponen antar muka grafis, kecuali :
    a. Tombol Button                                      d. Text Box    
    b. Spin Box                                                 e. Tombol Radio
    c. List Box
8. Digunakan untuk menampilkan sejumlah pilihan yang tidak akan terlihat sampai pengguna program  menekan tombol kontrol, adalah :
    a. Spin Box                         d. Tombol Radio                   
    b. Check Box                                  e. Label Box              
    c. Combo Box
9. Sebuah window mendapat focus karena diklik oleh user,disebut :
    a. Keyboard focus                           d. Enter focus
    b. Point to focus                                          e. Keypress focus
    c. Click to focus
10. Merupakan segala bentuk kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk, jasa dan informasi yang  dilakukan secara elektronis disebut :
      a. Bisnis                                                     d. E- business
      b. Intranet                                                 e. E- Commerce
      c. Internet
11. Listing Object Circle [step](x,y), Radius,  [Color,start,end,aspect] digunakan untuk membuat :
      a. Kotak                                                    d. Lingkaran
      b. Oval                                                      e. Garis Lurus
      c. Persegi
12. Pemrograman grafis pada sistem operasi Windows selalu  menggunakan antar muka yang disebut
      a. IGD (Interface Graphics Device)
      b. DGI (Device Graphics Interface)
      c. GDI (Graphics Device Interface)
      d. IDG (Interface Device Graphics)
      e. Salah Semua
13. Pekerjaan yang lebih banyak bekerja dengan program dan pengolahan kata adalah :
      a. Pemasukan Data.                       d. Pekerjaan Interaktif.
      b. Akuisisi Data                            e. Benar Semua
      c. Pengolahan Kata
14. Kebiasaan bekerja dapat mempengaruhi kinerja ketika  bekerja dengan menggunakan layar tampilan. Merupakan  aspek ergonomik dalam bidang :
      a. Antropometrik                           d. Gangguan Suara
      b. Kebiasaan dalam Bekerja      e. Pencahayaan
      c. Suhu dan Kualitas Udara
15. Aspek keamanan dan kenyamanan kerja ketika meng gunakan stasiun kerja dapat dipengaruhi oleh kondisi umum kesehatan, yaitu :
      a. Radang persendian                 d. Darah tinggi Stress
      b. Penyakit gula                            e. Benar Semua
      c. Berat badan yang berlebihan
16. Mempunyai sebuah border, sebuah menu bar, dan sebuah status bar, dan mungkin juga mempunyai satu atau lebih  toolbar adalah :                       
      a. Normal Primary                                  d. Dialog Commands
      b. Primary Window                                   e. Program Window    c. Window Commands          
17. Kita dapat mempunyai email secara gratis dari,kecuali :
      a. Hotmail.com                                          d. Plasa.com
      b. Bloger.com                                            e. Gmail.com
      c. Yahoo.co.id
18. Keuntungan menjadi anggota Mailling List, kecuali :
      a. Dapat Bertanya suatu hal
      b. Memberikan saran atas pertanyaan        
      c. Memberikan suatu informasi
      d. Dapat bertukar informasi
      e. Mendapatkan website gratis                                                 
19. Beberapa ISP di Indonesia  adalah :
      a.Telkom                          d. WasantaraNET
      b. INDO.NET,                  e. Semua benar
      c. IndosatNET
20. Syarat agar komputer kita dapat koneksi dengan internet,kecuali :
      a. Mempunyai modem
      b. Memilih paket yang ditawarkan ISP 
      c. Memory komputer yang cukup
      d. Adanya fasilitas Browser
      e. Mempunyai protocol TCP/IP
21. Merupakan letak dari objek gambar di monitor, disebut :
      a. Program                                     d. Animasi
      b. Windows                                   e. Aplikasi
      c. Sistem Koordinat
22. Pada sistem pewarnaan, RGB(0, 0, 0),akan menghasilkan  warna, yaitu :
      a. Merah                                       d. Hijau            
      b. Hitam                                      e. Kuning                   
      c. Putih
23. Letak pengontrol udara harus diatur sempurna agar arah aliran udara tidak langsung mengenai user, adalah :
      a. Pengukuran dan Antropometrik
      b. Aspek Ergonomik dari stasiun kerja
      c. Pencahayaan
      d. Suhu dan Kualitas Udara
      e. Gangguan Suara
24. Tombol radio terdiri dari dua bagian, yaitu :
      a. Tombol Scrollbar dan Tombol Menu
      b. Tombol pengendali dan Label sebagai atribut tombol
      c. Tombol button dan Tombol Scrollbar
      d. Tombol pengendali an Tombol Menu
      e. Tombol Label dan Tombol Scrollbar
25. Sebuah perangkat lunak / perangkat keras yang mengatur            akses seseorang kedalam intranet disebut :
       a. Firewall           d. IP Adress
       b. Browser          e. ISP
       c. Telnet
26. Melakukan konfirmasi ketika user ingin menghapus datanya atau melakukan aktivitas yang akan menimbulkan resiko adalah :
      a. Preferences Window     d. Authentication Alerts
      b. Property Window                     e. Save Authentication Alerts
      c. Confirmation Alerts
27. Web yang melibatkan kode-kode lain selain HTML seperti  PHP dan lain-lain disebut :
      a. Web Blog                                  d.Web Statis
      b. Website                                     e. Web Dinamis
      c. Web Page                                 
28. Beberapa keuntungan penggunaan intranet bagi suatu  organisasi atau perusahaan antara lain, kecuali :
      a.   Produktifitas kerja
      b.   Efisiensi waktu
      c.   Mahalnya biaya yang dikeluarkan
      d.   Meningkatkan kerjasama
      e.   Dapat berbagi informasi
29. Dimana konsumen akhir bertindak sebagai penjual  sedangkan perusahaan bertindak sebagai pembeli dan  aktivitas ini dilakukan secara elektronis, disebut :
      a. Business to Business (B2B)
      b. Business to Consumer (B2C)
      c. Consumer to Consumer (C2C)
      d. Consumer to Business (C2B
      e. Business Business Consumer (BBC)
30. Sebuah situs yang menawarkan hubungan kepada  konsumen ke web lain dan atas jasa ini web yang
      menghubungkan ke web lain akan mendapatkan komisi, disebut :
      a. Agen Pembelanjaan                   d. M-Commerce
      b. Penjual Bersindikat                               e. E-Commerce 
      c. Makelar Bisnis ke Bisnis   

1.  Berikut ini adalah contoh implementasi perancangan  interface yang sesuai
dengan konsep yang dirintis oleh Ben Shneiderman, kecuali ……………..
A.  Adanya pointing dengan mouse       C.  Aplikasi Touch-screen
B.  Teknologi surface computing             D.  Teknologi Teleimmersion

2.  Pembuatan prototype suatu sistem merupakan implementasi dari konsep ……….
A.  Deductive reasoning    C.  Inductive reasoning
B.  Abductive reasoning    D.  Trial and error

3.  Berikut ini adalah contoh penerapan beberapa gaya interaksi antara user
dengan sistem, kecuali ……………….
A.  Speech recognition            C.  Tool box pada aplikasi grafis
B.  XML pada web-services D.  Hyperlink di web

4.  Contoh langkah antisipasi untuk meminimalisir kesalahan (mistake) user dalam
berinteraksi dengan sistem adalah dengan …………….
A.  Memberi jarak antar icon
B.  Memilih ukuran toolbar yang nyaman untuk dilihat
C.  Memilih kontras warna yang jelas pada button
D.  Membuat manual dan help dari sistem
5. Pada dasarnya seluruh warna yang ada bermula dari
    primer, yang disebut dengan warna primer adalah :
    a. Merah,Hijau, Hitam                    d. Hitam, Biru, merah
    b. Merah, Hijau, Biru                   e. Putih, Hitam, Hijau
    c. Putih, Hitam, Merah

6. Bidang ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh manusia disebut :
    a. Antropometrik             
    b. Pencahayaan                  
    c. Suhu dan Kualitas Udara
    d. Gangguan Suara
    e. Kebiasaan dalam Bekerja

7. Dibawah ini adalah komponen antar muka grafis, kecuali :
    a. Tombol Button                                      d. Text Box    
    b. Spin Box                                                 e. Tombol Radio
    c. List Box

8. Digunakan untuk menampilkan sejumlah pilihan yang tidak akan terlihat sampai pengguna program  menekan tombol kontrol, adalah :
    a. Spin Box                         d. Tombol Radio                   
    b. Check Box                                  e. Label Box              
    c. Combo Box

9. Sebuah window mendapat focus karena diklik oleh user,disebut :
    a. Keyboard focus                           d. Enter focus
    b. Point to focus                                          e. Keypress focus
    c. Click to focus

10. Merupakan segala bentuk kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk, jasa dan informasi yang  dilakukan secara elektronis disebut :
      a. Bisnis                                                     d. E- business
      b. Intranet                                                 e. E- Commerce
      c. Internet

11. Listing Object Circle [step](x,y), Radius,  [Color,start,end,aspect] digunakan untuk membuat :
      a. Kotak                                                    d. Lingkaran
      b. Oval                                                      e. Garis Lurus
      c. Persegi

12. Pemrograman grafis pada sistem operasi Windows selalu  menggunakan antar muka yang disebut
      a. IGD (Interface Graphics Device)
      b. DGI (Device Graphics Interface)
      c. GDI (Graphics Device Interface)
      d. IDG (Interface Device Graphics)
      e. Salah Semua

13. Pekerjaan yang lebih banyak bekerja dengan program dan pengolahan kata adalah :
      a. Pemasukan Data.                       d. Pekerjaan Interaktif.
      b. Akuisisi Data                            e. Benar Semua
      c. Pengolahan Kata

14. Kebiasaan bekerja dapat mempengaruhi kinerja ketika  bekerja dengan menggunakan layar tampilan. Merupakan  aspek ergonomik dalam bidang :
      a. Antropometrik                           d. Gangguan Suara
      b. Kebiasaan dalam Bekerja      e. Pencahayaan
      c. Suhu dan Kualitas Udara

15. Aspek keamanan dan kenyamanan kerja ketika meng gunakan stasiun kerja dapat dipengaruhi oleh kondisi umum kesehatan, yaitu :
      a. Radang persendian                 d. Darah tinggi Stress
      b. Penyakit gula                            e. Benar Semua
      c. Berat badan yang berlebihan

16. Mempunyai sebuah border, sebuah menu bar, dan sebuah status bar, dan mungkin juga mempunyai satu atau lebih  toolbar adalah :                       
      a. Normal Primary                                  d. Dialog Commands
      b. Primary Window                                   e. Program Window
      c. Window Commands    

17. Keuntungan menjadi anggota Mailling List, kecuali :
      a. Dapat Bertanya suatu hal
      b. Memberikan saran atas pertanyaan        
      c. Memberikan suatu informasi
      d. Dapat bertukar informasi
      e. Mendapatkan website gratis
                                 
18. Beberapa ISP di Indonesia  adalah :
      a.Telkom                          d. WasantaraNET
      b. INDO.NET,                  e. Semua benar
      c. IndosatNET

19. Syarat agar komputer kita dapat koneksi dengan internet,kecuali :
      a. Mempunyai modem
      b. Memilih paket yang ditawarkan ISP 
      c. Memory komputer yang cukup
      d. Adanya fasilitas Browser
      e. Mempunyai protocol TCP/IP

20. Merupakan letak dari objek gambar di monitor, disebut :
      a. Program                                     d. Animasi
      b. Windows                                   e. Aplikasi
      c. Sistem Koordinat

21. Pada sistem pewarnaan, RGB(0, 0, 0),akan menghasilkan  warna, yaitu :
      a. Merah                                       d. Hijau            
      b. Hitam                                       e. Kuning                   
      c. Putih

22. Letak pengontrol udara harus diatur sempurna agar arah aliran udara tidak langsung mengenai user, adalah :
      a. Pengukuran dan Antropometrik
      b. Aspek Ergonomik dari stasiun kerja
      c. Pencahayaan
      d. Suhu dan Kualitas Udara
      e. Gangguan Suara

23. Tombol radio terdiri dari dua bagian, yaitu :
      a. Tombol Scrollbar dan Tombol Menu
      b. Tombol pengendali dan Label sebagai atribut tombol
      c. Tombol button dan Tombol Scrollbar
      d. Tombol pengendali an Tombol Menu
      e. Tombol Label dan Tombol Scrollbar

24. Sebuah perangkat lunak / perangkat keras yang mengatur akses seseorang kedalam intranet disebut :
       a. Firewall            d. IP Adress
       b. Browser           e. ISP
       c. Telnet

25. Melakukan konfirmasi ketika user ingin menghapus datanya atau melakukan aktivitas yang akan menimbulkan resiko adalah :
      a. Preferences Window     d. Authentication Alerts
      b. Property Window                     e. Save Authentication Alerts
      c. Confirmation Alerts

26. Web yang melibatkan kode-kode lain selain HTML seperti  PHP dan lain-lain disebut :
      a. Web Blog                                  d.Web Statis
      b. Website                                     e. Web Dinamis
      c. Web Page 
                                
27. Beberapa keuntungan penggunaan intranet bagi suatu  organisasi atau perusahaan antara lain, kecuali :
      a.   Produktifitas kerja
      b.   Efisiensi waktu
      c.   Mahalnya biaya yang dikeluarkan
      d.   Meningkatkan kerjasama
      e.   Dapat berbagi informasi

28. Dimana konsumen akhir bertindak sebagai penjual  sedangkan perusahaan bertindak sebagai pembeli dan  aktivitas ini dilakukan secara elektronis, disebut :
      a. Business to Business (B2B)
      b. Business to Consumer (B2C)
      c. Consumer to Consumer (C2C)
      d. Consumer to Business (C2B
      e. Business Business Consumer (BBC)

29. Sebuah situs yang menawarkan hubungan kepada  konsumen ke web lain dan atas jasa ini web yang menghubungkan ke web lain akan mendapatkan komisi, disebut :
      a. Agen Pembelanjaan                   d. M-Commerce
      b. Penjual Bersindikat                   e. E-Commerce 
      c. Makelar Bisnis ke Bisnis

SOAL PILIHAN GANDA

1.  Berikut ini adalah contoh implementasi perancangan  interface yang sesuai
     dengan konsep yang dirintis oleh Ben Shneiderman, kecuali
 A.  Adanya pointing dengan mouse       C.  Aplikasi Touch-screen
 B.  Teknologi surface computing           D.  Teknologi Teleimmersion

2.  Pembuatan prototype suatu sistem merupakan implementasi dari konsep
A.  Deductive reasoning    C.  Inductive reasoning
B.  Abductive reasoning    D.  Trial and error

3.  Berikut ini adalah contoh penerapan beberapa gaya interaksi antara user
dengan sistem, kecuali
A.  Speech recognition            C.  Tool box pada aplikasi grafis
B.  XML pada web-services D.  Hyperlink di web

4.  Contoh langkah antisipasi untuk meminimalisir kesalahan (mistake) user dalam
berinteraksi dengan sistem adalah dengan
A.  Memberi jarak antar icon
B.  Memilih ukuran toolbar yang nyaman untuk dilihat
C.  Memilih kontras warna yang jelas pada button
D.  Membuat manual dan help dari sistem

5. Pada dasarnya seluruh warna yang ada bermula dari
    primer, yang disebut dengan warna primer adalah :
    a. Merah,Hijau, Hitam                    d. Hitam, Biru, merah
    b. Merah, Hijau, Biru                  
    c. Putih, Hitam, Merah

6. Bidang ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh manusia disebut :
    a. Antropometrik             
    b. Pencahayaan                  
    c. Suhu dan Kualitas Udara
    d. Gangguan Suara

7. Dibawah ini adalah komponen antar muka grafis, kecuali :
    a. Tombol Button                                      d. Text Box    
    b. Spin Box                                                
    c. List Box

8. Digunakan untuk menampilkan sejumlah pilihan yang tidak akan terlihat sampai pengguna program  menekan tombol kontrol, adalah :
    a. Spin Box                         d. Tombol Radio                   
    b. Check Box                                                         
    c. Combo Box

9. Sebuah window mendapat focus karena diklik oleh user,disebut :
    a. Keyboard focus                           d. Enter focus
    b. Point to focus                                         
    c. Click to focus

10. Merupakan segala bentuk kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk, jasa dan informasi yang  dilakukan secara elektronis disebut :
      a. Bisnis                                                     d. E- business
      b. Intranet                                                  
      c. Internet

11. Listing Object Circle [step](x,y), Radius,  [Color,start,end,aspect] digunakan untuk membuat :
      a. Kotak                                                    d. Lingkaran
      b. Oval                                                     
      c. Persegi

12. Pemrograman grafis pada sistem operasi Windows selalu  menggunakan antar muka yang disebut
      a. IGD (Interface Graphics Device)
      b. DGI (Device Graphics Interface)
      c. GDI (Graphics Device Interface)
      d. IDG (Interface Device Graphics)

13. Pekerjaan yang lebih banyak bekerja dengan program dan pengolahan kata adalah :
      a. Pemasukan Data.                       d. Pekerjaan Interaktif.
      b. Akuisisi Data                             
      c. Pengolahan Kata

14. Kebiasaan bekerja dapat mempengaruhi kinerja ketika  bekerja dengan menggunakan layar tampilan. Merupakan  aspek ergonomik dalam bidang :
      a. Antropometrik                           d. Gangguan Suara
      b. Kebiasaan dalam Bekerja       
      c. Suhu dan Kualitas Udara

15. Aspek keamanan dan kenyamanan kerja ketika meng gunakan stasiun kerja dapat dipengaruhi oleh kondisi umum kesehatan, yaitu :
      a. Radang persendian                 d. Darah tinggi Stress
      b. Penyakit gula                           
      c. Berat badan yang berlebihan

16. Mempunyai sebuah border, sebuah menu bar, dan sebuah status bar, dan mungkin juga mempunyai satu atau lebih  toolbar adalah :                       
      a. Normal Primary                                  d. Dialog Commands
      b. Primary Window                                  
      c. Window Commands   
 
17. Keuntungan menjadi anggota Mailling List, kecuali :
      a. Dapat Bertanya suatu hal
      b. Memberikan saran atas pertanyaan        
      c. Memberikan suatu informasi
      d. Mendapatkan website gratis                                    

18. Beberapa ISP di Indonesia  adalah :
      a.Telkom                          d. WasantaraNET
      b. INDO.NET,                   
      c. IndosatNET

19. Syarat agar komputer kita dapat koneksi dengan internet,kecuali :
      a. Mempunyai modem
      b. Memilih paket yang ditawarkan ISP 
      c. Memory komputer yang cukup
      d. Adanya fasilitas Browser

20. Merupakan letak dari objek gambar di monitor, disebut :
      a. Program                                     d. Animasi
      b. Windows                                  
      c. Sistem Koordinat

21. Pada sistem pewarnaan, RGB(0, 0, 0),akan menghasilkan  warna, yaitu :
      a. Merah                                      d. Hijau            
      b. Hitam                                                              
      c. Putih

22. Letak pengontrol udara harus diatur sempurna agar arah aliran udara tidak langsung mengenai user, adalah :
      a. Pengukuran dan Antropometrik
      b. Aspek Ergonomik dari stasiun kerja
      c. Pencahayaan
      d. Suhu dan Kualitas Udara
      e. Gangguan Suara

23. Tombol radio terdiri dari dua bagian, yaitu :
      a. Tombol Scrollbar dan Tombol Menu
      b. Tombol pengendali dan Label sebagai atribut tombol
      c. Tombol button dan Tombol Scrollbar
      d. Tombol pengendali an Tombol Menu

24. Sebuah perangkat lunak / perangkat keras yang mengatur akses seseorang kedalam intranet disebut :
       a. Firewall                                    d. IP Adress
       b. Browser                                 
       c. Telnet

25. Melakukan konfirmasi ketika user ingin menghapus datanya atau melakukan aktivitas yang akan menimbulkan resiko adalah :
      a. Preferences Window                d. Authentication Alerts
      b. Property Window                    
      c. Confirmation Alerts

26. Web yang melibatkan kode-kode lain selain HTML seperti  PHP dan lain-lain disebut :
      a. Web Blog                                  d.Web Statis
      b. Website                                      
      c. Web Page   
                 
27. Beberapa keuntungan penggunaan intranet bagi suatu  organisasi atau perusahaan antara lain, kecuali :
      a.   Produktifitas kerja
      b.   Efisiensi waktu
      c.   Mahalnya biaya yang dikeluarkan
      d.   Meningkatkan kerjasama

28. Dimana konsumen akhir bertindak sebagai penjual  sedangkan perusahaan bertindak sebagai pembeli dan  aktivitas ini dilakukan secara elektronis, disebut :
      a. Business to Business (B2B)
      b. Business to Consumer (B2C)
      c. Consumer to Consumer (C2C)
      d. Consumer to Business (C2B

29. Sebuah situs yang menawarkan hubungan kepada  konsumen ke web lain dan atas jasa ini web yang
      menghubungkan ke web lain akan mendapatkan komisi, disebut :
      a. Agen Pembelanjaan
      b. Penjual Bersindikat                  
      c. Makelar Bisnis ke Bisnis
      d. M-Commerce

30.  Salah satu tujuan perancangan sistem adalah dimungkinkannya sistem untuk dioperasikan di berbagai lingkungan hardware & software. Hal ini dalam tujuan rekayasa sistem / system engineering goal adalah termasuk:
a.       standarisasi
b.      konsistensi
c.       integrasi
d.      portabilitas

31.  Dalam perancangan web yang baik, untuk teks yang menyampaikan isi (content) digunakan font yang sama di setiap halaman dengan warna & ukuran yang sama. Ini merupakan salah satu tujuan rekayasa sistem IMK yaitu:
a.       standarisasi
b.      tingkat kesalahan (error rate)
c.       integrasi
d.      konsistensi

32.  Berikut ini contoh sistem yang kritis bagi kehidupan (life critical system) kecuali:
a.       pembangkit listrik
b.      reaktor nuklir
c.       aplikasi perbankan
d.      kendali lalu lintas udara

33.  Pada 4 level pendekatan dari Foley & Van Dam, level yang berhubungan dengan model mental / kognitif pemakai & metafora adalah:
a.      conceptual level
b.      semantic level
c.       syntactic level
d.      lexical level

34.  IMK adalah bagian dari ilmu komputer, namun juga menerima sumbangan dari ilmu lain salah satunya yang mempelajari tubuh manusia, yaitu:
a.       ergonomis
b.      antropometri
c.       ekonomi
d.      antropologi

35.  Dalam perencanaan sistem menu, struktur berikut adalah yang terbaik:
a.      lebar (wide) & dangkal (shallow)
b.      lebar (wide) & dalam (deep)
c.       sempit (narrow) & dangkal (shallow)
d.      sempit (narrow) & dalam (deep)

36.  Andaikan anda diminta untuk membuat program ujian online dengan pilihan ganda, jenis menu apa yang akan anda gunakan untuk mempresentasikan pilihan?
a.       pop-up menu
b.      list box (extended menu)
c.       check box
d.      radio button

37.  Salah satu menu adalah embedded links dalam dokumen hypertext. Organisasi semantik dari links dalam suatu situs web biasanya berbentuk:
a.       single menu
b.      network (acyclic / cyclic)
c.       tree structure
d.      extended menu

38.  Salah satu fasilitas yang ditampilkan pada sistem manipulasi langsung adalah WYSIWYG yang maksudnya adalah:
a.       segala yang anda inginkan pasti anda dapatkan
b.      yang anda lihat pada demo akan anda peroleh setelah membeli software ini
c.       hasil cetakan akan sama seperti yang anda lihat pada layar
d.      anda dapat memperoleh hasil yang luar biasa & berkualitas tinggi dengan menggunakan software ini

39.  Sehubungan dengan motivasi bagi faktor-faktor manusia dalam perancangan, manakah dari pernyataan-pernyataan berikut yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang mengembangkan sistem pengendali lalu lintas udara:
a.       biaya perlu ditekan agar rendah, meski kehandalan sedikit dikorbankan
b.      waktu pelatihan yang lama tidak menjadi masalah asal kinerja pemakai cepat & bebas kesalahan
c.       perancangan sistem sulit, perancang harus membuat sistem transparan sehingga pemakai mudah terserap dalam bidang2 tugasnya
d.      kecepatan kinerja penting, tetapi kelelahan operator ditoleran

40.  Berikut adalah karakteristik dari knowledge intermittent user, kecuali:
a.       mengeri task concept & interface concept
b.      memerlukan umpan balik yang informati
c.       lebih membutuhkan online-help daripada online tutorial
d.      lebih menyukai rancangan interface yang sederhada & pilihan2 yang lebih sedikit


41.  Dalam perancangan antarmuka pemakai, apa yang dapat kita lakukan untuk dapat mengakomodasi expert frequent user?
a.       meningkatkan kepercayaan diri dengan memudahkan pemakai melakukan task sederhana
b.      sering memberikan pertanyaan & pesan2 berarti seperti “are you sure you want to exit this program?”
c.       perlu melindungi pemakai dari kemungkinan kesalahan karena coba2 menjelajah sendiri
d.      menyediakan shortcuts, singkatan2, makro agar tugas dapat diselesaikan dengan lebih cepat

42.  Ulasan pakar yang cukup formal telah terbukti efektif. Metode ulasan pakar di mana rancangan antarmuka dievaluasi berdasarkan prinsip-prinsip perancangan seperti 8 aturan emas perancangan antarmuka disebut:
a.       evaluasi heuristic
b.      ulasan kesesuaian dengan pedoman (guideline review)
c.       penelusuran kognitif
d.      pemeriksaan konsistensi

43.  Salah satu fasilitas yang umum dalam program-program email seperti MS outlook adalah addres book untuk menyimpan alamat-alamat penting. Dalam 8 golden rules perancangan dialog, hal ini termasuk:
a.       memberikan umpan balik yang informative
b.      mengurangi beban memori jangka pendek
c.       merancang dialog untuk menghasilkan keadaan akhir (sukses, selesai)
d.      mendukung internal locus of control

44.  Beberapa situs web seperti my.yahoo.com memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengatur informasi yang ditampilkan, dalam 8 aturan emas perancangan dialog hal ini termasuk:
a.       memberikan umpan balik yang informative
b.      mengurangi beban memori jangka pendek
c.       merancang dialog untuk menghasilkan keadaan akhir (sukses, selesai)
d.      mendukung internal locus of control

45.  Salah satu HTML editor memungkinkan user untuk tidak menghapalkan kode-kode HTML. User tinggal memilih kode yang diinginkan dari menu & editor akan secara otomatis menuliskan pasangan kode tersebut (contoh : & ). hal ini sesuai dengan metode pencegahan kesalahan:
a.       umpan balik yang informative
b.      membetulkan perintah
c.       membetulkan pasangan yang bersesuaian
d.      melengkapi urutan alur

46.  Salah satu fasilitas dalam web browser Netscape ataupun Firefox adalah bookmark yang memungkinkan user meloncat ke alamat yang diinginkan. Fasilitas seperti bookmark disebut:
a.      nama menu untuk akses langsug
b.      menu macro
c.       menu dengan tipe ahead
d.      complete sequence

47.  Pada sebuah program yang digunakan di rumah sakit, terdapat formulir pendaftaran pasien rawat inap. Judul terbaik bagi formulir tersebut adalah:
a.      pendaftaran pasien rawat inap baru
b.      pemasukan data pasien rawat inap baru
c.       pemasukan data pasien rawat inap baru ke dalam tabel pasien pada database
d.      penambahan data pasien rawat inap baru ke dalam database

48.  Kecepatan kinerja yang tinggi, tingkat kesalahan yang rendah, & kepuasan yang tinggi dapat dihasilkan jika:
a.       pemakai masih pemula sehingga tidak keberatan menunggu untuk waktu yang lama
b.      selalu ada hiburan yang menarik perhatian di setiap layer
c.       ada umpan balik yang jelas tentang kemajuan kearah solusi
d.      pemakai sabar & berlatarbelakang budaya yang cenderung lamba

49.  Perhatikan gambar sistem menu di bawah ini yang merupakan sistem menu untuk men-set options dalam M
Sistem menu tersebut termasuk:
a.       single menu
b.      linear menu
c.       tree structure menu
d.      multiple menu

50.  Tata Letak dvorak dirancang pada tahun
a.      1932
b.      1933
c.       1934
d.      1935

51.  Berikut adalah bidang studi yang berkaitan dengan IMK,Kecuali
a.      Ekonomi
b.      Ergonomi
c.       Antropologi
d.      Sosiologi

52.  … Aspek dasar yang berhubungan dengan ergonomic stasiun kerja
a.      4                                                           c.  2                                               
b.      3                                                           d.  1

53.  Kombinasi warna terbaik. Untuk latar belakang berwarna putih adalah
a.      Biru,hitam,merah
b.      Putih,kuning
c.       Kuning,cyan
d.      Magenta,pink,merah

54.  Berapa jenis ragam dialog yang ada didalam computer
a.       7
b.      8
c.       9
d.      10

55.  Ada Berapa jenis jenis mouse
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4

56.  Pada layar tampilan Composite Monochrome Monitor, tipe adapter yang tepat digunakan adalah
a.      MDA atau EGA
b.      CGA
c.       MCGA
d.      VGA atau SVGA

57.  Untuk membuat table sederhana, kita dapat menggunakan fasilitas ….
a. Insert Table                     d. Insert
b. Insert Diagram       
c. Insert Roster

58.  Di bawah ini adalah sub menu dari menu Format yang terdapat di dalam Ms. Word, kecuali ..
a. Paragraph
b. Columns
c. Change Case
d. Object

59. Shortcut Keys yang digunakan untuk masuk ke dalam menu Format adalah
a.       Alt + F
b.      Alt + O
c.       Alt + R
d.      Ctrl +Z

60.  Dalam pengetikan sebuah paragraf,huruf pertamanya dapat memakai font lebih dari satu baris, disebut ....
a.       numbering
b.      bullet
c.       shading
d.      drop cap

1. Dibawah ini yang termasuk bagian dari program aplikasi
    adalah :
    a. Bagian Desain                 d. Bagian Syntax
    b. Bagian Program              e. Bagian Antarmuka
    c. Bagian Listing

2. Yang termasuk Media antarmuka manusia dan komputer
    adalah :
    a. Media GUI                     d. Media Tekstur
    b. Media Window               e. Media Gambar
    c. Media Konvensional

3. Dibawah ini adalah aspek-aspek dalam sistem komputer,
    kecuali :
    a. Aspek Perangkat Keras   d. Aspek Hardware
    b. Aspek Perangkat Lunak e. Aspek User Interface
    c. Aspek Manusia
           
4. Contoh antarmuka manusia dengan komputer berbentuk
    grafis menggunakan pemrograman visual adalah :
    a. Pascal                                                      d. Visual Basic
    b. Pemrograman C++                                  e. c dan d benar
    c. COBOL

5. Pada dasarnya seluruh warna yang ada bermula dari
    primer, yang disebut dengan warna primer adalah :
    a. Merah,Hijau, Hitam                    d. Hitam, Biru, merah
    b. Merah, Hijau, Biru                   e. Putih, Hitam, Hijau
    c. Putih, Hitam, Merah

6. Bidang ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh manusia disebut :
    a. Antropometrik             
    b. Pencahayaan                  
    c. Suhu dan Kualitas Udara
    d. Gangguan Suara
    e. Kebiasaan dalam Bekerja

7. Dibawah ini adalah komponen antar muka grafis, kecuali :
    a. Tombol Button                                      d. Text Box    
    b. Spin Box                                                 e. Tombol Radio
    c. List Box

8. Digunakan untuk menampilkan sejumlah pilihan yang tidak akan terlihat sampai pengguna program  menekan tombol kontrol, adalah :
    a. Spin Box                         d. Tombol Radio                   
    b. Check Box                      e. Label Box              
    c. Combo Box

9. Sebuah window mendapat focus karena diklik oleh user,disebut :
    a. Keyboard focus                           d. Enter focus
    b. Point to focus                              e. Keypress focus
    c. Click to focus

10. Merupakan segala bentuk kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk, jasa dan informasi yang  dilakukan secara elektronis disebut :
      a. Bisnis                                         d. E- business
      b. Intranet                                       e. E- Commerce
      c. Internet

11. Listing Object Circle [step](x,y), Radius,  [Color,start,end,aspect] digunakan untuk membuat :
      a. Kotak                                                    d. Lingkaran
      b. Oval                                                      e. Garis Lurus
      c. Persegi

12. Pemrograman grafis pada sistem operasi Windows selalu  menggunakan antar muka yang disebut
      a. IGD (Interface Graphics Device)
      b. DGI (Device Graphics Interface)
      c. GDI (Graphics Device Interface)
      d. IDG (Interface Device Graphics)
      e. Salah Semua

13. Pekerjaan yang lebih banyak bekerja dengan program dan pengolahan kata adalah :
      a. Pemasukan Data.                       d. Pekerjaan Interaktif.
      b. Akuisisi Data                            e. Benar Semua
      c. Pengolahan Kata

14. Kebiasaan bekerja dapat mempengaruhi kinerja ketika  bekerja dengan menggunakan layar tampilan. Merupakan  aspek ergonomik dalam bidang :
      a. Antropometrik                           d. Gangguan Suara
      b. Kebiasaan dalam Bekerja      e. Pencahayaan
      c. Suhu dan Kualitas Udara

15. Aspek keamanan dan kenyamanan kerja ketika meng gunakan stasiun kerja dapat dipengaruhi oleh kondisi umum kesehatan, yaitu :
      a. Radang persendian                 d. Darah tinggi Stress
      b. Penyakit gula                            e. Benar Semua
      c. Berat badan yang berlebihan

16. Mempunyai sebuah border, sebuah menu bar, dan sebuah status bar, dan mungkin juga mempunyai satu atau lebih  toolbar adalah :                       
      a. Normal Primary                                  d. Dialog Commands
      b. Primary Window                                   e. Program Window
      c. Window Commands
           
17. Kita dapat mempunyai email secara gratis dari,kecuali :
      a. Hotmail.com                                          d. Plasa.com
      b. Bloger.com                                            e. Gmail.com
      c. Yahoo.co.id

18. Keuntungan menjadi anggota Mailling List, kecuali :
      a. Dapat Bertanya suatu hal
      b. Memberikan saran atas pertanyaan        
      c. Memberikan suatu informasi
      d. Dapat bertukar informasi
      e. Mendapatkan website gratis
                                               
19. Beberapa ISP di Indonesia  adalah :
      a.Telkom                          d. WasantaraNET
      b. INDO.NET,                  e. Semua benar
      c. IndosatNET

20. Syarat agar komputer kita dapat koneksi dengan internet,kecuali :
      a. Mempunyai modem
      b. Memilih paket yang ditawarkan ISP 
      c. Memory komputer yang cukup
      d. Adanya fasilitas Browser
      e. Mempunyai protocol TCP/IP

21. Merupakan letak dari objek gambar di monitor, disebut :
      a. Program                                     d. Animasi
      b. Windows                                   e. Aplikasi
      c. Sistem Koordinat

22. Pada sistem pewarnaan, RGB(0, 0, 0),akan menghasilkan  warna, yaitu :
      a. Merah                                      d. Hijau            
      b. Hitam                                       e. Kuning                   
      c. Putih

23. Letak pengontrol udara harus diatur sempurna agar arah aliran udara tidak langsung mengenai user, adalah :
      a. Pengukuran dan Antropometrik
      b. Aspek Ergonomik dari stasiun kerja
      c. Pencahayaan
      d. Suhu dan Kualitas Udara
      e. Gangguan Suara

24. Tombol radio terdiri dari dua bagian, yaitu :
      a. Tombol Scrollbar dan Tombol Menu
      b. Tombol pengendali dan Label sebagai atribut tombol
      c. Tombol button dan Tombol Scrollbar
      d. Tombol pengendali an Tombol Menu
      e. Tombol Label dan Tombol Scrollbar

25. Sebuah perangkat lunak / perangkat keras yang mengatur            akses seseorang kedalam intranet disebut :
a. Firewall                               d. IP Adress
b. Browser                             e. ISP
c. Telnet

26. Melakukan konfirmasi ketika user ingin menghapus datanya atau melakukan aktivitas yang akan menimbulkan resiko adalah :
      a. Preferences Window     d. Authentication Alerts
      b. Property Window         e. Save Authentication Alerts
      c. Confirmation Alerts

27. Web yang melibatkan kode-kode lain selain HTML seperti  PHP dan lain-lain disebut :
      a. Web Blog                                  d.Web Statis
      b. Website                                     e. Web Dinamis
      c. Web Page
                                   
28. Beberapa keuntungan penggunaan intranet bagi suatu  organisasi atau perusahaan antara lain, kecuali :
      a.   Produktifitas kerja
      b.   Efisiensi waktu
      c.   Mahalnya biaya yang dikeluarkan
      d.   Meningkatkan kerjasama
      e.   Dapat berbagi informasi

29. Dimana konsumen akhir bertindak sebagai penjual  sedangkan perusahaan bertindak sebagai pembeli dan  aktivitas ini dilakukan secara elektronis, disebut :
      a. Business to Business (B2B)
      b. Business to Consumer (B2C)
      c. Consumer to Consumer (C2C)
      d. Consumer to Business (C2B
      e. Business Business Consumer (BBC)

30. Sebuah situs yang menawarkan hubungan kepada  konsumen ke web lain dan atas jasa ini web yang
      menghubungkan ke web lain akan mendapatkan komisi, disebut :
      a. Agen Pembelanjaan                   d. M-Commerce
      b. Penjual Bersindikat                   e. E-Commerce 
      c. Makelar Bisnis ke Bisnis

1. Media yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer untuk memberikan suatu perintah kepada komputer adalah definisi dari...
a. Program
b. Aplikasi
c. Interface
d. Komputer
e. Salah Semua 
(Note: Jawaban yang benar Antarmuka Manusia dan Komputer)

2. Bagian yang berfungsi menghasilkan informasi berdasarkan pengolahan data yang sudah dimasukkan oleh pengguna lewat algoritma adalah definisi dari...
a. Program
b. Aplikasi
c. Interface
d. Input
e. Salah semua

3. Media bentuk sederhana dialog antara manusia dan komputer yang kurang menarik karena berisi teks adalah...
a. Media animasi
b. Media gambar
c. Media GUI
d. Media aplikasi
e. Media tekstual

4. Bahasa pemrograman dibawah ini yang masih berbentuk teks hasil outputnya adalah...
a. C++
b. Visual Foxpro
c. Delphi
d. Visual Basic
e. Macro Media Flash

5. Bahasa merupakan sarana komunikasi yang akan mengarahkan pengguna ketika ia berinteraksi dengan komputer adalah...
a. Ergonomik
b. Psikologi
c. Sosiologi
d. Linguistik
e. Antropologi

6. Di bawah ini adalah piranti (alat) ouput pada perangkat keras (hardware) yaitu...
a. Keyboard
b. Bar Code Reader
c. Scanner
d. Mouse
e. Monitor

7. Di bawah ini adalah piranti (alat) input pada perangkat keras (hardware) yaitu...
a. Monitor
b. Speaker audio
c. Keyboard
d. Printer
e. LCD

8. Sistem komputer terdiri dari tiga aspek, yaitu...
a. Hardware, Software, Aplikasi
b. Brainware, Hardware, Software
c. Hardware, Brainware, Aplikasi
d. Aplikasi, Software, Brainware
e. salah semua

9. Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat lunak program komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia (Brainware) disebut...
a. Hardware
b. Brainware
c. Komputer
d. Software
e. Sistem

10. Program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer seperti CPU dan Hardware masukan/keluaran adalah...
a. Ms-Windows
b. Ms-Excel
c. Ms-Access
d. Ms-Visual Basic
e. Ms-Visual Foxpro

11. Pada ragam dialog pengguna memberikan tanggapan atas prompt yang diberikan oleh komputer untuk memasukkan perintah atau parameter perintah disebut...
a. Inisiatif
b. Kompleksitas
c. Kekuatan
d. Keluwesan
e. Umpan balik

12. Pada ragam dialog pengguna mempunyai kesempatan melakukan customizing dan memperluas antarmuka dari sebuah sistem untuk memenuhi kebutuhan disebut...
a. Inisiatif
b. Kompleksitas
c. Kekuatan
d. Keluwesan
e. Umpan balik

13. Pada ragam dialog jika pengguna melakukan kesalahan komputasi, maka program akan menampilkan suatu pesan kesalahan, disebut...
a. Inisiatif
b. Kompleksitas
c. Kekuatan
d. Keluwesan
e. Umpan balik
14. Dialog dimana pengguna (user) dihadapkan ke suatu bentuk formulir di layar komputer berisi sejumlah pengisian data dan opsi (option) yang telah ditentukan adalh...
a. Form Filling Dialogue
b. Natural Language Interface
c. Programming Languange Dialogue
d. Dialogue Style
e. Command Line Dialogue

15. Beberapa perintah seperti DIR, COPY, FORMAT, PSSWD, WHO, VI, LS merupakan terdapat pada kategori ragam dialog...
a. Programming Languange Dialogue
b. Natural Languange Interface
c. Form Filling Dialogue
d. Command Line Dialogue
e. Salah semua

16. Kondisi yang jelas dalam memberikan petunjuk untuk manipulasi suatu objek pada prinsip desain interface disebut...
a. Implied actions
b. Explicit actions
c. User control
d. Aesthetic Integrity
e. Consistency

17. Mengijinkan user mengontrol dan menginisialisasi aksi pada prinsip desain interface disebut...
a. Implied actions
b. Explicit actions
c. User control
d. Aesthetic Integrity
e. Consistency

18. User dapat mentransfer pengetahuan dan kemampuan dari suatu aplikasi ke aplikasi lain pada prinsip desain interface disebut...
a. Implied actions
b. Explicit actions
c. User control
d. Aesthetic Integrity
e. Consistency

19. Tidak ada perbedaan antara yang dilihat di layar dengan hasil outputnya pada prinsip desain interface disebut...
a. Direct Manipulation
b. WYSIWYG
c. Aesthetic Integrity
d. Explicit actions
e. Implied actions

20. Model yang digunakan dalam mendesain layout adalah, kecuali...
a. Berbasis dokumen
b. Berbasisi non dokumen
c. Utilitas
d. Non utilitas
e. benar semua

21. Gambar di bawah ini adalah jenis keyboard...










a. Keyboard Dvorak
b. Keyboard QWERTY
c. Keyboard Alphabetik
    d. Keyboard Klockenberg
    e. Keyboard Stenotype

22. Gambar di bawah ini adalah jenis keyboard...

a. Keyboard Dvorak
b. Keyboard QWERTY
c. Keyboard Alphabetik
d. Keyboard Klockenberg
e. Keyboard Stenotype 

23. Di bawah ini adalah jenis piranti perangkat keras pengambilan gambar terformat, kecuali...
a. Bar Code Reader
b. Image Scanner
c. Magnetic Ink Character Recognation (MICR)
d. Optical Mark Recognation (OMR)
e. Optical Character Recognation (OCR)

24. Di bawah ini yang merupakan jenis piranti perangkat keras pengambil gambar tidak terformat adalah...
a. Bar Code Reader
b. Optical Character Recognation (OCR)
c. Magnetic Ink Character Recognation (MICR)
d. Optical Mark Recognation (OMR)
e. Image Scanner

25. Yang termasuk kelompok dalam tombol pada papan ketik adalah, kecuali...
a. Tombol Fungsi
b. Tombol Kontrol
c. Alfabet
d. Tombol Alphanumerik
e. Tombol Numeric

26. Pemilihan ragam dialog dipengaruhi, kecuali...
a. Karakteristik populasi pengguna
b. Tipe dialog yang diperlukan
c. Kendala teknologi
d. Struktur dari data
e. Semua benar

27. Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam perancangan antarmuka berbasisi teks, kecuali...
a. Ururtan penyajian
b. Kelonggaran
c. Pengelompokkan
d. Kesederhanaan
e. Kesesuaian dengan media

28. Untuk merancang program aplikasi spesial purpose software adalah...
a. User Centered Design
b. User Design Approach
c. Application Design Approach
d. Spesial Design Approach
e. Salah semua
(Note: Jawaban yang benar User Centered Design Approach)

29. Urutab pertama dalam perancangan tampilan adalah...
a. Perancangan format pesan
b. Perancangan struktur dialog
c. Pemilihan ragam dialog
d. Perancangan struktur data
e. Perancangan penanganan kesalahan

30. Pada perancangan program dimungkinkan program berhenti karena terjadi kesalahan yang disebut...
a. Error Program
b. Abnormal Terminator
c. Run Time Error
d. Syntax Error
e. Semua bena

Kisi-Kisi IMK

1. GUI singkatan dari
a. Graphical User Interface
b. Graphic Unit Interface
c. Graphical Unit Interface
d. Graphic User Interface
e. Grafical Uses Interface

2. Dibawah ini adalah contoh antarmuka manusia dengan komputer yang berbentuk grafis, kecuali :
a. Pascal                              d. Delphi
b. Visual Basic 6.0             e. Visual Basic.net
c. Visual Fox pro

3. Fungsi yang digunakan untuk membentuk garis terputus-putus dalam bentuk garis dan titik adalah :
a. Dash                        d. Dot
b. Dash-Dot    e. Transparant
c. Solid

4. Koordinat yang dipakai oleh peralatan fisik biasa disebut :
a. Koordinat Layar
b. Koordinat Logika
c. Koordinat Fisik
d. Koordinat Bayangan
e. Koordinat Titik

5. Koordinator fisik yang berasal dari pusat menuju ke kanan adalah :
a. sumbu “z” positif            d. sumbu “y” positif
b. sumbu “x” positif         e. sumbu “y” negatif
c. sumbu “x” negatif

7. Faktor yang berhubungan dengan kenyamanan kerja biasa disebut dengan :
a. Ergonomik                         d. Estetika
b. GUI                         e. Antronomik
c. Antropometrik

8. Aspek penting yang perlu dipertimbangkan yang berhubungan dengan kenyamanan kerja, kecuali
a. Aspek Ergonomik                           b. Pencahayaan
c. Kualitas udara                                 d. Jenis Komputer
e. Kebiasaan Dalam Bekerja

9. Suatu bidang ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh manusia
a. Ergonomik          b. Antropometrik
c. Statistik              d. Estetik
e. Antrometrik

10. Tipe pekerjaan yang perlu dipertimbangkan yang berhubungan dengan ergonomik adalah :
a. Pengolahan Informasi
b. Pengolahan data
c. Pekerjaan non interaktif
d. Perencanaan data
e. Pemasukkan data
11. Tujuan dari Antropometrik
a. Keseimbangan teori dengan yang sebenarnya
b. Menghasilkan GUI yang baik
c. Tampilan program yang bagus
d. Agar tidak terjadi kebosanan kerja
e. Supaya semangat dalam bekerja

12. Komponen antarmuka grafis yang digunakan untuk mengatur nilai suatu peubah, biasanya bertipe numerik, dengan menambah atau mengurangkannya dengan suatu nilai tertentu dan nilai maksimum dan minimum peubah dinyatakan dengan jelas adalah :
a. Spin Box d. Tombol tekan
b. List Box e. Combo Box
c. Label Box

13. Komponen antarmuka grafis yang digunakan untuk menampilkan sejumlah pilihan yang tersedia yang dapat dipilih oleh pengguna program. Biasanya pilihan yang dapat dipilih berupa pilihan tunggal, tetapi dalam kondisi tertentu juga dimungkinkan untuk membuat pilihan jamak (multiple choices) adalah :
a. Spin Box     d. Tombol tekan
b. List Box      e. Combo Box
c. Label Box

14. Komponen antarmuka grafis yang menampilkan pilihan tidak akan terlihat sampai pengguna menekan tombol kontrol dan juga dapat memasukkan pilihan yang mungkin tidak ada dalam daftar pilihan yang tersedia adalah :
a. Spin Box     d. Tombol tekan
b. List Box      e. Combo Box
c. Label Box

15. Sejumlah pilihan yang memungkinkan pengguna untuk memilih salah satu pilihan yang tersedia, pilihan tersebut dapat bernilai on atau off yang ditandai dengan tanda tertentu :
a. Tombol Tekan         d. Check Box
b. Tombol Radio       e. Combo Box
c. Tombol Label

16. Komponen antarmuka grafis yang digunakan untuk mengaktifkan suatu aktivitas apabila tombol tersebut ditekan menggunakan mouse (Click Mouse) adalah :
a. Spin Box d. Tombol tekan
b. List Box e. Combo Box
c. Radio Button

17. Jenis widow, kecuali
a. Document Window
b. Application Window
c. Utility Window
d. Dialogs and Alerts
e. Multiple Window 

18. Yang perlu diperhatikan dalam mendesain judul window:
a. Window tidak harus diberi Judul
b. Judul Window tidak harus relevan
c. Beri judul yang berbeda pada window yang dibuka
d. Berilah Font yang menarik
e. Judul window tidak harus unik

19. Ketentuan boleh tidaknya berinteraksi dari wondow satu ke window lain dalam satu aplikasi
a. Modality     b. Entity          c. Ergonomik              d. Flexiblelity              e. Focus

20. Yang perlu diperhatikan dalam mendesain window, kecuali
a. Desain Judul Window         b. Modality     c. Desain Border        
d. Warna Window    e. Focus

21. Mekanisme saat sebuah window mendapat focus karena dipilih user menggunakan shortcut keyboard
a. Click to focus          b. Point to focus          c. Keyboard focus     d. Enter focus
e. Mouse to focus

22. Bagian yang berfungsi menghasilkan informasi berdasarkan pengolahan data yang sudah dimasukan oleh pengguna lewat algoritma adalah definisi dari:
a. Program       d. Input
b. Aplikasi      e. Salah Semua
c. Interface

23.Media bentuk sederhana dialog antara manusia dan komputer yang kurang menarik karena berisi teks adalah adalah :
a.Media Animasi         d. Media Aplikasi
b.Media Gambar         e. Media Tekstual
c.Media GUI

24. Sistem komputer terdiri dari tiga aspek, yaitu :
a. Hardware, Software, Aplikasi
b. Brainware, Hardware, Software
c. Hardware, Brainware,Aplikasi
d. Aplikasi, Software, Brainware
e. Salah Semua

25. Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat lunak program komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia ( Brainware ). disebut :
a. Hardware    d. Software
b. Brainware    e. Sistem
c. Komputer

26. Pada ragam dialog pengguna memberikan tanggapan atas prompt yang berikan oleh komputer untuk memasukkan perintah atau parameter perintah disebut :
a. Inisiatif                   d. Keluwesan
b. Kompleksitas          e. Umpan Balik
c. Kekuatan

27. Pada ragam dialog pengguna mempunyai kesempatan melakukan customizing dan memperluas antarmuka dari sebuah sistem untuk memenuhi kebutuhan disebut :
a. Inisiatif                    d. Keluwesan
b. Kompleksitas          e. Umpan Balik
c. Kekuatan

28. Model yang digunakan dalam mendisain layout adalah, kecuali :
a. Berbasis Dokumen d. Non utilitas
b. Berbasis Non Dokumen e. Benar Semua
c. Utilitas

29. Kondisi yang jelas dalam memberikan petunjuk untuk manipulasi suatu obyek pada prinsip desain interface disebut :
a.Implied actions         d. Aesthetic Integrity
b .Explicit actions      e. Consistency
c. User Control

30. Dibawah ini yang merupakan jenis Piranti perangkat keras pengambilan gambar tidak terformat adalah :
a. Bar Code Reader
b. Optical Character Recognation (OCR)
c. Magnetic Ink Character Recognation (MICR)
d. Optical Mark Recognation (OMR)
e. Image Scanner

31. Yang termasuk kelompok dalam tombol pada papan ketik adalah, kecuali :
a. Tombol Fungsi        d. Tombol Alphanumerik
b. Tombol Kontrol      e. Tombol Numeric
c. Alfabet

1.  Berikut ini adalah contoh implementasi perancangan  interface yang sesuai
dengan konsep yang dirintis oleh Ben Shneiderman, kecuali ……………..
A.  Adanya pointing dengan mouse       C.  Aplikasi Touch-screen
B.  Teknologi surface computing             D.  Teknologi Teleimmersion

2.  Pembuatan prototype suatu sistem merupakan implementasi dari konsep ……….
A.  Deductive reasoning    C.  Inductive reasoning
B.  Abductive reasoning    D.  Trial and error

3.  Berikut ini adalah contoh penerapan beberapa gaya interaksi antara user
dengan sistem, kecuali ……………….
A.  Speech recognition            C.  Tool box pada aplikasi grafis
B.  XML pada web-services D.  Hyperlink di web

4.  Contoh langkah antisipasi untuk meminimalisir kesalahan (mistake) user dalam
berinteraksi dengan sistem adalah dengan …
A.  Memberi jarak antar icon
B.  Memilih ukuran toolbar yang nyaman untuk dilihat
C.  Memilih kontras warna yang jelas pada button
D.  Membuat manual dan help dari sistem
5. Pada dasarnya seluruh warna yang ada bermula dari
    primer, yang disebut dengan warna primer adalah :
    a. Merah,Hijau, Hitam                    d. Hitam, Biru, merah
    b. Merah, Hijau, Biru                   e. Putih, Hitam, Hijau
    c. Putih, Hitam, Merah

6. Bidang ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh manusia disebut :
    a. Antropometrik             
    b. Pencahayaan                  
    c. Suhu dan Kualitas Udara
    d. Gangguan Suara
    e. Kebiasaan dalam Bekerja

7. Dibawah ini adalah komponen antar muka grafis, kecuali :
    a. Tombol Button                                      d. Text Box    
    b. Spin Box                                                 e. Tombol Radio
    c. List Box

8. Digunakan untuk menampilkan sejumlah pilihan yang tidak akan terlihat sampai pengguna program  menekan tombol kontrol, adalah :
    a. Spin Box                         d. Tombol Radio                   
    b. Check Box                                  e. Label Box              
    c. Combo Box

9. Sebuah window mendapat focus karena diklik oleh user,disebut :
    a. Keyboard focus                           d. Enter focus
    b. Point to focus                              e. Keypress focus
    c. Click to focus

10. Merupakan segala bentuk kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk, jasa dan informasi yang  dilakukan secara elektronis disebut :
      a. Bisnis                                                    d. E- business
      b. Intranet                                                 e. E- Commerce
      c. Internet

11. Listing Object Circle [step](x,y), Radius,  [Color,start,end,aspect] digunakan untuk membuat :
      a. Kotak                                                    d. Lingkaran
      b. Oval                                                      e. Garis Lurus
      c. Persegi

12. Pemrograman grafis pada sistem operasi Windows selalu  menggunakan antar muka yang disebut
      a. IGD (Interface Graphics Device)
      b. DGI (Device Graphics Interface)
      c. GDI (Graphics Device Interface)
      d. IDG (Interface Device Graphics)
      e. Salah Semua

13. Pekerjaan yang lebih banyak bekerja dengan program dan pengolahan kata adalah :
      a. Pemasukan Data.                       d. Pekerjaan Interaktif.
      b. Akuisisi Data                            e. Benar Semua
      c. Pengolahan Kata

14. Kebiasaan bekerja dapat mempengaruhi kinerja ketika  bekerja dengan menggunakan layar tampilan. Merupakan  aspek ergonomik dalam bidang :
      a. Antropometrik                           d. Gangguan Suara
      b. Kebiasaan dalam Bekerja      e. Pencahayaan
      c. Suhu dan Kualitas Udara

15. Aspek keamanan dan kenyamanan kerja ketika meng gunakan stasiun kerja dapat dipengaruhi oleh kondisi umum kesehatan, yaitu :
      a. Radang persendian                 d. Darah tinggi Stress
      b. Penyakit gula                            e. Benar Semua
      c. Berat badan yang berlebihan

16. Mempunyai sebuah border, sebuah menu bar, dan sebuah status bar, dan mungkin juga mempunyai satu atau lebih  toolbar adalah :                       
      a. Normal Primary                                  d. Dialog Commands
      b. Primary Window                                   e. Program Window
      c. Window Commands
   
17. Keuntungan menjadi anggota Mailling List, kecuali :
      a. Dapat Bertanya suatu hal
      b. Memberikan saran atas pertanyaan        
      c. Memberikan suatu informasi
      d. Dapat bertukar informasi
      e. Mendapatkan website gratis
                                        
18. Beberapa ISP di Indonesia  adalah :
      a.Telkom                          d. WasantaraNET
      b. INDO.NET,                  e. Semua benar
      c. IndosatNET

19. Syarat agar komputer kita dapat koneksi dengan internet,kecuali :
      a. Mempunyai modem
      b. Memilih paket yang ditawarkan ISP 
      c. Memory komputer yang cukup
      d. Adanya fasilitas Browser
      e. Mempunyai protocol TCP/IP

20. Merupakan letak dari objek gambar di monitor, disebut :
      a. Program                                     d. Animasi
      b. Windows                                   e. Aplikasi
      c. Sistem Koordinat

21. Pada sistem pewarnaan, RGB(0, 0, 0),akan menghasilkan  warna, yaitu :
      a. Merah                                      d. Hijau            
      b. Hitam                                       e. Kuning                   
      c. Putih

22. Letak pengontrol udara harus diatur sempurna agar arah aliran udara tidak langsung mengenai user, adalah :
      a. Pengukuran dan Antropometrik
      b. Aspek Ergonomik dari stasiun kerja
      c. Pencahayaan
      d. Suhu dan Kualitas Udara
      e. Gangguan Suara

23. Tombol radio terdiri dari dua bagian, yaitu :
      a. Tombol Scrollbar dan Tombol Menu
      b. Tombol pengendali dan Label sebagai atribut tombol
      c. Tombol button dan Tombol Scrollbar
      d. Tombol pengendali an Tombol Menu
      e. Tombol Label dan Tombol Scrollbar

24. Sebuah perangkat lunak / perangkat keras yang mengatur            akses seseorang kedalam intranet disebut :
       a. Firewall                           d. IP Adress
       b. Browser                          e. ISP
       c. Telnet

25. Melakukan konfirmasi ketika user ingin menghapus datanya atau melakukan aktivitas yang akan menimbulkan resiko adalah :
      a. Preferences Window     d. Authentication Alerts
      b. Property Window          e. Save Authentication Alerts
      c. Confirmation Alerts

26. Web yang melibatkan kode-kode lain selain HTML seperti  PHP dan lain-lain disebut :
      a. Web Blog                                  d.Web Statis
      b. Website                                     e. Web Dinamis
      c. Web Page
                                
27. Beberapa keuntungan penggunaan intranet bagi suatu  organisasi atau perusahaan antara lain, kecuali :
      a.   Produktifitas kerja
      b.   Efisiensi waktu
      c.   Mahalnya biaya yang dikeluarkan
      d.   Meningkatkan kerjasama
      e.   Dapat berbagi informasi

28. Dimana konsumen akhir bertindak sebagai penjual  sedangkan perusahaan bertindak sebagai pembeli dan  aktivitas ini dilakukan secara elektronis, disebut :
      a. Business to Business (B2B)
      b. Business to Consumer (B2C)
      c. Consumer to Consumer (C2C)
      d. Consumer to Business (C2B
      e. Business Business Consumer (BBC)

29. Sebuah situs yang menawarkan hubungan kepada  konsumen ke web lain dan atas jasa ini web yang
      menghubungkan ke web lain akan mendapatkan komisi, disebut :
      a. Agen Pembelanjaan                   d. M-Commerce
      b. Penjual Bersindikat                    e. E-Commerce 
      c. Makelar Bisnis ke Bisnis  

KUNCI JAWABAN IMK 2016

1.   Program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas tugas ,misalnya membuat dokumen,manipulasi photo dan menbuat laporan disebut
A.  Piranti bantu mesin
B.   Piranti bantu brainware
C.   Piranti bantu user interface
D.  Piranti bantu hardware
E.   Piranti bantu aplikasi

2.   Setiap warna primer dinyatakan dengan bilangan bulat antara
A.  0 sampai dengan 522
B.   0 sampai dengan 252
C.   0 sampai dengan 255
D.  0 sampai dengan 225
E.   0 sampai dengan 525

3.   Listing program RGB(255,0,0)  akan menghasilkan warna
A.  Merah
B.   Hijau
C.   Hitam
D.  Blue
E.   Putih

4.   Merupakan faktor brainware dalam merancang antarmuka   adalah
A.  Warna
B.   Perkiraan
C.   Penglihatan
D.  Penulisan
E.   Pencahayaan

5.   Model warna pada windows bias menangani jumlah warna maksimal adalah
A.  16,8 juta warna
B.   17,8 juta warna
C.   15,8 juta warna
D.  13,8 juta warna
E.   14,8 juta warna

6.   Yang merupakan aspek perangkat lunak dalam system computer
A.  Printer
B.   Mouse
C.   Adobe photoshopt
D.  Monitor
E.   Keyboard

7.   System koordinatpada pemrograman windows terdiri dari dua yaitu koordinat
A.  Program dan fisik
B.   Logika dan program
C.   Logika dan structural
D.  Fisik dan logika
E.   Fisik dan structural

8. Penggunaan keyboard yang sesuai dengan bentuk lekuk tangan merupakan aspek ergonomik yang berhubungan dengan
A.  Situasi kerja
B.   Kebiasaan dalam kerja
C.   Pencahayaan
D.  Stasiun kerja
E.   Pengukuran

9. Ragam dialok yang memunkinkan pengguna untuk mengemas sejumlah perintah kedalam suatu berkas yang sering kali disebut dengan batch…. Disebut
A.  Form filling dialogue
B.   Programming language dialogue
C.   Command line dialogue
D.  Windowing system
E.   Natural language interface

10. Bagian yang berfungsi untuk menghasilkan informasi berdasarkan olahan data yangsudah dimasukan oleh pengguna lewat algoritmah disebut
A.  Bagian compiler
B.   Bagian syntax
C.   Bagian aplikasi
D.  Bagian antar muka
E.   Bagian output

11. Yang merupakan karakteristik ragam dialog adalah
A.  Inisiatif
B.   Kompleksitas
C.   Kekuatan
D.  Konsistensi
E.   Keluwesan

12. Yang merupakan ragam dialog interaktif adalah
A.  Windowing system
B.   Programming language dialogue
C.   Aplikasi dialogue
D.  Tools language interface
E.   Program dialogue

13. Pada aspek pendengaran ,telinga manusia tidak akan mendengar suara dengan frekuensi
A.  Kurang dari 140 dB
B.   Kurang dari 24 dB
C.   Kurang dari 2 dB
D.  Kurang dari 20 dB
E.   Kurang dari 20 hertz

14. Merupakan bagian dari kelompok tombol fungsi (function key) pada papan ketik (keyboard)adalah
A.  Tombol F1 sampai  F12
B.   Tombol alphanumeric(alpha numeric key)
C.   Tombol control(control key)
D.  Tombol numeric(numeric key)
E.   Tombol angka (number key)

15. Banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan obyek biasa disebut dengan
A.  Kontras
B.   Kecerahan
C.   Medan penglihatan
D.  Sudut dan ketajaman penglihatan
E.   Luminas

16. Terdapat 5 faktor yang diperlukan dalam perancangan tampilan berbasis grafis yaitu
A.  Perancangan struktur dialog
B.   Waktu tanggap
C.   Perancangan penanganan kesalahan
D.  Urutan penyajian
E.   Urutan visual dan focus pengguna

17. Yang merupakan aspek perangkat lunak dari system computer adalah
A.  Random acces memory
B.   Hardisk
C.   Operator
D.  Mouse
E.   Operating system

18. Model aplikasi yang cenderung menekan kan pada style dibandingkan dengan fitur aplikasi adalah
A.  GUI
B.   Layout utilitas
C.   Berbasis teks
D.  Berbasis dokumen
E.   Berbasis non dokumen

19. Tampilan yang rama dengan pengguna pada perancangan antar muka manusia dan computer sering di sebut
A.  User account
B.   User friendly
C.   User interface
D.  User interaction
E.   User group

20. Pada dasarnya seluruh warna yang ada bermula dari primer yang disebut dengan warna primer adalah
A.  Hitam,biru,merah
B.   Merah,hijau,hitam
C.   Putih,hitam,merah
D.  Merah,hijau,biru
E.   Putih,hitam,hijau

21. Jenis jendelah yang lebar layarnya dibagibagi menjadi beberapa jendela dengan ukuran yang bervariasi disebut
A.  Space multiplex window
B.   Jendela TTY
C.   Time –multiplexed windows
D.  Non homogen
E.   Multiplex window

22. Merupakan factor brainware dalam merancang antarmuka adalah
A.  Perkiraan
B.   Pencahayaan
C.   Penglihatan
D.  Warna
E.   Penulisan

23. Keyboard yang diciptakan olehcristopher latnam sholes, 1870-an adalah jenis keyboard
A.  Keyboard QWERTTY
B.   Keyboard klockenberg
C.   Keyboard dvorak
D.  Keyboard alphabetic
E.   Keyboard numeric

24. ………….  jawaban .command line dialogue

25. Cara yang digunakan untuk mengorganisasikan berbagai tehnik dialog merupakan pengertian dari
A.  Media interaksi
B.   Observabilitas
C.   User intervace
D.  Dialogue style
E.   User friendly

26. Area(wilaya) yang dapat dilihat oleh manusia normal disebut
A.  Kecerahan
B.   Luminas
C.   Medan penglihatan
D.  Sudut penglihatan
E.   Kontras

27. Hubungan antara cahaya yang dikeluarkan sesuatuobyek dan cahaya dari latar belakangobyek tersebut disebut
A.  Luminas
B.   Kecerahan
C.   Sudut penglihatan
D.  Medan penglihatan
E.   Kontras

28. Manusia akan lebih nayaman apabila tombol atau keyboard tidak berat prosespenekanannya merupakan contoh factor brainware dalam merancang antra muka yaitu dalam aspek
A.  Pendengaran
B.   Penglihatan
C.   Pengendlian motorik
D.  Pemodelan system pengolahan
E.   Sentuhan

29. Aspek pada system computer yang berhubungan dengan user disebut
A.  Brainware
B.   Hardware
C.   User interface
D.  Software
E.   Usar information

30. Memahami bagaimana pengguna dapat menggunakan sifat dari kebiasaan baiknya agar dapat menjodohkan mesin dengan manusia sehingga dapat bekerja sama dapat diperoleh dengan mempelajari ilmu
A.  Ergonomic
B.   Linguistic
C.   Antropologi
D.  Sosiologi
E.   psikologi


Jawaban Quiz_2 IMK

1. Pada perdagangan elektronis yang mendukung bisnis berbasis konsumen ke pelaku bisnis yang memungkinkan konsumen dapat menjual ke suatu perusahaan disebut :
a. Business to Business (B2B) b. Business to Consumer (B2C)
c. Consumer to Consumer (C2C) d. Consumer to Business (C2B)

2. Yang perlu diperhatikan dalam mendesain window, kecuali:
a. Desain Judul Window b. Modality
c. Desain Border d. Warna Window

3. Graph Driver pada unit standar Graph, kecuali :
a. CGA c. EGA
b. VGA d. IGA

4. Mekanisme saat window menerima data-data dari input drive, kecuali:
a. Documen Window b. Application Window
c. Utility Window d. Multiple Window

5. E-Intermediary pada internet atau situs web yang menawarkan hubungan kepada konsumen ke situs-situs web lain atas jasa ini web yang menghubungkan ke web lain akan mendapat komisi disebut :
a. Agen Pembelanjaan c. Makelar Bisnis ke Bisnis
b. Penjual Bersindikat d. M-Commerce

6. Komponen antarmuka grafis yang digunakan untuk menampilkan sejumlah pilihan yang tersedia yang dapat dipilih oleh pengguna program. Biasanya pilihan yang dapat dipilih berupa pilihan tunggal, tetapi dalam kondisi tertentu juga dimungkinkan untuk membuat pilihan jamak (multiple choicec) adalah :
a. Spin Box c. Tombol Tekan
b. List Box d. Combo Box

7. Pada perdagangan elektronik atau e-commerce yang menyatakan jual beli produk atau jasa melibatkan dua atau beberapa perusahaan yang umumnya terlibat perusahaan pemasok, distributor, pabrik disebut :
a. Business to Business (B2B) b. Business to Consumer (B2C)
c. Consumer to Consumer (C2C) d. Consumer to Business (C2B)

8. Komponen antarmuka grafis yang digunakan untuk mengatur nilai suatu peubah, biasanya bertipe numeric, dengan menambahkan atau mengurangkannya dengan suatu nilai tertentu dan nilai maksimum dan mimimum peubah dinyatakan dengan jelas adalah :
a. Spin Box c. Tombol Tekan
b. List Box d. Combo Box

9. Tujuan dari Antropometrik
a. Keseimbangan teori dengan yang sebenarnya
b. Menghasilkan GUI yang baik
c. Tampilan program yang bagus
d. Agar tidak terjadi kebosanan kerja

10. Prosedur standar untuk berpindah dari mode grafik ke mode teks
a. CloseGraph c. OpenGraph
b. RestoreCrtMode d. SetGraphMode

11.Sejumlah pilihan yang memungkinkan pengguna untuk memilih salah satu pilihan yang tersedia, pilihan tersebut dapat bernilai on atau off yang ditandai dengan tanda tertentu :
a. Tombol Tekan c. Check Box
b. Tombol Radio d. Combo Box

12. Aspek penting yang perlu dipertimbangkan yang berhubungan dengan kenyamanan kerja, kecuali:
a. Aspek Ergonomik c. Kualitas Udara
b. Pencahayaan d. Jenis Komputer

13. Ketentuan boleh tidaknya berinteraksi dari windows satu ke window lain dalam satu aplikasi
a. Modality c. Ergonomik
b. Entity d. Flexibelity

14. Situs web yang tidak mempunyai produk tetapi merupakan perantara yang menyediakan sarana komunikasi dan informasi seperti produk dan harga yang berasal dari pemasok diantara pebisnis disebut
a. Agen Pembelanjaan c. Makelar Bisnis ke Bisnis
b. Penjual Bersindikat   d. M-Commerce

15. Tipe pekerjaan yang perlu dipertimbangkan yang berhubungan dengan ergonomic, kecuali:
a. Pemasukan data c. Interaktif
b. Akuisisi Data d. Perencanaan

16. Prosedur untuk memulai menggunakan grafik adalah
a. Close Graph c. Open Graph
b. InitGraph d. Set Graph


17. Komponen antarmuka grafis yang menampilkan pilihan tidak akan terlihat sampai pengguna menekan tombol control dan juga dapat memasukkan pilihan yang mungkin tidak ada dalam daftar pilihan yang tersedia adalah :
a. Spin Box c. Tombol Tekan
b. List Box d. Combo Box

18. Berisi kode dan data yang diperlukan supaya grafik dapat ditampilkan di layar
a. Grafik driver c. VGA Card
b. GUI d. Program

19. Yang perlu diperhatikan dalam mendesain judul window, kecuali:
a. Window harus dibeli judul
b. Judul Window harus relevan
c. Beri judul yang berbeda pada window yang dibuka
d. Berilah Font yang menarik

20. Pada perdagangan elektronis yang model perdagangan yang terjadi antara konsumen dengan konsumen dan memungkinkan orang-orang dapat menjual atau membeli barang diantara mereka sendiri disebut :
a. Business to Business (B2B)
b. Business to Consumer (B2C)
c. Consumer to Consumer (C2C)
d. Consumer to Business (C2B)
AMIK BSI PONTIANAK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Macam-macam Kejahatan Internet (Cyber Crime)       Seperti halnya di dunia nyata, internet sebagai dun...