1. Dibawah ini merupakan bagian dari
program aplikasi adalah :
a. Bagian desain d. Bagian
Syntax
b. Bagian Program e. Bagian Antarmuka
c. Bagian Listing
2. Yang termasuk Media antarmuka manusia
dan komputer adalah :
a. Media GUI d.
Media Tekstur
b. Media Window e. Media Gambar
c. Media Konvensional
3. Program
yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas, misalnya membuat dokumen, manipulasi photo dan membuat
laporan disebut :
a. Piranti bantu mesin
b. Piranti bantu aplikasi
c. Piranti bantu hardware
d. Piranti bantu brainware
e. Piranti bantu user interface
4. Yang merupakan hardware Output pada
sistem komputer adalah :
a. Monitor d.
Keyboard
b. Hardisk e. Mouse
c. RAM
5.
Software yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugasnya
disebut :
a. Application Software
b. System Software
c. Operational Software
d. Interaction Software
e. Organitation Software
6. Yang
merupakan karakteristik ragam dialog adalah :
a. Inisiatif d. Kompleksitas
b. Keluwesan e. Kekuatan
c. Konsistensi
7. Ragam
dialog yang dikemas sejumlah perintah ke dalam suatu bentuk berkas berupa batch
file adalah :
a. Command Line Dialogue
b. Programming Language Dialogue
c. Natural Language Interface
d. Form Filling Dialogue
e. Windowing System
8. Penyajian
langsung aktifitas kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan
dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada
pada layar komputer merupakan pengertian :
a. Non Homogen d. Jendela TTY
b. Manipulasi Data e. Windows
c. Manipulasi Langsung
9. Yang
merupakan ragam dialog dalam sistem menu
adalah :
a. Sistem menu pilihan d. Sistem menu horizontal
b. Sistem menu window e. Sistem menu vertical
c. Sistem menu datar
10. User mendapatkan dampaknya dengan segera
setelah melakukan suatu aksi, pada prinsip desain antar muka sering disebut :
a. Implied actions d. User Control
b. Direct Manipulation e. Consistency
c. Explicit actions
11. WYSIWYG dalam prinsip desain antar muka
merupakan singkatan dari :
a. What You See Is What You Get
b. Who You See Is What You Get
c. What You See Is Where You Get
d. Where You See Is What You Get
e. Who You See Is Who You Get
12. User dapat mentransfer pengetahuan dan
kemampuan dari suatu aplikasi ke aplikasi lain pada prinsip desain antar muka
sering disebut :
a. Implied actions d. User Control
b. Direct Manipulation e. Consistency
c. Explicit actions
13. Salah satu Model Aplikasi dalam mendesain
sebuah layout, adalah :
a. Berbasis Web d. Berbasis GUI
b. Berbasis Aplikasi e. Berbasis Text
c. Berbasis Dokumen
14. Gambar diatas merupakan contoh model
aplikasi :
a. Berbasis Dokumen d. GUI
b. Berbasis Non Dokumen e. Berbasis Teks
c. Layout Utilitas
15. Gambar
dibawah ini merupakan jenis keyboard :
a. Keyboard Dvorak d.
Keyboard Klockenberg
b. Keyboard QWERTY e. Keyboard Numeric
c. Keyboard Alphabetik
16. Bentuk
sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi
teks dan kurang menarik disebut :
a.
Media GUI c. Media Grafik e. Media Interaktif
b. User Interface d. Media Tekstual
17. Untuk mendapatkan lingkungan kerja yang
nyaman ketika berinteraksi dengan komputer ketika berhubungan dengan aspek
fisik dapat diperoleh dengan mempelajari ilmu :
a. Ergonomik d.
Sosiologi
b. Psikologi e. Linguistik
c. Antropologi
18. Yang merupakan aspek perangkat lunak dari
sistem komputer adalah
a. Operator d. Operating System
b. Hardisk e. Random Acces Memory
c. Mouse
19. Tanggapan subjektif pada cahaya disebut :
a. Luminas d.
Sudut Penglihatan
b. Kontras e. Medan Penglihatan
c. Kecerahan
20. Pada aspek pendengaran, telinga manusia
tidak akan mendengar suara dengan frekuensi :
a. Kurang dari 24 Db d. Kurang dari 20 dB
b. Kurang dari 140 dB e. Kurang dari 20 bD
c. Kurang dari 20 Hertz
21. Software
harus mempunyai antarmuka yang user friendly merupakan salah satu ciri
dari software yang baik, yaitu :
a. High Performance d. Reliability
b. Mudah digunakan e. Mobility
c. Penampilan yang baik
22. Dialog
yang menampilkan daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas disebut :
a. Antarmuka berbasis ikon d. Sistem Menu
b. Antarmuka berbasis teks e. Sistem Penjendelaan
c. Antarmuka GUI
23. Software
AutoCAD merupakan salah satu contoh software penerapan manipulasi langsung
dalam hal :
a. Kontrol Proses d.
Window
b. Editor Teks e.
Simulator
c. Perancangan Bentuk/model
24. Pesan
peringatan yang muncul di layar ketika user akan menghapus sebuah file
merupakan salah satu contoh prinsip–prinsip desain antarmuka yaitu :
a. Implied Actions d.
User Control
b. Direct Manipulation e.
Consistency
c. Feedback and Communication
25. Tombol F1
sampai tombol F12 pada
keyboard termasuk kedalam kelompok :
a. Tombol Fungsi (function key)
b. Tombol Alphanumerik (alphanumeric
key)
c. Tombol Kontrol (control key)
d. Tombol Numerik (numeric key)
e. Tombol Nomor (Number key)
26. Jumlah kerja yang dapat dilakukan oleh
sistem untuk setiap perintah yang diberikan oleh pengguna merupakan sifat ragam
dialog yaitu :
a. Inisiatif d. Kekuatan
b. Keluwesan e. Beban Informasi
c. Kompleksitas
27.
Kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh suatu program aplikasi akan
ditampilkan secara lengkap, dan biasanya menggunakan kalimat-kalimat yang cukup
panjang adalah ciri-ciri ragam dialog :
a. Sistem Menu tarik d. Menu Vertical
b. Sistem menu datar e. Menu Pulldown
c. Sistem menu horizontal
28. Sistem
miniatur yang mencoba menirukan kerja suatu sistem yang berskala besar yang
dilihat dari kacamata orang awam merupakan contoh penerapan dari manipulasi
langsung, yaitu :
a. Kontrol Proses d.
Window
b. Editor Teks e. Simulator
c. Perancangan Bentuk/model
29. Apa yang tercetak di printer merupakan
informasi yang terkumpul dari data-data yang terlihat di layar monitor
merupakan salah satu contoh prinsip–prinsip desain antarmuka yaitu :
a. Implied Actions d. User
Control
b. Direct Manipulation e. WYSIWYG
c. Explicit actions
30. Tidak
perlu waktu lama untuk belajar menggunakan software tersebut, merupakan salah
satu ciri dari software yang baik, yaitu :
a. High Performance d.
Reliability
b. Mobility e.
Mudah digunakan
c. Penampilan yang baik
1. Dibawah
ini yang termasuk bagian dari program aplikasi
adalah :
a. Bagian Desain d. Bagian Syntax
b. Bagian Program e. Bagian Antarmuka
c. Bagian Listing
2. Yang
termasuk Media antarmuka manusia dan komputer
adalah :
a. Media GUI d.
Media Tekstur
b. Media Window e. Media Gambar
c. Media Konvensional
3. Dibawah
ini adalah aspek-aspek dalam sistem komputer,
kecuali :
a. Aspek Perangkat Keras d. Aspek Hardware
b. Aspek Perangkat Lunak e. Aspek User Interface
c. Aspek Manusia
4. Contoh antarmuka
manusia dengan komputer berbentuk
grafis menggunakan pemrograman visual
adalah :
a. Pascal d. Visual Basic
b. Pemrograman C++ e. c dan d benar
c. COBOL
5. Pada
dasarnya seluruh warna yang ada bermula dari
primer, yang disebut dengan warna primer
adalah :
a. Merah,Hijau, Hitam d. Hitam, Biru, merah
b. Merah, Hijau, Biru e. Putih, Hitam, Hijau
c. Putih, Hitam, Merah
6. Bidang
ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh manusia disebut :
a. Antropometrik
b. Pencahayaan
c. Suhu dan Kualitas Udara
d. Gangguan Suara
e. Kebiasaan dalam Bekerja
7. Dibawah
ini adalah komponen antar muka grafis, kecuali :
a. Tombol Button d.
Text Box
b. Spin Box e.
Tombol Radio
c. List Box
8. Digunakan
untuk menampilkan sejumlah pilihan yang tidak akan terlihat sampai pengguna
program menekan tombol kontrol, adalah :
a. Spin Box
d. Tombol Radio
b. Check Box e. Label Box
c. Combo Box
9. Sebuah
window mendapat focus karena diklik oleh user,disebut :
a. Keyboard focus d. Enter focus
b. Point to focus e. Keypress focus
c. Click to focus
10.
Merupakan segala bentuk kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk,
jasa dan informasi yang dilakukan secara
elektronis disebut :
a. Bisnis d. E- business
b. Intranet e. E- Commerce
c. Internet
11. Listing
Object Circle [step](x,y), Radius,
[Color,start,end,aspect] digunakan untuk membuat :
a. Kotak d. Lingkaran
b. Oval e.
Garis Lurus
c. Persegi
12.
Pemrograman grafis pada sistem operasi Windows selalu menggunakan antar muka yang disebut
a. IGD (Interface Graphics Device)
b. DGI (Device Graphics Interface)
c. GDI (Graphics Device Interface)
d. IDG (Interface Device Graphics)
e. Salah Semua
13.
Pekerjaan yang lebih banyak bekerja dengan program dan pengolahan kata adalah :
a. Pemasukan Data. d. Pekerjaan Interaktif.
b. Akuisisi Data e. Benar Semua
c. Pengolahan Kata
14.
Kebiasaan bekerja dapat mempengaruhi kinerja ketika bekerja dengan menggunakan layar tampilan.
Merupakan aspek ergonomik dalam bidang :
a. Antropometrik d. Gangguan Suara
b. Kebiasaan dalam
Bekerja e. Pencahayaan
c. Suhu dan Kualitas Udara
15. Aspek
keamanan dan kenyamanan kerja ketika meng gunakan stasiun kerja dapat
dipengaruhi oleh kondisi umum kesehatan, yaitu :
a. Radang persendian d. Darah tinggi Stress
b. Penyakit gula e. Benar Semua
c. Berat badan yang berlebihan
16.
Mempunyai sebuah border, sebuah menu bar, dan sebuah status bar, dan mungkin
juga mempunyai satu atau lebih toolbar
adalah :
a. Normal Primary d.
Dialog Commands
b. Primary Window e. Program Window c. Window Commands
17. Kita dapat mempunyai email secara gratis dari,kecuali :
17. Kita dapat mempunyai email secara gratis dari,kecuali :
a. Hotmail.com d. Plasa.com
b. Bloger.com e. Gmail.com
c. Yahoo.co.id
18.
Keuntungan menjadi anggota Mailling List, kecuali :
a. Dapat Bertanya suatu hal
b. Memberikan saran atas pertanyaan
c. Memberikan suatu informasi
d. Dapat bertukar informasi
e. Mendapatkan website gratis
19. Beberapa
ISP di Indonesia adalah :
a.Telkom d.
WasantaraNET
b. INDO.NET, e. Semua benar
c. IndosatNET
20. Syarat
agar komputer kita dapat koneksi dengan internet,kecuali :
a. Mempunyai modem
b. Memilih paket yang ditawarkan ISP
c. Memory komputer yang cukup
d. Adanya fasilitas Browser
e. Mempunyai protocol TCP/IP
21.
Merupakan letak dari objek gambar di monitor, disebut :
a. Program d. Animasi
b. Windows e. Aplikasi
c. Sistem Koordinat
22. Pada
sistem pewarnaan, RGB(0, 0, 0),akan menghasilkan warna, yaitu :
a. Merah d.
Hijau
b. Hitam e.
Kuning
c. Putih
23. Letak
pengontrol udara harus diatur sempurna agar arah aliran udara tidak langsung
mengenai user, adalah :
a. Pengukuran dan Antropometrik
b. Aspek Ergonomik dari stasiun kerja
c. Pencahayaan
d. Suhu dan Kualitas Udara
e.
Gangguan Suara
24. Tombol
radio terdiri dari dua bagian, yaitu :
a. Tombol Scrollbar
dan Tombol Menu
b. Tombol pengendali dan Label sebagai
atribut tombol
c. Tombol button dan Tombol Scrollbar
d. Tombol pengendali an Tombol Menu
e. Tombol Label dan Tombol Scrollbar
25. Sebuah
perangkat lunak / perangkat keras yang mengatur akses seseorang
kedalam intranet disebut :
a. Firewall d. IP Adress
b. Browser e. ISP
c. Telnet
26.
Melakukan konfirmasi ketika user ingin menghapus datanya atau melakukan
aktivitas yang akan menimbulkan resiko adalah :
a. Preferences Window d. Authentication Alerts
b. Property Window e. Save Authentication Alerts
c. Confirmation Alerts
27. Web yang
melibatkan kode-kode lain selain HTML seperti
PHP dan lain-lain disebut :
a. Web Blog d.Web Statis
b. Website e. Web Dinamis
c. Web Page
28. Beberapa
keuntungan penggunaan intranet bagi suatu
organisasi atau perusahaan antara lain, kecuali :
a. Produktifitas
kerja
b. Efisiensi
waktu
c. Mahalnya biaya yang
dikeluarkan
d. Meningkatkan
kerjasama
e. Dapat
berbagi informasi
29. Dimana
konsumen akhir bertindak sebagai penjual
sedangkan perusahaan bertindak sebagai pembeli dan aktivitas ini dilakukan secara elektronis,
disebut :
a. Business to Business (B2B)
b. Business to Consumer (B2C)
c. Consumer to Consumer (C2C)
d. Consumer to Business (C2B
e. Business Business Consumer (BBC)
30. Sebuah
situs yang menawarkan hubungan kepada
konsumen ke web lain dan atas jasa ini web yang
menghubungkan ke web lain akan
mendapatkan komisi, disebut :
a. Agen Pembelanjaan d. M-Commerce
b. Penjual Bersindikat e. E-Commerce
c. Makelar Bisnis ke Bisnis
1. Berikut ini adalah contoh
implementasi perancangan interface yang sesuai
dengan konsep yang dirintis oleh Ben Shneiderman, kecuali ……………..
A. Adanya pointing dengan mouse C. Aplikasi Touch-screen
B. Teknologi surface computing D. Teknologi Teleimmersion
2. Pembuatan prototype suatu sistem merupakan implementasi dari konsep ……….
A. Deductive reasoning C. Inductive reasoning
B. Abductive reasoning D. Trial and error
3. Berikut ini adalah contoh penerapan beberapa gaya interaksi antara user
dengan sistem, kecuali ……………….
A. Speech recognition C. Tool box pada aplikasi grafis
B. XML pada web-services D. Hyperlink di web
4. Contoh langkah antisipasi untuk meminimalisir kesalahan (mistake) user dalam
berinteraksi dengan sistem adalah dengan …………….
A. Memberi jarak antar icon
B. Memilih ukuran toolbar yang nyaman untuk dilihat
C. Memilih kontras warna yang jelas pada button
D. Membuat manual dan help dari sistem
dengan konsep yang dirintis oleh Ben Shneiderman, kecuali ……………..
A. Adanya pointing dengan mouse C. Aplikasi Touch-screen
B. Teknologi surface computing D. Teknologi Teleimmersion
2. Pembuatan prototype suatu sistem merupakan implementasi dari konsep ……….
A. Deductive reasoning C. Inductive reasoning
B. Abductive reasoning D. Trial and error
3. Berikut ini adalah contoh penerapan beberapa gaya interaksi antara user
dengan sistem, kecuali ……………….
A. Speech recognition C. Tool box pada aplikasi grafis
B. XML pada web-services D. Hyperlink di web
4. Contoh langkah antisipasi untuk meminimalisir kesalahan (mistake) user dalam
berinteraksi dengan sistem adalah dengan …………….
A. Memberi jarak antar icon
B. Memilih ukuran toolbar yang nyaman untuk dilihat
C. Memilih kontras warna yang jelas pada button
D. Membuat manual dan help dari sistem
5. Pada
dasarnya seluruh warna yang ada bermula dari
primer, yang disebut dengan warna primer
adalah :
a. Merah,Hijau, Hitam d. Hitam, Biru, merah
b. Merah, Hijau, Biru e. Putih, Hitam, Hijau
c. Putih, Hitam, Merah
6. Bidang
ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh manusia disebut :
a. Antropometrik
b. Pencahayaan
c. Suhu dan Kualitas Udara
d. Gangguan Suara
e. Kebiasaan dalam Bekerja
7. Dibawah
ini adalah komponen antar muka grafis, kecuali :
a. Tombol Button d. Text Box
b. Spin Box e.
Tombol Radio
c. List Box
8. Digunakan
untuk menampilkan sejumlah pilihan yang tidak akan terlihat sampai pengguna
program menekan tombol kontrol, adalah :
a. Spin Box d. Tombol Radio
b. Check Box e. Label Box
c. Combo Box
9. Sebuah
window mendapat focus karena diklik oleh user,disebut :
a. Keyboard focus d. Enter focus
b. Point to focus e. Keypress focus
c. Click to focus
10. Merupakan
segala bentuk kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk, jasa dan
informasi yang dilakukan secara
elektronis disebut :
a. Bisnis d. E- business
b. Intranet e. E- Commerce
c. Internet
11. Listing
Object Circle [step](x,y), Radius,
[Color,start,end,aspect] digunakan untuk membuat :
a. Kotak d. Lingkaran
b. Oval e.
Garis Lurus
c. Persegi
12.
Pemrograman grafis pada sistem operasi Windows selalu menggunakan antar muka yang disebut
a.
IGD (Interface Graphics Device)
b. DGI (Device Graphics Interface)
c. GDI (Graphics Device Interface)
d. IDG (Interface Device Graphics)
e. Salah Semua
13.
Pekerjaan yang lebih banyak bekerja dengan program dan pengolahan kata adalah :
a. Pemasukan Data. d. Pekerjaan Interaktif.
b. Akuisisi Data e. Benar Semua
c. Pengolahan Kata
14.
Kebiasaan bekerja dapat mempengaruhi kinerja ketika bekerja dengan menggunakan layar tampilan.
Merupakan aspek ergonomik dalam bidang :
a. Antropometrik d. Gangguan Suara
b. Kebiasaan dalam
Bekerja e.
Pencahayaan
c. Suhu dan Kualitas Udara
15. Aspek
keamanan dan kenyamanan kerja ketika meng gunakan stasiun kerja dapat
dipengaruhi oleh kondisi umum kesehatan, yaitu :
a. Radang persendian d. Darah tinggi Stress
b. Penyakit gula e. Benar Semua
c. Berat badan yang berlebihan
16.
Mempunyai sebuah border, sebuah menu bar, dan sebuah status bar, dan mungkin
juga mempunyai satu atau lebih toolbar
adalah :
a. Normal Primary d. Dialog Commands
b. Primary Window e. Program Window
c. Window Commands
17.
Keuntungan menjadi anggota Mailling List, kecuali :
a. Dapat Bertanya suatu hal
b. Memberikan saran atas pertanyaan
c. Memberikan suatu informasi
d. Dapat bertukar informasi
e. Mendapatkan website gratis
18. Beberapa
ISP di Indonesia adalah :
a.Telkom d. WasantaraNET
b.
INDO.NET, e. Semua benar
c. IndosatNET
19. Syarat
agar komputer kita dapat koneksi dengan internet,kecuali :
a. Mempunyai modem
b. Memilih paket yang ditawarkan ISP
c. Memory komputer yang cukup
d. Adanya fasilitas Browser
e. Mempunyai protocol TCP/IP
20.
Merupakan letak dari objek gambar di monitor, disebut :
a. Program d. Animasi
b. Windows e. Aplikasi
c. Sistem Koordinat
21. Pada
sistem pewarnaan, RGB(0, 0, 0),akan menghasilkan warna, yaitu :
a. Merah d.
Hijau
b. Hitam e.
Kuning
c. Putih
22. Letak
pengontrol udara harus diatur sempurna agar arah aliran udara tidak langsung
mengenai user, adalah :
a. Pengukuran dan Antropometrik
b. Aspek Ergonomik dari stasiun kerja
c. Pencahayaan
d. Suhu dan Kualitas Udara
e. Gangguan Suara
23. Tombol
radio terdiri dari dua bagian, yaitu :
a. Tombol Scrollbar
dan Tombol Menu
b. Tombol pengendali dan Label sebagai atribut
tombol
c. Tombol button dan Tombol Scrollbar
d. Tombol pengendali an Tombol Menu
e. Tombol Label dan Tombol Scrollbar
24. Sebuah
perangkat lunak / perangkat keras yang mengatur akses seseorang
kedalam intranet disebut :
a. Firewall d. IP Adress
b. Browser e. ISP
c. Telnet
25.
Melakukan konfirmasi ketika user ingin menghapus datanya atau melakukan
aktivitas yang akan menimbulkan resiko adalah :
a. Preferences Window d. Authentication Alerts
b. Property Window e. Save Authentication Alerts
c. Confirmation
Alerts
26. Web yang
melibatkan kode-kode lain selain HTML seperti
PHP dan lain-lain disebut :
a. Web Blog d.Web Statis
b. Website e. Web Dinamis
c. Web Page
27. Beberapa
keuntungan penggunaan intranet bagi suatu
organisasi atau perusahaan antara lain, kecuali :
a. Produktifitas
kerja
b. Efisiensi
waktu
c. Mahalnya biaya yang
dikeluarkan
d. Meningkatkan
kerjasama
e. Dapat
berbagi informasi
28. Dimana
konsumen akhir bertindak sebagai penjual
sedangkan perusahaan bertindak sebagai pembeli dan aktivitas ini dilakukan secara elektronis,
disebut :
a. Business to Business (B2B)
b. Business to
Consumer (B2C)
c. Consumer to Consumer (C2C)
d. Consumer to Business (C2B
e. Business Business Consumer (BBC)
29. Sebuah
situs yang menawarkan hubungan kepada
konsumen ke web lain dan atas jasa ini web yang menghubungkan ke web lain akan
mendapatkan komisi, disebut :
a. Agen Pembelanjaan d. M-Commerce
b. Penjual Bersindikat e. E-Commerce
c. Makelar Bisnis ke Bisnis
SOAL PILIHAN GANDA
1.
Berikut ini adalah contoh implementasi perancangan interface yang sesuai
dengan konsep yang dirintis oleh Ben Shneiderman, kecuali
A. Adanya pointing dengan mouse C. Aplikasi Touch-screen
B. Teknologi surface computing D. Teknologi Teleimmersion
2. Pembuatan prototype suatu sistem merupakan implementasi dari konsep
A. Deductive reasoning C. Inductive reasoning
B. Abductive reasoning D. Trial and error
3. Berikut ini adalah contoh penerapan beberapa gaya interaksi antara user
dengan sistem, kecuali
A. Speech recognition C. Tool box pada aplikasi grafis
B. XML pada web-services D. Hyperlink di web
4. Contoh langkah antisipasi untuk meminimalisir kesalahan (mistake) user dalam
berinteraksi dengan sistem adalah dengan
A. Memberi jarak antar icon
B. Memilih ukuran toolbar yang nyaman untuk dilihat
C. Memilih kontras warna yang jelas pada button
D. Membuat manual dan help dari sistem
dengan konsep yang dirintis oleh Ben Shneiderman, kecuali
A. Adanya pointing dengan mouse C. Aplikasi Touch-screen
B. Teknologi surface computing D. Teknologi Teleimmersion
2. Pembuatan prototype suatu sistem merupakan implementasi dari konsep
A. Deductive reasoning C. Inductive reasoning
B. Abductive reasoning D. Trial and error
3. Berikut ini adalah contoh penerapan beberapa gaya interaksi antara user
dengan sistem, kecuali
A. Speech recognition C. Tool box pada aplikasi grafis
B. XML pada web-services D. Hyperlink di web
4. Contoh langkah antisipasi untuk meminimalisir kesalahan (mistake) user dalam
berinteraksi dengan sistem adalah dengan
A. Memberi jarak antar icon
B. Memilih ukuran toolbar yang nyaman untuk dilihat
C. Memilih kontras warna yang jelas pada button
D. Membuat manual dan help dari sistem
5. Pada
dasarnya seluruh warna yang ada bermula dari
primer, yang disebut dengan warna primer
adalah :
a. Merah,Hijau, Hitam d. Hitam, Biru, merah
b. Merah, Hijau, Biru
c. Putih, Hitam, Merah
6. Bidang
ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh manusia disebut :
a. Antropometrik
b. Pencahayaan
c. Suhu dan Kualitas Udara
d. Gangguan Suara
7. Dibawah
ini adalah komponen antar muka grafis, kecuali :
a. Tombol Button d. Text Box
b. Spin Box
c. List Box
8. Digunakan
untuk menampilkan sejumlah pilihan yang tidak akan terlihat sampai pengguna
program menekan tombol kontrol, adalah :
a. Spin Box
d. Tombol Radio
b. Check Box
c. Combo Box
9. Sebuah
window mendapat focus karena diklik oleh user,disebut :
a. Keyboard focus d. Enter focus
b. Point to focus
c. Click to focus
10.
Merupakan segala bentuk kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk,
jasa dan informasi yang dilakukan secara
elektronis disebut :
a. Bisnis d. E- business
b. Intranet
c. Internet
11. Listing
Object Circle [step](x,y), Radius,
[Color,start,end,aspect] digunakan untuk membuat :
a. Kotak d. Lingkaran
b. Oval
c. Persegi
12.
Pemrograman grafis pada sistem operasi Windows selalu menggunakan antar muka yang disebut
a. IGD (Interface Graphics Device)
b. DGI (Device Graphics Interface)
c. GDI (Graphics Device Interface)
d. IDG (Interface Device Graphics)
13.
Pekerjaan yang lebih banyak bekerja dengan program dan pengolahan kata adalah :
a. Pemasukan Data. d. Pekerjaan Interaktif.
b. Akuisisi Data
c. Pengolahan Kata
14.
Kebiasaan bekerja dapat mempengaruhi kinerja ketika bekerja dengan menggunakan layar tampilan.
Merupakan aspek ergonomik dalam bidang :
a. Antropometrik d. Gangguan Suara
b. Kebiasaan dalam
Bekerja
c. Suhu dan Kualitas Udara
15. Aspek
keamanan dan kenyamanan kerja ketika meng gunakan stasiun kerja dapat
dipengaruhi oleh kondisi umum kesehatan, yaitu :
a. Radang persendian d. Darah tinggi Stress
b. Penyakit gula
c. Berat badan yang berlebihan
16.
Mempunyai sebuah border, sebuah menu bar, dan sebuah status bar, dan mungkin
juga mempunyai satu atau lebih toolbar
adalah :
a. Normal Primary d. Dialog Commands
b. Primary Window
c. Window Commands
17.
Keuntungan menjadi anggota Mailling List, kecuali :
a. Dapat Bertanya suatu hal
b. Memberikan saran atas pertanyaan
c. Memberikan suatu informasi
d. Mendapatkan
website gratis
18. Beberapa
ISP di Indonesia adalah :
a.Telkom d. WasantaraNET
b. INDO.NET,
c. IndosatNET
19. Syarat
agar komputer kita dapat koneksi dengan internet,kecuali :
a. Mempunyai modem
b. Memilih paket yang ditawarkan ISP
c. Memory komputer yang cukup
d. Adanya fasilitas Browser
20.
Merupakan letak dari objek gambar di monitor, disebut :
a. Program d. Animasi
b. Windows
c. Sistem Koordinat
21. Pada
sistem pewarnaan, RGB(0, 0, 0),akan menghasilkan warna, yaitu :
a. Merah
d.
Hijau
b. Hitam
c. Putih
22. Letak
pengontrol udara harus diatur sempurna agar arah aliran udara tidak langsung
mengenai user, adalah :
a. Pengukuran dan Antropometrik
b. Aspek Ergonomik dari stasiun kerja
c. Pencahayaan
d. Suhu dan Kualitas Udara
e. Gangguan Suara
23. Tombol
radio terdiri dari dua bagian, yaitu :
a. Tombol Scrollbar
dan Tombol Menu
b. Tombol pengendali dan Label sebagai
atribut tombol
c. Tombol button dan Tombol Scrollbar
d. Tombol pengendali an Tombol Menu
24. Sebuah
perangkat lunak / perangkat keras yang mengatur akses seseorang
kedalam intranet disebut :
a. Firewall d. IP Adress
b. Browser
c. Telnet
25.
Melakukan konfirmasi ketika user ingin menghapus datanya atau melakukan
aktivitas yang akan menimbulkan resiko adalah :
a. Preferences Window
d. Authentication Alerts
b. Property Window
c. Confirmation
Alerts
26. Web yang
melibatkan kode-kode lain selain HTML seperti
PHP dan lain-lain disebut :
a. Web Blog d.Web Statis
b. Website
c. Web Page
27. Beberapa
keuntungan penggunaan intranet bagi suatu
organisasi atau perusahaan antara lain, kecuali :
a. Produktifitas
kerja
b. Efisiensi
waktu
c. Mahalnya biaya yang
dikeluarkan
d. Meningkatkan
kerjasama
28. Dimana
konsumen akhir bertindak sebagai penjual
sedangkan perusahaan bertindak sebagai pembeli dan aktivitas ini dilakukan secara elektronis,
disebut :
a. Business to Business (B2B)
b. Business to
Consumer (B2C)
c. Consumer to Consumer (C2C)
d. Consumer to Business (C2B
29. Sebuah
situs yang menawarkan hubungan kepada
konsumen ke web lain dan atas jasa ini web yang
menghubungkan ke web lain akan
mendapatkan komisi, disebut :
a. Agen Pembelanjaan
b. Penjual Bersindikat
c. Makelar
Bisnis ke Bisnis
d. M-Commerce
30. Salah satu
tujuan perancangan sistem adalah dimungkinkannya sistem untuk dioperasikan di
berbagai lingkungan hardware & software. Hal ini dalam tujuan rekayasa
sistem / system engineering goal adalah termasuk:
a.
standarisasi
b.
konsistensi
c.
integrasi
d. portabilitas
31. Dalam
perancangan web yang baik, untuk teks yang menyampaikan isi (content) digunakan
font yang sama di setiap halaman dengan warna & ukuran yang sama. Ini
merupakan salah satu tujuan rekayasa sistem IMK yaitu:
a.
standarisasi
b. tingkat kesalahan (error rate)
c.
integrasi
d. konsistensi
32. Berikut ini contoh sistem yang
kritis bagi kehidupan (life critical system) kecuali:
a.
pembangkit
listrik
b. reaktor nuklir
c. aplikasi perbankan
d. kendali lalu lintas udara
33. Pada 4 level pendekatan dari Foley
& Van Dam, level yang berhubungan dengan model mental / kognitif pemakai
& metafora adalah:
a.
conceptual level
b. semantic level
c.
syntactic
level
d. lexical level
34. IMK adalah
bagian dari ilmu komputer, namun juga menerima sumbangan dari ilmu lain salah
satunya yang mempelajari tubuh manusia, yaitu:
a.
ergonomis
b. antropometri
c.
ekonomi
d. antropologi
35. Dalam perencanaan sistem menu,
struktur berikut adalah yang terbaik:
a. lebar (wide) & dangkal (shallow)
b. lebar (wide) & dalam (deep)
c.
sempit
(narrow) & dangkal (shallow)
d. sempit (narrow) & dalam (deep)
36. Andaikan anda diminta untuk membuat
program ujian online dengan pilihan ganda, jenis menu apa yang akan anda
gunakan untuk mempresentasikan pilihan?
a.
pop-up menu
b. list box (extended menu)
c.
check box
d. radio button
37. Salah satu
menu adalah embedded links dalam dokumen hypertext. Organisasi semantik dari
links dalam suatu situs web biasanya berbentuk:
a.
single menu
b. network (acyclic / cyclic)
c.
tree
structure
d. extended menu
38. Salah satu fasilitas yang
ditampilkan pada sistem manipulasi langsung adalah WYSIWYG yang maksudnya
adalah:
a.
segala yang
anda inginkan pasti anda dapatkan
b. yang anda lihat pada demo akan anda
peroleh setelah membeli software ini
c. hasil cetakan akan sama seperti yang anda
lihat pada layar
d. anda dapat memperoleh hasil yang
luar biasa & berkualitas tinggi dengan menggunakan software ini
39. Sehubungan dengan motivasi bagi
faktor-faktor manusia dalam perancangan, manakah dari pernyataan-pernyataan
berikut yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang mengembangkan sistem
pengendali lalu lintas udara:
a.
biaya perlu
ditekan agar rendah, meski kehandalan sedikit dikorbankan
b. waktu pelatihan yang lama tidak menjadi
masalah asal kinerja pemakai cepat & bebas kesalahan
c.
perancangan
sistem sulit, perancang harus membuat sistem transparan sehingga pemakai mudah
terserap dalam bidang2 tugasnya
d. kecepatan kinerja penting, tetapi
kelelahan operator ditoleran
40. Berikut
adalah karakteristik dari knowledge intermittent user, kecuali:
a. mengeri task concept & interface concept
b. memerlukan umpan balik yang informati
c. lebih membutuhkan online-help daripada online tutorial
d. lebih menyukai rancangan interface yang
sederhada & pilihan2 yang lebih sedikit
17. Kita dapat mempunyai email secara gratis dari,kecuali :
41. Dalam perancangan antarmuka pemakai,
apa yang dapat kita lakukan untuk dapat mengakomodasi expert frequent user?
a.
meningkatkan
kepercayaan diri dengan memudahkan pemakai melakukan task sederhana
b. sering memberikan pertanyaan &
pesan2 berarti seperti “are you sure you want to exit this program?”
c.
perlu
melindungi pemakai dari kemungkinan kesalahan karena coba2 menjelajah sendiri
d. menyediakan shortcuts, singkatan2, makro
agar tugas dapat diselesaikan dengan lebih cepat
42. Ulasan pakar yang cukup formal telah
terbukti efektif. Metode ulasan pakar di mana rancangan antarmuka dievaluasi
berdasarkan prinsip-prinsip perancangan seperti 8 aturan emas perancangan
antarmuka disebut:
a.
evaluasi
heuristic
b. ulasan kesesuaian dengan pedoman (guideline
review)
c.
penelusuran
kognitif
d. pemeriksaan konsistensi
43. Salah satu fasilitas yang umum dalam
program-program email seperti MS outlook adalah addres book untuk menyimpan
alamat-alamat penting. Dalam 8 golden rules perancangan dialog, hal ini
termasuk:
a.
memberikan
umpan balik yang informative
b. mengurangi beban memori jangka pendek
c.
merancang
dialog untuk menghasilkan keadaan akhir (sukses, selesai)
d. mendukung internal locus of control
44. Beberapa situs web seperti
my.yahoo.com memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengatur informasi yang
ditampilkan, dalam 8 aturan emas perancangan dialog hal ini termasuk:
a.
memberikan
umpan balik yang informative
b. mengurangi beban memori jangka
pendek
c. merancang dialog untuk menghasilkan keadaan
akhir (sukses, selesai)
d. mendukung internal locus of control
45. Salah satu HTML editor memungkinkan
user untuk tidak menghapalkan kode-kode HTML. User tinggal memilih kode yang
diinginkan dari menu & editor akan secara otomatis menuliskan pasangan kode
tersebut (contoh : & ). hal ini sesuai dengan metode
pencegahan kesalahan:
a.
umpan balik
yang informative
b. membetulkan perintah
c. membetulkan pasangan yang bersesuaian
d. melengkapi urutan alur
46. Salah satu fasilitas dalam web
browser Netscape ataupun Firefox adalah bookmark yang memungkinkan user
meloncat ke alamat yang diinginkan. Fasilitas seperti bookmark disebut:
a. nama menu untuk akses langsug
b. menu macro
c.
menu dengan
tipe ahead
d. complete sequence
47. Pada sebuah program yang digunakan
di rumah sakit, terdapat formulir pendaftaran pasien rawat inap. Judul terbaik
bagi formulir tersebut adalah:
a. pendaftaran pasien rawat inap baru
b. pemasukan data pasien rawat inap
baru
c.
pemasukan
data pasien rawat inap baru ke dalam tabel pasien pada database
d. penambahan data pasien rawat inap
baru ke dalam database
48. Kecepatan kinerja yang tinggi,
tingkat kesalahan yang rendah, & kepuasan yang tinggi dapat dihasilkan
jika:
a.
pemakai
masih pemula sehingga tidak keberatan menunggu untuk waktu yang lama
b. selalu ada hiburan yang menarik perhatian
di setiap layer
c. ada umpan balik yang jelas tentang kemajuan
kearah solusi
d. pemakai sabar & berlatarbelakang
budaya yang cenderung lamba
49. Perhatikan gambar sistem menu di
bawah ini yang merupakan sistem menu untuk men-set options dalam M
Sistem menu
tersebut termasuk:
a.
single menu
b. linear menu
c.
tree
structure menu
d.
multiple menu
50.
Tata Letak dvorak dirancang pada tahun
a. 1932
b. 1933
c.
1934
d. 1935
51.
Berikut adalah bidang studi yang berkaitan dengan
IMK,Kecuali
a.
Ekonomi
b. Ergonomi
c.
Antropologi
d. Sosiologi
52.
… Aspek dasar yang berhubungan dengan ergonomic
stasiun kerja
a. 4
c. 2
b. 3
d. 1
53. Kombinasi
warna terbaik. Untuk latar belakang berwarna putih adalah
a.
Biru,hitam,merah
b. Putih,kuning
c.
Kuning,cyan
d. Magenta,pink,merah
54. Berapa jenis
ragam dialog yang ada didalam computer
a.
7
b. 8
c.
9
d.
10
55.
Ada Berapa jenis jenis mouse
a.
1
b. 2
c.
3
d.
4
56.
Pada layar tampilan Composite Monochrome Monitor, tipe
adapter yang tepat digunakan adalah
a.
MDA atau EGA
b. CGA
c.
MCGA
d. VGA
atau SVGA
57.
Untuk membuat table sederhana, kita dapat menggunakan
fasilitas ….
a. Insert Table d. Insert
b. Insert Diagram
c. Insert Roster
a. Insert Table d. Insert
b. Insert Diagram
c. Insert Roster
58. Di bawah ini adalah sub menu dari menu Format yang
terdapat di dalam Ms. Word, kecuali ..
a. Paragraph
b. Columns
c. Change Case
d. Object
59. Shortcut Keys yang digunakan untuk masuk ke dalam menu Format adalah
a.
Alt + F
b.
Alt +
O
c.
Alt + R
d. Ctrl +Z
60. Dalam pengetikan sebuah paragraf,huruf pertamanya
dapat memakai font lebih dari satu baris, disebut ....
a. numbering
b. bullet
c. shading
d. drop cap
1. Dibawah
ini yang termasuk bagian dari program aplikasi
adalah :
a. Bagian Desain d. Bagian Syntax
b. Bagian Program e. Bagian Antarmuka
c. Bagian Listing
2. Yang
termasuk Media antarmuka manusia dan komputer
adalah :
a. Media GUI d.
Media Tekstur
b. Media Window e. Media Gambar
c. Media Konvensional
3. Dibawah
ini adalah aspek-aspek dalam sistem komputer,
kecuali :
a. Aspek Perangkat Keras d. Aspek Hardware
b. Aspek Perangkat Lunak e. Aspek User Interface
c. Aspek Manusia
4. Contoh antarmuka
manusia dengan komputer berbentuk
grafis menggunakan pemrograman visual
adalah :
a. Pascal d. Visual Basic
b. Pemrograman C++ e. c dan d benar
c.
COBOL
5. Pada
dasarnya seluruh warna yang ada bermula dari
primer, yang disebut dengan warna primer
adalah :
a. Merah,Hijau, Hitam d. Hitam, Biru, merah
b. Merah, Hijau, Biru e. Putih, Hitam, Hijau
c. Putih, Hitam, Merah
6. Bidang
ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh manusia disebut :
a. Antropometrik
b. Pencahayaan
c. Suhu dan Kualitas Udara
d. Gangguan Suara
e. Kebiasaan dalam Bekerja
7. Dibawah
ini adalah komponen antar muka grafis, kecuali :
a. Tombol Button d.
Text Box
b. Spin Box e.
Tombol Radio
c. List Box
8. Digunakan
untuk menampilkan sejumlah pilihan yang tidak akan terlihat sampai pengguna
program menekan tombol kontrol, adalah :
a. Spin Box
d. Tombol Radio
b. Check Box e. Label Box
c. Combo Box
9. Sebuah
window mendapat focus karena diklik oleh user,disebut :
a. Keyboard focus d. Enter focus
b. Point to focus e. Keypress focus
c. Click to focus
10.
Merupakan segala bentuk kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk,
jasa dan informasi yang dilakukan secara
elektronis disebut :
a. Bisnis d. E- business
b. Intranet e. E- Commerce
c. Internet
11. Listing
Object Circle [step](x,y), Radius,
[Color,start,end,aspect] digunakan untuk membuat :
a. Kotak d. Lingkaran
b. Oval e.
Garis Lurus
c. Persegi
12.
Pemrograman grafis pada sistem operasi Windows selalu menggunakan antar muka yang disebut
a. IGD (Interface Graphics Device)
b. DGI (Device Graphics Interface)
c. GDI (Graphics Device Interface)
d. IDG (Interface Device Graphics)
e. Salah Semua
13.
Pekerjaan yang lebih banyak bekerja dengan program dan pengolahan kata adalah :
a. Pemasukan Data. d. Pekerjaan Interaktif.
b. Akuisisi Data e. Benar Semua
c. Pengolahan Kata
14.
Kebiasaan bekerja dapat mempengaruhi kinerja ketika bekerja dengan menggunakan layar tampilan.
Merupakan aspek ergonomik dalam bidang :
a. Antropometrik d. Gangguan Suara
b. Kebiasaan dalam
Bekerja e. Pencahayaan
c. Suhu dan Kualitas Udara
15. Aspek
keamanan dan kenyamanan kerja ketika meng gunakan stasiun kerja dapat
dipengaruhi oleh kondisi umum kesehatan, yaitu :
a. Radang persendian d. Darah tinggi Stress
b. Penyakit gula e. Benar Semua
c. Berat badan yang berlebihan
16.
Mempunyai sebuah border, sebuah menu bar, dan sebuah status bar, dan mungkin
juga mempunyai satu atau lebih toolbar
adalah :
a. Normal Primary d.
Dialog Commands
b. Primary Window e. Program Window
c. Window Commands
17. Kita dapat mempunyai email secara gratis dari,kecuali :
a. Hotmail.com d. Plasa.com
b.
Bloger.com e.
Gmail.com
c. Yahoo.co.id
18.
Keuntungan menjadi anggota Mailling List, kecuali :
a. Dapat Bertanya suatu hal
b. Memberikan saran atas pertanyaan
c. Memberikan suatu informasi
d. Dapat bertukar informasi
e. Mendapatkan website gratis
19. Beberapa
ISP di Indonesia adalah :
a.Telkom d.
WasantaraNET
b. INDO.NET, e. Semua benar
c. IndosatNET
20. Syarat
agar komputer kita dapat koneksi dengan internet,kecuali :
a. Mempunyai modem
b. Memilih paket yang ditawarkan ISP
c. Memory komputer yang cukup
d. Adanya fasilitas Browser
e. Mempunyai protocol TCP/IP
21.
Merupakan letak dari objek gambar di monitor, disebut :
a. Program d. Animasi
b. Windows e. Aplikasi
c. Sistem Koordinat
22. Pada
sistem pewarnaan, RGB(0, 0, 0),akan menghasilkan warna, yaitu :
a. Merah d. Hijau
b. Hitam
e.
Kuning
c. Putih
23. Letak
pengontrol udara harus diatur sempurna agar arah aliran udara tidak langsung
mengenai user, adalah :
a. Pengukuran dan Antropometrik
b. Aspek Ergonomik dari stasiun kerja
c. Pencahayaan
d. Suhu dan Kualitas Udara
e. Gangguan Suara
24. Tombol
radio terdiri dari dua bagian, yaitu :
a. Tombol Scrollbar
dan Tombol Menu
b. Tombol pengendali dan Label sebagai
atribut tombol
c. Tombol button dan Tombol Scrollbar
d. Tombol pengendali an Tombol Menu
e. Tombol Label dan Tombol Scrollbar
25. Sebuah
perangkat lunak / perangkat keras yang mengatur akses seseorang
kedalam intranet disebut :
a. Firewall d. IP Adress
b. Browser e.
ISP
c. Telnet
26.
Melakukan konfirmasi ketika user ingin menghapus datanya atau melakukan
aktivitas yang akan menimbulkan resiko adalah :
a. Preferences Window d. Authentication Alerts
b. Property Window e. Save Authentication Alerts
c. Confirmation Alerts
27. Web yang
melibatkan kode-kode lain selain HTML seperti
PHP dan lain-lain disebut :
a. Web Blog d.Web Statis
b. Website e. Web Dinamis
c. Web Page
28. Beberapa
keuntungan penggunaan intranet bagi suatu
organisasi atau perusahaan antara lain, kecuali :
a. Produktifitas
kerja
b. Efisiensi
waktu
c. Mahalnya biaya yang
dikeluarkan
d. Meningkatkan
kerjasama
e. Dapat
berbagi informasi
29. Dimana
konsumen akhir bertindak sebagai penjual
sedangkan perusahaan bertindak sebagai pembeli dan aktivitas ini dilakukan secara elektronis,
disebut :
a. Business to Business (B2B)
b. Business to Consumer (B2C)
c. Consumer to Consumer (C2C)
d. Consumer to Business (C2B
e. Business Business Consumer (BBC)
30. Sebuah situs
yang menawarkan hubungan kepada konsumen
ke web lain dan atas jasa ini web yang
menghubungkan ke web lain akan
mendapatkan komisi, disebut :
a. Agen Pembelanjaan d. M-Commerce
b. Penjual Bersindikat e. E-Commerce
c. Makelar Bisnis ke Bisnis
1. Media
yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer untuk memberikan suatu
perintah kepada komputer adalah definisi dari...
a. Program
b. Aplikasi
c. Interface
d. Komputer
e. Salah
Semua
(Note: Jawaban yang benar Antarmuka Manusia dan Komputer)
(Note: Jawaban yang benar Antarmuka Manusia dan Komputer)
2. Bagian
yang berfungsi menghasilkan informasi berdasarkan pengolahan data yang sudah
dimasukkan oleh pengguna lewat algoritma adalah definisi dari...
a. Program
b. Aplikasi
c. Interface
d. Input
e. Salah
semua
3. Media
bentuk sederhana dialog antara manusia dan komputer yang kurang menarik karena
berisi teks adalah...
a. Media
animasi
b. Media
gambar
c. Media GUI
d. Media
aplikasi
e. Media
tekstual
4. Bahasa
pemrograman dibawah ini yang masih berbentuk teks hasil outputnya adalah...
a. C++
b. Visual
Foxpro
c. Delphi
d. Visual
Basic
e. Macro
Media Flash
5. Bahasa
merupakan sarana komunikasi yang akan mengarahkan pengguna ketika ia
berinteraksi dengan komputer adalah...
a. Ergonomik
b. Psikologi
c. Sosiologi
d.
Linguistik
e.
Antropologi
6. Di bawah
ini adalah piranti (alat) ouput pada perangkat keras (hardware) yaitu...
a. Keyboard
b. Bar Code
Reader
c. Scanner
d. Mouse
e. Monitor
7. Di bawah
ini adalah piranti (alat) input pada perangkat keras (hardware) yaitu...
a. Monitor
b. Speaker
audio
c. Keyboard
d. Printer
e. LCD
8. Sistem
komputer terdiri dari tiga aspek, yaitu...
a. Hardware,
Software, Aplikasi
b.
Brainware, Hardware, Software
c. Hardware,
Brainware, Aplikasi
d. Aplikasi,
Software, Brainware
e. salah
semua
9.
Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat lunak program
komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia (Brainware)
disebut...
a. Hardware
b. Brainware
c. Komputer
d. Software
e. Sistem
10. Program
yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer seperti CPU dan Hardware
masukan/keluaran adalah...
a.
Ms-Windows
b. Ms-Excel
c. Ms-Access
d. Ms-Visual
Basic
e. Ms-Visual
Foxpro
11. Pada
ragam dialog pengguna memberikan tanggapan atas prompt yang diberikan oleh
komputer untuk memasukkan perintah atau parameter perintah disebut...
a. Inisiatif
b.
Kompleksitas
c. Kekuatan
d. Keluwesan
e. Umpan
balik
12. Pada
ragam dialog pengguna mempunyai kesempatan melakukan customizing dan memperluas
antarmuka dari sebuah sistem untuk memenuhi kebutuhan disebut...
a. Inisiatif
b.
Kompleksitas
c. Kekuatan
d. Keluwesan
e. Umpan
balik
13. Pada
ragam dialog jika pengguna melakukan kesalahan komputasi, maka program akan
menampilkan suatu pesan kesalahan, disebut...
a. Inisiatif
b. Kompleksitas
c. Kekuatan
d. Keluwesan
e. Umpan balik
b. Kompleksitas
c. Kekuatan
d. Keluwesan
e. Umpan balik
14. Dialog
dimana pengguna (user) dihadapkan ke suatu bentuk formulir di layar komputer
berisi sejumlah pengisian data dan opsi (option) yang telah ditentukan adalh...
a. Form
Filling Dialogue
b. Natural
Language Interface
c.
Programming Languange Dialogue
d. Dialogue
Style
e. Command
Line Dialogue
15. Beberapa
perintah seperti DIR, COPY, FORMAT, PSSWD, WHO, VI, LS merupakan terdapat pada
kategori ragam dialog...
a. Programming
Languange Dialogue
b. Natural
Languange Interface
c. Form
Filling Dialogue
d. Command
Line Dialogue
e. Salah
semua
16. Kondisi
yang jelas dalam memberikan petunjuk untuk manipulasi suatu objek pada prinsip
desain interface disebut...
a. Implied
actions
b. Explicit
actions
c. User
control
d. Aesthetic
Integrity
e.
Consistency
17.
Mengijinkan user mengontrol dan menginisialisasi aksi pada prinsip desain
interface disebut...
a. Implied
actions
b. Explicit
actions
c. User
control
d. Aesthetic
Integrity
e.
Consistency
18. User
dapat mentransfer pengetahuan dan kemampuan dari suatu aplikasi ke aplikasi
lain pada prinsip desain interface disebut...
a. Implied
actions
b. Explicit
actions
c. User
control
d. Aesthetic
Integrity
e.
Consistency
19. Tidak ada
perbedaan antara yang dilihat di layar dengan hasil outputnya pada prinsip
desain interface disebut...
a. Direct
Manipulation
b. WYSIWYG
c. Aesthetic
Integrity
d. Explicit
actions
e. Implied
actions
20. Model
yang digunakan dalam mendesain layout adalah, kecuali...
a. Berbasis
dokumen
b. Berbasisi
non dokumen
c. Utilitas
d. Non
utilitas
e. benar
semua
21. Gambar
di bawah ini adalah jenis keyboard...
a. Keyboard
Dvorak
b. Keyboard
QWERTY
c. Keyboard
Alphabetik
d. Keyboard
Klockenberg
e. Keyboard Stenotype
22. Gambar
di bawah ini adalah jenis keyboard...
a. Keyboard
Dvorak
b. Keyboard
QWERTY
c. Keyboard
Alphabetik
d. Keyboard
Klockenberg
e. Keyboard
Stenotype
23. Di bawah
ini adalah jenis piranti perangkat keras pengambilan gambar terformat,
kecuali...
a. Bar Code
Reader
b. Image
Scanner
c. Magnetic
Ink Character Recognation (MICR)
d. Optical
Mark Recognation (OMR)
e. Optical
Character Recognation (OCR)
24. Di bawah
ini yang merupakan jenis piranti perangkat keras pengambil gambar tidak terformat
adalah...
a. Bar Code
Reader
b. Optical
Character Recognation (OCR)
c. Magnetic
Ink Character Recognation (MICR)
d. Optical
Mark Recognation (OMR)
e. Image Scanner
25. Yang
termasuk kelompok dalam tombol pada papan ketik adalah, kecuali...
a. Tombol
Fungsi
b. Tombol
Kontrol
c. Alfabet
d. Tombol
Alphanumerik
e. Tombol
Numeric
26.
Pemilihan ragam dialog dipengaruhi, kecuali...
a.
Karakteristik populasi pengguna
b. Tipe
dialog yang diperlukan
c. Kendala
teknologi
d. Struktur
dari data
e. Semua benar
27. Faktor
yang perlu dipertimbangkan dalam perancangan antarmuka berbasisi teks,
kecuali...
a. Ururtan
penyajian
b.
Kelonggaran
c.
Pengelompokkan
d.
Kesederhanaan
e.
Kesesuaian dengan media
28. Untuk
merancang program aplikasi spesial purpose software adalah...
a. User
Centered Design
b. User
Design Approach
c.
Application Design Approach
d. Spesial
Design Approach
e. Salah
semua
(Note: Jawaban yang benar User Centered Design Approach)
(Note: Jawaban yang benar User Centered Design Approach)
29. Urutab
pertama dalam perancangan tampilan adalah...
a. Perancangan
format pesan
b.
Perancangan struktur dialog
c. Pemilihan
ragam dialog
d.
Perancangan struktur data
e.
Perancangan penanganan kesalahan
30. Pada
perancangan program dimungkinkan program berhenti karena terjadi kesalahan yang
disebut...
a. Error Program
b. Abnormal
Terminator
c. Run Time
Error
d. Syntax
Error
e. Semua
bena
Kisi-Kisi IMK
1. GUI singkatan dari
a. Graphical User Interface
b. Graphic Unit
Interface
c. Graphical
Unit Interface
d. Graphic User
Interface
e. Grafical Uses
Interface
2. Dibawah ini adalah contoh antarmuka manusia dengan komputer
yang berbentuk grafis, kecuali :
a. Pascal d. Delphi
b. Visual Basic
6.0 e. Visual Basic.net
c.
Visual Fox pro
3. Fungsi yang digunakan untuk membentuk garis terputus-putus dalam
bentuk garis dan titik adalah :
a. Dash d. Dot
b. Dash-Dot e. Transparant
c. Solid
4. Koordinat yang dipakai oleh peralatan fisik biasa disebut :
a. Koordinat Layar
b. Koordinat
Logika
c. Koordinat
Fisik
d. Koordinat
Bayangan
e. Koordinat Titik
5. Koordinator fisik yang berasal dari pusat menuju ke kanan
adalah :
a. sumbu “z”
positif d.
sumbu “y” positif
b. sumbu “x” positif e. sumbu “y” negatif
c. sumbu “x”
negatif
7. Faktor yang berhubungan dengan kenyamanan kerja biasa disebut
dengan :
a.
Ergonomik d.
Estetika
b. GUI e.
Antronomik
c. Antropometrik
8. Aspek penting yang perlu dipertimbangkan yang berhubungan
dengan kenyamanan kerja, kecuali
a. Aspek Ergonomik b.
Pencahayaan
c. Kualitas udara d. Jenis Komputer
e. Kebiasaan Dalam Bekerja
9. Suatu bidang ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh
manusia
a. Ergonomik b.
Antropometrik
c. Statistik d. Estetik
e. Antrometrik
10. Tipe pekerjaan yang perlu dipertimbangkan yang berhubungan
dengan ergonomik adalah :
a. Pengolahan Informasi
b. Pengolahan data
c. Pekerjaan non interaktif
d. Perencanaan data
e.
Pemasukkan data
11. Tujuan dari Antropometrik
a. Keseimbangan teori dengan yang sebenarnya
b. Menghasilkan GUI yang baik
c. Tampilan program yang bagus
d. Agar tidak terjadi kebosanan
kerja
e. Supaya semangat dalam bekerja
12. Komponen
antarmuka grafis yang digunakan untuk
mengatur nilai suatu peubah, biasanya bertipe numerik, dengan menambah atau
mengurangkannya dengan suatu nilai tertentu dan nilai maksimum dan minimum peubah
dinyatakan dengan jelas adalah :
a. Spin Box d. Tombol tekan
b. List Box e.
Combo Box
c. Label Box
13. Komponen
antarmuka grafis yang digunakan untuk menampilkan sejumlah pilihan yang
tersedia yang dapat dipilih oleh pengguna program. Biasanya pilihan yang dapat
dipilih berupa pilihan tunggal, tetapi dalam kondisi tertentu juga dimungkinkan
untuk membuat pilihan jamak (multiple choices) adalah :
a. Spin Box d. Tombol tekan
b. List Box e. Combo Box
c. Label Box
14. Komponen
antarmuka grafis yang menampilkan pilihan tidak akan terlihat sampai pengguna
menekan tombol kontrol dan juga dapat memasukkan pilihan yang mungkin tidak ada
dalam daftar pilihan yang tersedia adalah :
a. Spin Box d. Tombol tekan
b. List Box e. Combo Box
c. Label Box
15. Sejumlah
pilihan yang memungkinkan pengguna untuk memilih salah satu pilihan yang
tersedia, pilihan tersebut dapat bernilai on atau off yang ditandai dengan
tanda tertentu :
a. Tombol Tekan d. Check Box
b. Tombol Radio e. Combo Box
c. Tombol Label
16. Komponen
antarmuka grafis yang digunakan untuk mengaktifkan suatu aktivitas apabila
tombol tersebut ditekan menggunakan mouse (Click Mouse) adalah :
a. Spin Box d. Tombol tekan
b. List Box e.
Combo Box
c. Radio Button
17. Jenis widow,
kecuali
a. Document Window
b. Application Window
c. Utility Window
d. Dialogs and Alerts
e. Multiple Window
18. Yang perlu
diperhatikan dalam mendesain judul window:
a. Window tidak harus diberi Judul
b. Judul Window tidak harus relevan
c. Beri judul yang berbeda pada window
yang dibuka
d. Berilah Font yang menarik
e. Judul window
tidak harus unik
19. Ketentuan
boleh tidaknya berinteraksi dari wondow satu ke window lain dalam satu aplikasi
a. Modality b. Entity
c. Ergonomik d. Flexiblelity e. Focus
20. Yang perlu
diperhatikan dalam mendesain window, kecuali
a. Desain Judul
Window b. Modality c. Desain Border
d. Warna Window e. Focus
21. Mekanisme saat sebuah window mendapat focus karena
dipilih user menggunakan shortcut keyboard
a. Click to
focus b. Point to focus c. Keyboard focus d. Enter focus
e. Mouse to focus
22. Bagian yang
berfungsi menghasilkan informasi berdasarkan pengolahan data yang sudah
dimasukan oleh pengguna lewat algoritma adalah definisi dari:
a. Program d. Input
b. Aplikasi e. Salah Semua
c. Interface
23.Media bentuk
sederhana dialog antara manusia dan komputer yang kurang menarik karena berisi
teks adalah adalah :
a.Media Animasi d. Media Aplikasi
b.Media Gambar e. Media Tekstual
c.Media GUI
24. Sistem
komputer terdiri dari tiga aspek, yaitu :
a. Hardware,
Software, Aplikasi
b. Brainware, Hardware, Software
c. Hardware,
Brainware,Aplikasi
d. Aplikasi,
Software, Brainware
e. Salah Semua
25. Serangkaian
unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat lunak program komputer yang
digunakan untuk membantu proses kerja manusia ( Brainware ). disebut :
a. Hardware d. Software
b. Brainware e. Sistem
c. Komputer
26. Pada ragam
dialog pengguna memberikan tanggapan atas prompt yang berikan oleh komputer
untuk memasukkan perintah atau parameter perintah disebut :
a. Inisiatif d. Keluwesan
b. Kompleksitas e. Umpan Balik
c. Kekuatan
27. Pada ragam
dialog pengguna mempunyai kesempatan melakukan customizing dan memperluas
antarmuka dari sebuah sistem untuk memenuhi kebutuhan disebut :
a. Inisiatif d. Keluwesan
b. Kompleksitas e. Umpan Balik
c. Kekuatan
28. Model yang
digunakan dalam mendisain layout adalah, kecuali :
a. Berbasis
Dokumen d. Non utilitas
b. Berbasis Non
Dokumen e. Benar
Semua
c. Utilitas
29. Kondisi yang
jelas dalam memberikan petunjuk untuk manipulasi suatu obyek pada prinsip
desain interface disebut :
a.Implied
actions d. Aesthetic Integrity
b .Explicit actions e. Consistency
c. User Control
30. Dibawah ini
yang merupakan jenis Piranti perangkat keras pengambilan gambar tidak terformat
adalah :
a. Bar Code
Reader
b. Optical
Character Recognation (OCR)
c. Magnetic Ink
Character Recognation (MICR)
d. Optical Mark
Recognation (OMR)
e. Image Scanner
31. Yang
termasuk kelompok dalam tombol pada papan ketik adalah, kecuali :
a. Tombol Fungsi
d. Tombol Alphanumerik
b. Tombol
Kontrol e. Tombol Numeric
c.
Alfabet
1. Berikut ini adalah contoh
implementasi perancangan interface yang sesuai
dengan konsep yang dirintis oleh Ben Shneiderman, kecuali ……………..
A. Adanya pointing dengan mouse C. Aplikasi Touch-screen
B. Teknologi surface computing D. Teknologi Teleimmersion
2. Pembuatan prototype suatu sistem merupakan implementasi dari konsep ……….
A. Deductive reasoning C. Inductive reasoning
B. Abductive reasoning D. Trial and error
3. Berikut ini adalah contoh penerapan beberapa gaya interaksi antara user
dengan sistem, kecuali ……………….
A. Speech recognition C. Tool box pada aplikasi grafis
B. XML pada web-services D. Hyperlink di web
4. Contoh langkah antisipasi untuk meminimalisir kesalahan (mistake) user dalam
berinteraksi dengan sistem adalah dengan …
A. Memberi jarak antar icon
B. Memilih ukuran toolbar yang nyaman untuk dilihat
C. Memilih kontras warna yang jelas pada button
D. Membuat manual dan help dari sistem
dengan konsep yang dirintis oleh Ben Shneiderman, kecuali ……………..
A. Adanya pointing dengan mouse C. Aplikasi Touch-screen
B. Teknologi surface computing D. Teknologi Teleimmersion
2. Pembuatan prototype suatu sistem merupakan implementasi dari konsep ……….
A. Deductive reasoning C. Inductive reasoning
B. Abductive reasoning D. Trial and error
3. Berikut ini adalah contoh penerapan beberapa gaya interaksi antara user
dengan sistem, kecuali ……………….
A. Speech recognition C. Tool box pada aplikasi grafis
B. XML pada web-services D. Hyperlink di web
4. Contoh langkah antisipasi untuk meminimalisir kesalahan (mistake) user dalam
berinteraksi dengan sistem adalah dengan …
A. Memberi jarak antar icon
B. Memilih ukuran toolbar yang nyaman untuk dilihat
C. Memilih kontras warna yang jelas pada button
D. Membuat manual dan help dari sistem
5. Pada
dasarnya seluruh warna yang ada bermula dari
primer, yang disebut dengan warna primer
adalah :
a. Merah,Hijau, Hitam d. Hitam, Biru, merah
b. Merah, Hijau, Biru e. Putih, Hitam, Hijau
c. Putih, Hitam, Merah
6. Bidang
ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh manusia disebut :
a. Antropometrik
b. Pencahayaan
c. Suhu dan Kualitas Udara
d. Gangguan Suara
e. Kebiasaan dalam Bekerja
7. Dibawah
ini adalah komponen antar muka grafis, kecuali :
a. Tombol Button d. Text Box
b. Spin Box e.
Tombol Radio
c. List Box
8. Digunakan
untuk menampilkan sejumlah pilihan yang tidak akan terlihat sampai pengguna
program menekan tombol kontrol, adalah :
a. Spin Box
d. Tombol Radio
b. Check Box e. Label Box
c. Combo Box
9. Sebuah
window mendapat focus karena diklik oleh user,disebut :
a. Keyboard focus d. Enter focus
b. Point to focus e. Keypress focus
c. Click to focus
10.
Merupakan segala bentuk kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk,
jasa dan informasi yang dilakukan secara
elektronis disebut :
a. Bisnis d. E- business
b. Intranet e. E- Commerce
c. Internet
11. Listing
Object Circle [step](x,y), Radius,
[Color,start,end,aspect] digunakan untuk membuat :
a. Kotak d. Lingkaran
b. Oval e.
Garis Lurus
c. Persegi
12.
Pemrograman grafis pada sistem operasi Windows selalu menggunakan antar muka yang disebut
a. IGD (Interface Graphics Device)
b. DGI (Device Graphics Interface)
c. GDI (Graphics Device Interface)
d. IDG (Interface Device Graphics)
e. Salah Semua
13.
Pekerjaan yang lebih banyak bekerja dengan program dan pengolahan kata adalah :
a. Pemasukan Data. d. Pekerjaan Interaktif.
b. Akuisisi Data e. Benar Semua
c. Pengolahan Kata
14.
Kebiasaan bekerja dapat mempengaruhi kinerja ketika bekerja dengan menggunakan layar tampilan.
Merupakan aspek ergonomik dalam bidang :
a. Antropometrik d. Gangguan Suara
b. Kebiasaan dalam
Bekerja e.
Pencahayaan
c. Suhu dan Kualitas Udara
15. Aspek
keamanan dan kenyamanan kerja ketika meng gunakan stasiun kerja dapat
dipengaruhi oleh kondisi umum kesehatan, yaitu :
a. Radang persendian d. Darah tinggi Stress
b. Penyakit gula e. Benar Semua
c. Berat badan yang berlebihan
16.
Mempunyai sebuah border, sebuah menu bar, dan sebuah status bar, dan mungkin
juga mempunyai satu atau lebih toolbar
adalah :
a. Normal Primary d. Dialog Commands
b. Primary Window e. Program Window
c. Window Commands
17.
Keuntungan menjadi anggota Mailling List, kecuali :
a. Dapat Bertanya suatu hal
b.
Memberikan saran atas pertanyaan
c. Memberikan suatu informasi
d. Dapat bertukar informasi
e. Mendapatkan website gratis
18. Beberapa
ISP di Indonesia adalah :
a.Telkom d. WasantaraNET
b. INDO.NET, e. Semua benar
c. IndosatNET
19. Syarat
agar komputer kita dapat koneksi dengan internet,kecuali :
a. Mempunyai modem
b. Memilih paket yang ditawarkan ISP
c. Memory komputer yang cukup
d. Adanya fasilitas Browser
e. Mempunyai protocol TCP/IP
20.
Merupakan letak dari objek gambar di monitor, disebut :
a. Program d. Animasi
b. Windows e. Aplikasi
c. Sistem Koordinat
21. Pada
sistem pewarnaan, RGB(0, 0, 0),akan menghasilkan warna, yaitu :
a. Merah
d.
Hijau
b. Hitam
e.
Kuning
c. Putih
22. Letak
pengontrol udara harus diatur sempurna agar arah aliran udara tidak langsung
mengenai user, adalah :
a. Pengukuran dan Antropometrik
b. Aspek Ergonomik dari stasiun kerja
c. Pencahayaan
d. Suhu dan Kualitas Udara
e. Gangguan Suara
23. Tombol
radio terdiri dari dua bagian, yaitu :
a. Tombol Scrollbar
dan Tombol Menu
b. Tombol pengendali dan Label sebagai
atribut tombol
c. Tombol button dan Tombol Scrollbar
d. Tombol pengendali an Tombol Menu
e. Tombol Label dan Tombol Scrollbar
24. Sebuah
perangkat lunak / perangkat keras yang mengatur akses seseorang
kedalam intranet disebut :
a. Firewall d. IP Adress
b. Browser e. ISP
c. Telnet
25.
Melakukan konfirmasi ketika user ingin menghapus datanya atau melakukan
aktivitas yang akan menimbulkan resiko adalah :
a. Preferences Window d. Authentication Alerts
b. Property Window e. Save
Authentication Alerts
c. Confirmation
Alerts
26. Web yang
melibatkan kode-kode lain selain HTML seperti
PHP dan lain-lain disebut :
a. Web Blog d.Web Statis
b. Website e. Web Dinamis
c. Web Page
27. Beberapa
keuntungan penggunaan intranet bagi suatu
organisasi atau perusahaan antara lain, kecuali :
a. Produktifitas
kerja
b. Efisiensi
waktu
c. Mahalnya biaya yang
dikeluarkan
d. Meningkatkan
kerjasama
e. Dapat
berbagi informasi
28. Dimana
konsumen akhir bertindak sebagai penjual
sedangkan perusahaan bertindak sebagai pembeli dan aktivitas ini dilakukan secara elektronis,
disebut :
a. Business to Business (B2B)
b. Business to
Consumer (B2C)
c. Consumer to Consumer (C2C)
d. Consumer to Business (C2B
e. Business Business Consumer (BBC)
29. Sebuah
situs yang menawarkan hubungan kepada
konsumen ke web lain dan atas jasa ini web yang
menghubungkan ke web lain akan
mendapatkan komisi, disebut :
a. Agen Pembelanjaan d. M-Commerce
b. Penjual Bersindikat e. E-Commerce
c. Makelar Bisnis ke Bisnis
KUNCI
JAWABAN IMK 2016
1. Program
yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas tugas ,misalnya membuat
dokumen,manipulasi photo dan menbuat laporan disebut
A. Piranti bantu
mesin
B. Piranti
bantu brainware
C. Piranti
bantu user interface
D. Piranti bantu
hardware
E.
Piranti bantu aplikasi
2. Setiap
warna primer dinyatakan dengan bilangan bulat antara
A. 0 sampai
dengan 522
B. 0 sampai
dengan 252
C.
0 sampai dengan 255
D. 0 sampai
dengan 225
E. 0 sampai
dengan 525
3. Listing
program RGB(255,0,0) akan menghasilkan warna
A.
Merah
B. Hijau
C. Hitam
D. Blue
E. Putih
4.
Merupakan faktor brainware dalam merancang antarmuka adalah
A.
Warna
B.
Perkiraan
C.
Penglihatan
D. Penulisan
E.
Pencahayaan
5. Model
warna pada windows bias menangani jumlah warna maksimal adalah
A. 16,8
juta warna
B. 17,8 juta
warna
C. 15,8
juta warna
D. 13,8 juta
warna
E. 14,8
juta warna
6. Yang
merupakan aspek perangkat lunak dalam system computer
A. Printer
B.
Mouse
C. Adobe
photoshopt
D. Monitor
E. Keyboard
7. System
koordinatpada pemrograman windows terdiri dari dua yaitu koordinat
A. Program dan
fisik
B. Logika
dan program
C. Logika
dan structural
D.
Fisik dan logika
E. Fisik
dan structural
8. Penggunaan keyboard
yang sesuai dengan bentuk lekuk tangan merupakan aspek ergonomik yang
berhubungan dengan
A. Situasi kerja
B.
Kebiasaan dalam kerja
C.
Pencahayaan
D.
Stasiun kerja
E.
Pengukuran
9. Ragam dialok
yang memunkinkan pengguna untuk mengemas sejumlah perintah kedalam suatu berkas
yang sering kali disebut dengan batch…. Disebut
A. Form filling
dialogue
B.
Programming language dialogue
C. Command
line dialogue
D. Windowing
system
E. Natural
language interface
10. Bagian yang
berfungsi untuk menghasilkan informasi berdasarkan olahan data yangsudah
dimasukan oleh pengguna lewat algoritmah disebut
A. Bagian
compiler
B. Bagian
syntax
C. Bagian
aplikasi
D. Bagian antar
muka
E.
Bagian output
11. Yang merupakan
karakteristik ragam dialog adalah
A. Inisiatif
B.
Kompleksitas
C. Kekuatan
D.
Konsistensi
E.
Keluwesan
12. Yang merupakan
ragam dialog interaktif adalah
A. Windowing
system
B.
Programming language dialogue
C. Aplikasi
dialogue
D. Tools language
interface
E. Program
dialogue
13. Pada aspek
pendengaran ,telinga manusia tidak akan mendengar suara dengan frekuensi
A. Kurang dari
140 dB
B. Kurang
dari 24 dB
C. Kurang
dari 2 dB
D.
Kurang dari 20 dB
E. Kurang
dari 20 hertz
14. Merupakan bagian
dari kelompok tombol fungsi (function key) pada papan ketik (keyboard)adalah
A. Tombol F1
sampai F12
B.
Tombol alphanumeric(alpha numeric key)
C. Tombol
control(control key)
D. Tombol
numeric(numeric key)
E. Tombol
angka (number key)
15. Banyaknya cahaya
yang dipantulkan oleh permukaan obyek biasa disebut dengan
A. Kontras
B.
Kecerahan
C. Medan
penglihatan
D. Sudut dan
ketajaman penglihatan
E.
Luminas
16. Terdapat 5 faktor
yang diperlukan dalam perancangan tampilan berbasis grafis yaitu
A. Perancangan
struktur dialog
B. Waktu
tanggap
C.
Perancangan penanganan kesalahan
D. Urutan
penyajian
E.
Urutan visual dan focus pengguna
17. Yang merupakan
aspek perangkat lunak dari system computer adalah
A. Random acces
memory
B. Hardisk
C. Operator
D. Mouse
E.
Operating system
18. Model aplikasi yang
cenderung menekan kan pada style dibandingkan dengan fitur aplikasi adalah
A. GUI
B. Layout
utilitas
C. Berbasis
teks
D.
Berbasis dokumen
E. Berbasis
non dokumen
19. Tampilan yang rama
dengan pengguna pada perancangan antar muka manusia dan computer sering di
sebut
A. User account
B.
User friendly
C. User
interface
D. User
interaction
E. User
group
20. Pada dasarnya
seluruh warna yang ada bermula dari primer yang disebut dengan warna primer
adalah
A.
Hitam,biru,merah
B.
Merah,hijau,hitam
C.
Putih,hitam,merah
D.
Merah,hijau,biru
E.
Putih,hitam,hijau
21. Jenis jendelah yang
lebar layarnya dibagibagi menjadi beberapa jendela dengan ukuran yang
bervariasi disebut
A.
Space multiplex window
B. Jendela
TTY
C. Time
–multiplexed windows
D. Non homogen
E.
Multiplex window
22. Merupakan factor
brainware dalam merancang antarmuka adalah
A. Perkiraan
B.
Pencahayaan
C.
Penglihatan
D.
Warna
E.
Penulisan
23. Keyboard yang
diciptakan olehcristopher latnam sholes, 1870-an adalah jenis keyboard
A. Keyboard
QWERTTY
B.
Keyboard klockenberg
C. Keyboard
dvorak
D. Keyboard
alphabetic
E. Keyboard
numeric
24. ………….
jawaban .command line dialogue
25. Cara yang digunakan
untuk mengorganisasikan berbagai tehnik dialog merupakan pengertian dari
A. Media
interaksi
B.
Observabilitas
C. User
intervace
D. Dialogue style
E. User
friendly
26. Area(wilaya) yang
dapat dilihat oleh manusia normal disebut
A. Kecerahan
B. Luminas
C.
Medan penglihatan
D. Sudut
penglihatan
E. Kontras
27. Hubungan antara
cahaya yang dikeluarkan sesuatuobyek dan cahaya dari latar belakangobyek
tersebut disebut
A. Luminas
B.
Kecerahan
C. Sudut
penglihatan
D. Medan
penglihatan
E.
Kontras
28. Manusia akan lebih
nayaman apabila tombol atau keyboard tidak berat prosespenekanannya merupakan
contoh factor brainware dalam merancang antra muka yaitu dalam aspek
A. Pendengaran
B.
Penglihatan
C.
Pengendlian motorik
D. Pemodelan
system pengolahan
E.
Sentuhan
29. Aspek pada
system computer yang berhubungan dengan user disebut
A. Brainware
B. Hardware
C. User
interface
D.
Software
E. Usar
information
30. Memahami
bagaimana pengguna dapat menggunakan sifat dari kebiasaan baiknya agar dapat
menjodohkan mesin dengan manusia sehingga dapat bekerja sama dapat diperoleh
dengan mempelajari ilmu
A. Ergonomic
B.
Linguistic
C.
Antropologi
D. Sosiologi
E.
psikologi
Jawaban
Quiz_2 IMK
1. Pada perdagangan elektronis yang mendukung bisnis berbasis konsumen ke pelaku bisnis yang memungkinkan konsumen dapat menjual ke suatu perusahaan disebut :
a. Business to Business (B2B) b. Business to Consumer (B2C)
c. Consumer to Consumer (C2C) d. Consumer to Business (C2B)
2. Yang perlu diperhatikan dalam mendesain window, kecuali:
a. Desain Judul Window b. Modality
c. Desain Border d. Warna Window
3. Graph Driver pada unit standar Graph, kecuali :
a. CGA c. EGA
b. VGA d. IGA
4. Mekanisme saat window menerima data-data dari input drive, kecuali:
a. Documen Window b. Application Window
c. Utility Window d. Multiple Window
5. E-Intermediary pada internet atau situs web yang menawarkan hubungan kepada konsumen ke situs-situs web lain atas jasa ini web yang menghubungkan ke web lain akan mendapat komisi disebut :
a. Agen Pembelanjaan c. Makelar Bisnis ke Bisnis
b. Penjual Bersindikat d. M-Commerce
6. Komponen antarmuka grafis yang digunakan untuk menampilkan sejumlah pilihan yang tersedia yang dapat dipilih oleh pengguna program. Biasanya pilihan yang dapat dipilih berupa pilihan tunggal, tetapi dalam kondisi tertentu juga dimungkinkan untuk membuat pilihan jamak (multiple choicec) adalah :
a. Spin Box c. Tombol Tekan
b. List Box d. Combo Box
7. Pada perdagangan elektronik atau e-commerce yang menyatakan jual beli produk atau jasa melibatkan dua atau beberapa perusahaan yang umumnya terlibat perusahaan pemasok, distributor, pabrik disebut :
a. Business to Business (B2B) b. Business to Consumer (B2C)
c. Consumer to Consumer (C2C) d. Consumer to Business (C2B)
8. Komponen antarmuka grafis yang digunakan untuk mengatur nilai suatu peubah, biasanya bertipe numeric, dengan menambahkan atau mengurangkannya dengan suatu nilai tertentu dan nilai maksimum dan mimimum peubah dinyatakan dengan jelas adalah :
a. Spin Box c. Tombol Tekan
b. List Box d. Combo Box
9. Tujuan dari Antropometrik
a. Keseimbangan teori dengan yang sebenarnya
b. Menghasilkan GUI yang baik
c. Tampilan program yang bagus
d. Agar tidak terjadi kebosanan kerja
10. Prosedur standar untuk berpindah dari mode grafik ke mode teks
a. CloseGraph c. OpenGraph
b. RestoreCrtMode d. SetGraphMode
11.Sejumlah pilihan yang memungkinkan pengguna untuk memilih salah satu pilihan yang tersedia, pilihan tersebut dapat bernilai on atau off yang ditandai dengan tanda tertentu :
a. Tombol Tekan c. Check Box
b. Tombol Radio d. Combo Box
12. Aspek penting yang perlu dipertimbangkan yang berhubungan dengan kenyamanan kerja, kecuali:
a. Aspek Ergonomik c. Kualitas Udara
b. Pencahayaan d. Jenis Komputer
13. Ketentuan boleh tidaknya berinteraksi dari windows satu ke window lain dalam satu aplikasi
a. Modality c. Ergonomik
b. Entity d. Flexibelity
14. Situs web yang tidak mempunyai produk tetapi merupakan perantara yang menyediakan sarana komunikasi dan informasi seperti produk dan harga yang berasal dari pemasok diantara pebisnis disebut
a. Agen Pembelanjaan c. Makelar Bisnis ke Bisnis
b. Penjual Bersindikat d. M-Commerce
15. Tipe pekerjaan yang perlu dipertimbangkan yang berhubungan dengan ergonomic, kecuali:
a. Pemasukan data c. Interaktif
b. Akuisisi Data d. Perencanaan
16. Prosedur untuk memulai menggunakan grafik adalah
a. Close Graph c. Open Graph
b. InitGraph d. Set Graph
1. Pada perdagangan elektronis yang mendukung bisnis berbasis konsumen ke pelaku bisnis yang memungkinkan konsumen dapat menjual ke suatu perusahaan disebut :
a. Business to Business (B2B) b. Business to Consumer (B2C)
c. Consumer to Consumer (C2C) d. Consumer to Business (C2B)
2. Yang perlu diperhatikan dalam mendesain window, kecuali:
a. Desain Judul Window b. Modality
c. Desain Border d. Warna Window
3. Graph Driver pada unit standar Graph, kecuali :
a. CGA c. EGA
b. VGA d. IGA
4. Mekanisme saat window menerima data-data dari input drive, kecuali:
a. Documen Window b. Application Window
c. Utility Window d. Multiple Window
5. E-Intermediary pada internet atau situs web yang menawarkan hubungan kepada konsumen ke situs-situs web lain atas jasa ini web yang menghubungkan ke web lain akan mendapat komisi disebut :
a. Agen Pembelanjaan c. Makelar Bisnis ke Bisnis
b. Penjual Bersindikat d. M-Commerce
6. Komponen antarmuka grafis yang digunakan untuk menampilkan sejumlah pilihan yang tersedia yang dapat dipilih oleh pengguna program. Biasanya pilihan yang dapat dipilih berupa pilihan tunggal, tetapi dalam kondisi tertentu juga dimungkinkan untuk membuat pilihan jamak (multiple choicec) adalah :
a. Spin Box c. Tombol Tekan
b. List Box d. Combo Box
7. Pada perdagangan elektronik atau e-commerce yang menyatakan jual beli produk atau jasa melibatkan dua atau beberapa perusahaan yang umumnya terlibat perusahaan pemasok, distributor, pabrik disebut :
a. Business to Business (B2B) b. Business to Consumer (B2C)
c. Consumer to Consumer (C2C) d. Consumer to Business (C2B)
8. Komponen antarmuka grafis yang digunakan untuk mengatur nilai suatu peubah, biasanya bertipe numeric, dengan menambahkan atau mengurangkannya dengan suatu nilai tertentu dan nilai maksimum dan mimimum peubah dinyatakan dengan jelas adalah :
a. Spin Box c. Tombol Tekan
b. List Box d. Combo Box
9. Tujuan dari Antropometrik
a. Keseimbangan teori dengan yang sebenarnya
b. Menghasilkan GUI yang baik
c. Tampilan program yang bagus
d. Agar tidak terjadi kebosanan kerja
10. Prosedur standar untuk berpindah dari mode grafik ke mode teks
a. CloseGraph c. OpenGraph
b. RestoreCrtMode d. SetGraphMode
11.Sejumlah pilihan yang memungkinkan pengguna untuk memilih salah satu pilihan yang tersedia, pilihan tersebut dapat bernilai on atau off yang ditandai dengan tanda tertentu :
a. Tombol Tekan c. Check Box
b. Tombol Radio d. Combo Box
12. Aspek penting yang perlu dipertimbangkan yang berhubungan dengan kenyamanan kerja, kecuali:
a. Aspek Ergonomik c. Kualitas Udara
b. Pencahayaan d. Jenis Komputer
13. Ketentuan boleh tidaknya berinteraksi dari windows satu ke window lain dalam satu aplikasi
a. Modality c. Ergonomik
b. Entity d. Flexibelity
14. Situs web yang tidak mempunyai produk tetapi merupakan perantara yang menyediakan sarana komunikasi dan informasi seperti produk dan harga yang berasal dari pemasok diantara pebisnis disebut
a. Agen Pembelanjaan c. Makelar Bisnis ke Bisnis
b. Penjual Bersindikat d. M-Commerce
15. Tipe pekerjaan yang perlu dipertimbangkan yang berhubungan dengan ergonomic, kecuali:
a. Pemasukan data c. Interaktif
b. Akuisisi Data d. Perencanaan
16. Prosedur untuk memulai menggunakan grafik adalah
a. Close Graph c. Open Graph
b. InitGraph d. Set Graph
17. Komponen antarmuka grafis yang
menampilkan pilihan tidak akan terlihat sampai pengguna menekan tombol control
dan juga dapat memasukkan pilihan yang mungkin tidak ada dalam daftar pilihan
yang tersedia adalah :
a. Spin Box c. Tombol Tekan
b. List Box d. Combo Box
18. Berisi kode dan data yang diperlukan supaya grafik dapat ditampilkan di layar
a. Grafik driver c. VGA Card
b. GUI d. Program
19. Yang perlu diperhatikan dalam mendesain judul window, kecuali:
a. Window harus dibeli judul
b. Judul Window harus relevan
c. Beri judul yang berbeda pada window yang dibuka
d. Berilah Font yang menarik
20. Pada perdagangan elektronis yang model perdagangan yang terjadi antara konsumen dengan konsumen dan memungkinkan orang-orang dapat menjual atau membeli barang diantara mereka sendiri disebut :
a. Business to Business (B2B)
b. Business to Consumer (B2C)
c. Consumer to Consumer (C2C)
d. Consumer to Business (C2B)
a. Spin Box c. Tombol Tekan
b. List Box d. Combo Box
18. Berisi kode dan data yang diperlukan supaya grafik dapat ditampilkan di layar
a. Grafik driver c. VGA Card
b. GUI d. Program
19. Yang perlu diperhatikan dalam mendesain judul window, kecuali:
a. Window harus dibeli judul
b. Judul Window harus relevan
c. Beri judul yang berbeda pada window yang dibuka
d. Berilah Font yang menarik
20. Pada perdagangan elektronis yang model perdagangan yang terjadi antara konsumen dengan konsumen dan memungkinkan orang-orang dapat menjual atau membeli barang diantara mereka sendiri disebut :
a. Business to Business (B2B)
b. Business to Consumer (B2C)
c. Consumer to Consumer (C2C)
d. Consumer to Business (C2B)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar