|
Return0;
}
a.
23
b.
30
c. 32
d. 33
4.
Berapakah
output yang dihasilkan dari perhitungan A%3 dengan nilai A-80...
a. 1
b.
3
c. 4
d. 2
5.
Bentuk umum
pernyataan for adalah...
a. For (inisialisasi ; teminasi ; iterasi)
badan program;
b. For (terminasi ; iterasi ;
inisialisasi) badan program;
c.
For (iterasi
; terminasi ; inisialisasi) badan program;
d. For (inisialisasi ; iterasi ;
terminasi) badan program;
6.
Apa hasil
output dari program di bawah ini, jika tinggi diisi dengan 4...
#include
#include
Vold main()
{
Int tinggi.
Baris,
Kolom;
Clrscr();
Cout<<”tinggi segitiga –“;
Cin>>tinggi;
Cout<
For (baris=tinggi; baris>=1;baris--)
{
For (kolom=1; kolom <=baris; kolom++)
Cout<<’*’;
Cout<
}
}
a. ****
c. 1234
***
123
**
12
*
1
b.
*
d. 1
**
12
***
123
****
1234
7.
Tanda
&& merupakan operator...
a. AND
b. OR
c.
NOT
d. Salah semua
8.
Fungsi yang
disediakan stdlib.h untuk mengkonversikan string e tipe data long integer
adalah...
a.
Atoi
b. At_int
c.
Atof
d. Atol
9.
Suatu blok
intruksi yang dieksekusi ketika dipanggil dari bagian lain dalam suatu program
disebut dengan...
a.
Procedure
b. Structure
c.
Function
d. Union
10. Diketahui A=89, maka ~A dalam
biner...
a.
0101 1001
b. 1010 0110
c.
1001 1100
d. 0110 0011
11. Didalam class ios diidentifikasikan
4 buah fungsi untuk test terhadap error. Fungsi-fungsi tersebut... kecuali...
a.
Int fail
b. Int good
c.
Int error
d. Int bad
12. Pada file yang berguna untuk
memindahkan petunjuk file yang digunakan sebagai petunjuk operasi pembacaan
adalah...
a.
Seekh()
b. Seekq()
c.
Seekp()
d. Seekg()
13. Fungsi dari operator sizeof adalah
untuk...
a.
Mengembalikan
ukuran type dari objek dalam type
b. Mengembalikan type objek
c.
Mengkonversikan
tipe data suatu objek menjadi tipe yang lain
d. Mengembalikan ukuran type dari objek
dalam bit
14. Stream adalah istilah umum yang
menyatakan aliran data dari suatu tempat ke tempat lain. Ada 4 objek dalam
stream kecuali...
a. Cat
b. Cerr
c.
Clog
d. Cout
15. Kemampuan beberapa objek bertipe
sama, bereaksi secara berbeda terhadap message yang sama merupakan definisi
dari...
a.
Encapsulation
b. Downcasting
c.
Polymorphisme
d. Inheritance
16. Untuk memberikan komentar secara perblok
dalam C++ dapat menggunakan...
a.
//..........
b. \\..........
c.
/*..........*/
d. /*...........//
17. Program akan keluar dari loop
walaupun kondisi untuk berakhir loop belum terpenuhi. Menyebabkan loop selesai
sebelum saatnya yaitu...
a.
Goto
b. Break
c.
Countinue
d. End
18. Instruksi string untuk membandingkan
2 buah string, yaitu...
a.
Stcpy
b. Strcmp
c.
Strcat
d. Strlen
19. Berikut ini (= =, !=, <, >,
>=, <=) merupakan operator dari...
a.
Bitwise
b. Relational
c.
Logic
d. Conditional
20. Penulisan yang benar untuk pointer
adalah...
a. Int nilai (int a)
b. For (int nilai=2);
c.
Int nilai
[3];
d. Int*nilai
21. Dalam function argument dapat
dikirimkan dengan 2 cara, yaitu...
a.
By actual
& by reference
b. By reference & by pointer
c.
By value
& by reference
d. By value & by actual
22. Standar input pada C++ menggunakan
operator << yang disebut juga sebagai...
a.
Operator
relational
b. Operator binary
c.
Operator
logic
d. Operator bitwise
23. Fungsi pustaka berikut yang termasuk
kedalam file header adalah...
a.
Cin
b. Cout
c.
Getch
d. Strcp
24. #include
Int divide (int a, int b)
{
return (a/b);}
Int
main ()
{ int
x=5, y=2; float n=5.0, m=2.0;
Cout
<
Return 0;}
Program tersebut di atas merupakan program...
a.
Function
b. Array
c.
Getche
d. Overload function
25. Dibawah ini merupakan ketentuan
untuk membuat identifier name pada C++, kecuali...
a.
Karakter
pertama harus huruf atau garis bawah
b. Tidak boleh mengandung blank/spasi
c.
Case
sensitive, membedakan huruf besar dan kecil
d. Boleh menggunakan karekter khusus
26. Berdasarkan program no.24 maka
output yang dihasilkan adalah...
a.
22.5
b. 2
c.
2 2.5
d. 2.5
27. Untuk mengakses nilai yang ditunjuk
oleh pointer adalah...
a.
*var_pointer
b. Var_pointer*
c.
Var_pointer
d. #var_pointer
Berikut ini
adalah sebuah program untuk menjawab soal no. 28 s/d 32
#include
Int main ()
{ int x=10;
Cout<<”nilai x: “<
Cout<<”nilai x--: “<
Cout<<”nilai x++: “<
Cout<<”nilai ++x: “<<++x<
Cout<<”nilai x--: “<
Cout<<”nilai --x: “<<--x 0="" o:p="" return="">--x>
28. Output dari x--adalah...
a.
10
b. 9
c.
12
d. 11
29. Output dari x ++ adalah...
a.
9
b.
10
c.
12
d. 11
30. Output dari ++x adalah...
a.
11
b. 12
c.
10
d. 9
31. Output dari --x adalah...
a.
10
b. 9
c.
12
d.11
32. Output dari x-- adalah...
a. 12
b.
11
c. 10
d. 9
33. #include
Int main ()
{ int
value1 = 5, value2 = 15, value2 = 20;
Int *p1, *p2, *p3;
P1 = &value1; p2 = &value2;
P3 = &value3; *p1 = 10;
*p2 =
*p1; *p3 = *p2; p1 = p2;
*p1 =
20; cout <
Return 0;}
Maka output dari program diatas adalah...
a.
10 / 10 / 20
b. 10 / 20 / 20
c.
10 / 20 / 10
d. 10 / 15 / 20
34. Karakter atau tanda yang
disertakan untuk indikasi akhir string adalah...
a.
\0
b. Null
c.
A dan b
salah
d. A dan b benar
35. #include
Void proses (int n1, int*n2, int*n3)
{*n2=n1 * 4+2;
*n3=n1-1)*3;}
Int main ()
{ int x=20,y,z;
Proses(x,&y,&z);
Cout<<”hasil setelah proses:\n”;
Cout<<”nilai x:”<
Cout<<”nilai y:”<
Cout<<”\nnilai z:”<
Return 0;
}
Maka output
dari hasil diatas adalah
a.
hasil
setelah proses:
Nilai x : 20
Nilai y : 82
Nilai z : 57
b. Hasil setelah proses:
nilai x : 20
nilai y : 82
nilai z : 57
c.
hasil
setelah proses:
nilai x : 20
nilai y : 82
nilai z : 57
d. hasil setelah proses:
nilai x : 20
nilai y : 120
nilai z : 57
36. Suatu blok instruksi yang dieksekusi
ketika dipanggil dari bagian lain dalam suatu program disebut...
a.
Class
b. Identifier
c.
Pointer
d. Function
37. Himpunan elemen (variabel) dengan
tipe yang sama dan disimpan secara berurutan dalam memory yang ditandai dengan
memberikan index pada suatu nama variabel...
a. Array
b. Function
c.
Pointer
d. Class
38. Dalam calling by reference, biasa
menggunakan...
a.
Fungsi swap
b. !
c.
*
d. &
39. Berdasarkan bentuk struktur dibawah
ini, maka objecnya adalah...
Struct product {
Char name [30];
Float price;
};
Products apple;
Products orang, melon;
a. Product
b. Name
c.
Price
d. Orange
40. Berdasarkan tingkat akses dalam
penggunaan class maka jika anggota dapat diakses dari anggota class yang
sama atau class friend, dan juga dari anggota class turunannya disebut...
a. Private
b. Public
c.
Derivative
d. protected
1. Tahap dalam
SDLC dimana system dievaluasi dan di pisahkan bedasarkan prioritas akan di
pilih untuk pengembangan ,di lakukan pada tahap :
a. Design
b. Implementation
c. Maintenance
d.
Planning
e. Analysis
2. Yang tidak termasuk
langkah-langkah dalam merancang program dan merancang file adalah :
a. Menentukan
banyaknya jumlah kebutuhan data
b. Menentukan parameter dari
program
c. Menentukan
banyaknya jumlah kebutuhan file
d. Menentukan parameter file
e.
Menentukan banyaknya jumlah program
3. Nama yang
dibuat pada saat file digambarkan dalam bentuk diagram (normalisasi )adalah
parameter file:
a. Nama file
b.
Kode file
c. Akronim file
d. Organisasi file
e. Type file
4. Dalam system
pengajian dikenal istilah batch. Manakah dari spesifikasi kebutuhan di bawah
ini yang memerlukan pemrosesan secara batch:
a. Absensi
b. Slip gaji
c. Laporan gaji
d. Golongan
e. Tunjangan
5. Model dalam
SDLC yang melibatkan pemakai secara intensif ,sehingga pendefinisikan kebutuhan
pemakai menjadi lebih baik adalah:
a.
Model Prototyping
b. Model Waterfall
c. Model Spiral
d. Model Incremental
e. Model RAD
6. Dibawah ini
yang merupakan Akronim file dari system pengajian adalah:
a. Nomor induk
pegawai
b.
Pegawai.myd
c. Siswa01
d. Parameter gaji
e. Pegawai.prg
7. Tidak bisa
dilakukan pembacaan secara langsung ,adalah ciri organisasi file:
a. Index
sequential
b. Sequential
c.
Random
d. Acak
e. Index
8. Dalam model
operasi file, pengaksesan sebuah file dengan tujuan untuk mendapatkan informasi
merupakan pengertian dari
a. Insert
b. Creation
c.
Update
d. Retrieaval
e. Maintenance
9. Yang
termasuk jenis table dinamik adalah :
a. Tabel dosen
b. Tabel nilai
c. Table
mahasiswa
d.
Table matakuliah
e. Table karyawan
10. Dibawah ini akronim file dari database pegawai
adalah :
a. Pegawai.com
b.
Pegawai.myd
c. Pegawai.xls
d. Pegawai.exe
e. Pegawai.doc
11. Pada metode file random,dapat terjadi munculnya
alamat lebih dari satu kali yang dapat di atasi dengan teknik:
a. Penembahan
record baru
b.
Overflow location
c. Pengalamatan
relative
d. Penyimpanan sekunder
e. Pengalamatan absolute
12. Yang tidak termasuk katogori tipe file dinamik
dalam system pengajian adalah:
a. File gaji
b. File transaksi
c. File laporan
d.
File golongan file absensi_pegawai
13. Tahapan dalam SDLC yang bertujan untuk
memastikan bahwa system yang digunakan oleh pihak pengguna benar-benar
telah stabil dan terbebas dari error dan bug, adalah:
a. Analysis
b. Design
c. Implementation
d.
Maintenance
e. Planning
14. Table yang digunakan untuk memperbarui table
master dengan informasi yang baru :
a. Tabel output
b. Table kerja
c. Tabel pustaka
d.
Tabel transaksi
e. Tabel referensi
15. Tahap dalam SDLC dimana sumber daya baru
direncanakan dan tanpa dana disesuiaikan untuk mendukung pengembangan system
,adalah :
a. Design
b.
Planning
c. Analysis
d. Maintenance
e. Implementation
16. Nilai dan record-recordnya sering berubah atau
sering di mutakhirkan (update) sebagai akibat dari suatu transaksi ,merupakan
jenis table :
a. Table kerja
b. Table referensi
c. Table
transaksi
d.
Table dinamik
e. Table back-up
17. Model dalam SDLC yang di sebut linear sequintail
model adalah:
a.
Model waterfall
b. Model incremental
c. Model
prototyping
d. Model spiral model RAD
18. Pada media penyimpanan SASD, data disimpan dalam
bentuk
a. Karakter
b. Record
c.
Blok
d. Sector
e. Karakter atau blok
19. Table yang di gunakan sebagai pelindung atau
cadangan apabila table master hilang adalah :
a. Table
pustaka
b. Table output
c. Table master
d. Table history
e.
Table back-up
20. Yang tidak perlu dipertimbangkan dalam
organisasi file adalah:
a. Efisiensi
penggunaan media penyimpanan (storage)
b. Kemudahan beroerganisasi data
c.
Kemudahan pembbuatan file
d. Kecepatan akses dalam
pengambilan data
e. Kemudahan peremajaan
(update/insert/delete)
21. Nama ynag di buat untuk menyimpan source program
adalah parameter progam:
a. Nama program
b. Organisasi program
c. Kode program
d. Fungsi program
e.
Akronim
22. Akses data pada organisasi file random
menggunakan
a. Nomor indeks
b. Record
c. Data akses
d.
Field kunci
e. Data masukan
23. Langkah-langkah dalam merancang file adalah:
a. Menentukan
akronim file
b.
Membuat SDLC (Daur hidup system)
c. Analisa
kebutuhan file
d. Menentukan nama file
e. Menentukan banyaknya jumlah
kebutuhan file dan parameter
24. Yang merupakan table jenis master
a.
Table transaksi dan table referensi
b. Table referensi dan table
kerja
c. Table
dinamik dan table static
d. Table dinamik dan table
transaksi
e. Table referensi dan table
dinamik
25. Dibawah ini yang merupakan field key dari suatu
table pegawai perusahaan adalah:
a. nama pegawai (napeg)
a. nama pegawai (napeg)
b. gaji pegawai (gepeg)
c. golongan pegawai (gopeg)
d. jabatan pegawai (japeg)
e. nomor induk pegawai (nipeg)
26. salah satu kekurangan SDLC adalah hasil yang di peroleh sangat
tergantung dari hasil pada tahap
a. design
b. maintenance
c. analysis
d. planning
e. implementasikan
27. dalam system pengajian dikenal istilah
batch, maksud dari istilah tersebut yang paling tepat adalah
a. gambaran
kerja suatu aplikasi
b. pemrosesan data dengan
metode interaktif
c. pemrosesan
data secara online
d. pemrosesan data offline
e. pemrosesan data yang di tunda
sesuai jadwal yang di tentukan
28. table yang beri data dimasa lalu yang di pakai
sebagai bahan pengecekan dan pencocokan kevalidasikan data dimasa mendatang
adalah:
a.
table history
b. table back-up
c. table master
d. table output
e. table dinamik
29. table pegawai termasuk kedalam kelompok
parameter file
a. kode file
b. nama file
c.
akronim file
d. type file
e. organisasi file
1. Yang bukan pemiliharaan program adalah :
a. Preventive
b. Perfective
c. Efektif
d. Adptif
e. Korektif
2. Penuliasan program Data Oriented memiliki tingkat fleksibitas
yang tinggi dan bersifat :
a. Statis
b. Portabilitas
c. User Friendly
d. Dinamis
e. Sederhana
3. Mengkoreksi kesalahan sampai kesalahan diperbaiki, meliputi penetapan
lokasi dan kode error disebut :
a. Debugging
b. Compilling
c. Coding
d. Testing
e. Running
4. Membuat menu tampilan yang informasi termasuk ke dalam standar penyusunan
program
a. Waktu penulisan
b. Kebenaran logika
c. User Friendly
d. Perawatan
e. Portabilitas
5. Tujuan dokumentasi pada tahap pembuatan program adalah :
a. Sebagai Pedoman
dan penjelasan bagi user
b. Agar program terlihat rapih
c. Untuk kemudahkan dalam menjalankan program
d. Agar program mudah dimengerti
e. Sebagai pedoman dan penjelasan bagi programmer
6. Program aplikasi pengajian pada suatu perusahaan termasuk ke dalam sifat
penulisan program :
a. Object Oriented
b. Program Oriented
c. Bussiness
Oriented
d. Interactive Oriented
e. Data Orinted
7. Symbol di bawah ini termasuk operator pada C++ adalah :
a. Int b
b. &&
c. Long d
d. Void
e. default
8. algoritma beri langkah-langkah penyelesaian masalah ini berarti algoritma
adalah pergertian dari :
a. Pemprograman berbasis objeck
b. Pemprograman Prosedural
c. Pemprograman Generik
d. Pemprograman Funntional
e. Pemprograman
9. Dibawah ini contoh dari token :
a. Tipe data
b. Komentar
c. Operator
d. Reserved word
e. Function
10. Sifat penulisan program di mana penulisan program terstuktur programnya
selalu berubah ,apabila kondisi data yang diproses di dalam program
tersebut, bertambah volumenya datanya adalah :
a. Object Oriented
b. Program Oriented
c. Bussiness Oriented
d. Interactive Oriented
e. Data Orinted
11. Pembuatan back-up program dan pembuatan tampilan program sesuai dengan
kebutuhan program merupakan salah satu keteria pemiliharaan dalam tahapan
pembuatan program, yaitu :
a. Preventive
b. Perfective
c. Efektif
d. Adaptif
e. Korektif
12. Bahasa program dibawah ini yang termasuk bahasa tingkat menengah adalah :
a. Pascal
b. Assembler
c. C++
d. C+
e. C
13. Pada beberapa point di bawah ini, yang termasuk tipe data majemuk adalah :
a. Real/float
b. String
c. Character
d. Integer
e. Boolean
14. Bahasa pemograman yag menggunakan symbol-symbol yang mudah di ingat
(mnemonic) adalah bahasa pemograman :
a. Assembler
b. Pascal
c. PL/1
d. C
e. Fortan
15. Program di susun dari pemecahan masalah yang kompleks ,kemudian
menghubungkan prosedur-prosedur yang ada menjadi satu kesatuan yang menjadi
program sebagai penyelesaian masalah tersebut , merupakan salah satu teknik
penulisan program secara :
a. Procedural
b. Bottom-up
c. Sequence
d. Modular
e. Top-down
16. Bahasa pemograman yang termasuk bahasa berorintasi objek adalah :
a. Basic
b. Java
c. C
d. Assembler
e. Foxpro
17. Berikut ini yang tidak termasuk bahasa pemograman yang berorrientasi pada
procedural (Procedure Oriented Language)
a. Algol
b. RPG
c. Cobol
d. Basic
e. Pascal
18. Dibawah ini yang merupakan simple statement adalah :
a. Loop statement
b. Selection statement
c. Iteration
statement
d. Sequence statement
e. Assignment statement
19. Dokumentasi merupakan setiap langkah-langkah pekerjaan membuat program dari
awal sampai akhir, dan biasanya digunakan untuk penulusuran kesalahan dan …..
a. Penggunaan program
b. Perancangan program
c. Perawatan program
d. Penulisan intruksi program
e. Pengembangan
program
20. Yang tidak termasuk dalam pembiayaan di dalam pembuatan program adalah :
a. Biaya kompilasi
b. Biaya penciptaan
c. Biaya disain
d. Biaya pemiliharaan
e. Biaya eksekusi
21. Perangkat lunak seperti Norton ,Anti Virus merupakat kenis perangkat lunak
:
a. System software
b. Program software
c. Package software
d. Application
software
e. Ultilyty software
22. Untuk membuat program yang besar dan komplek di butuhkan :
a. 6 tahap
b. 4 tahap
c. 5 tahap
d. 7 tahap
e. 8 tahap
23. Ketika procedure atau function di panggil, dapat melewatkan suatu nilai ke
dalam fauntion atau procedure , nilai yang di lewatkan di sebut :
a. Konstanta
b. Data
c. Variable
d. Argument
e. Value
24. Cirri-ciri algoritma pemograman yang baik dalah :
a. Semua proses harus berakhir setelah jumlah langkah dilakukan
b. Di tulis dengan format sesuai dengan salah satu format bahasa pemgraman
c. Manghasilkan
input yang tepat
d. Format penulisan sesuai jenis computer di tulis dengan bahasa Indonesia
25. Perangkat lunak seperti ms.office, adobe, macromedia merupakan jenis
perangkat
a. System software
b. Program software
c. Package software
d. Application
software
e. Ultilyty software
26. Dalam membuat desain algoritma atau membuat rumusah masalah dapat di buat
dengan menggunkan beberapa alat (tool). Berikut alat yang tidak dapat di
gunakan untuk mendisain algoritma program :
a. HIPO
b. Procedure
c. Normalisasi
d. Flowchart
e. Struktur chart
27. Yang termasuk reserverd word pada C++ adalah :
a. Cin
b. &&
c. Operator
d. Variable
e. ++
28. Sifat penulisan program dimana penulisan program terstuktur programnya
tidak selalu berubah, walau pun volume data yang diproses di dalam program
tersebut ,dalam jumlah besar adalah :
a. Object Oriented
b. Program Oriented
c. Bussiness Oriented
d. Interactive Oriented
e. Data Orinted
- Teknik pengalamatan aktual dari record yang diinginkan, yaitu:
a. pengalamatan absolut
b. pengalamatan indeks
c. pengalamatan alternatif
d. pengalamatan relatif
e. pengamatan internal
- Cara/metode penyimpanan dan pembacaan data yang dilakukan secara acak atau langsung disebut…
a. Sequentiel file
b. Random
c. Indexed sequential
d. Indexed random
e. Indexed file
- Yang bukan tujuan pengorganisasian data di dalam pemrogaman bersusun adalah…
a. Untuk menyediakan sarana pencarian record bagi pengolahan
b. Menyediakan sarana pencarian bagi seleksi, atau penyaringan.
c. Memudahkan penciptaan file
d. Memudahkan pemeliharaan file.
e. Mengatur kecepatan file
- Magnetic tape merupakan contoh peralatan jenis..
a. SASD
b. DASD
c. KASD
d. BASD
e. GASD
- Yang merupakan kelemahan dari SASD adalah…
a. Akses langsung terhadap data lambat
b. Panjang record tidak terbatas
c. Densitas data tinggi
d. Harga relatif murah
e. Harga relatif mahal
- Piranti yang memiliki ciri pembacaan tidak harus urut adalah…
a. SASD
b. DASD
c. KASD
d. BASD
e. GASD
- Kecepatan pita pada akses SASD mempengaruhi….
a. Proses data
b. Banyaknya data
c. Kecepatan akses data
d. Pengaplikasian data
e. Jenis data
- Contoh piranti DASD adalah…
a. Hard disk
b. Compact disk
c. DVD
d. Kaset
e. Flash disk
- Apabila kita melakukan pengolahan basis data yang bersifat periodik sebaiknya kita menggunakan metode…
a. Sequential file
b. Indexed sequential
c. Random
d. Managerial file
e. Automatic file
- Jenis piranti yang memiliki ciri proses write dapat dilakukan beberapa kali adalah…
a. SASD
b. DASD
c. KASD
d. BASD
e. GASD
- BRG01 merupakan jenis parameter…
a. Nama program
b. Akronim program
d. Kode program
e. Proses program
- Yang bukan merupakan parameter file adalah…
a. Nama file
b. Kode file
c. Type file
d. Akronim file
e. System flow chart
- Proses penambahan suatu data atau pengubahan suatu data termasuk kedalam parameter…
a. Akronim program
b. Bahasa pemrograman
c. Bentuk tampilan
d. Proses program
e. Fungsi program
- Bentuk proses program harus dilakukan secara...
a. Abstrak
b. Umum
c. Rinci dan detail
d. Meluas
e. Yang paling utama saja
- Berapa jumlah parameter file yang harus dipenuhi untuk membuat rancangan file..
a. 7
b. 8
c. 9
d. 10
e. 11
- Menentukan banyaknya jumlah kebutuhan file yang nanti akan dipergunakan dalam program merupakan langkah-langkah dalam…
a. Perancangan file
b. Perancangan program
c. Perancangan system
d. Perancangan data
e. Perancangan report
- Menentukan banyaknya jumlah kebutuhan program perlu dilakukan sebelum…
a. Perancangan file
b. Perancangan program
c. Perancangan system
d. Perancangan data
e. Perancangan report
- Menentukan software yang akan digunakan sangat penting dalam …
a. Perancangan file
b. Perancangan program
c. Perancangan system
d. Perancangan data
e. Perancangan report
- Contoh akronim program yaitu…
a. Program menu utama
b. Menuutama.PRG
c. PMU01
d. Visual basic
e. VB01
- Setelah membuat flowchart yang akan dibuat hal yang selanjutnya dilakukan adalah…
a. Mendefinisikan masalah
b. Menghitung jumlah data dan variable
c. Membuat coding atau script program
d. Melakukan test program
e. Mendokumentasikan program
- OOP menghasilkan program berbasis...
a. Windows
b. Linux
c. Pascal
d. Dbase
e. DOS
- Pendekatan dari atas ke bawah dimiliki oleh…
a. Pemrograman object
b. Pemrograman berorientasi data
c. Pemrograman terstruktur
d. Pemrograman berorientasi object
e. Pemrograman liniear
- Yang bukan merupakan kelebihan OOP adalah…
a. Memiliki sarana yang bersifat virtual
b. Berorientasi kepada subject
c. Bekerja didalam sistem operasi windowa
d. Menghasilkan program aplikasi berbasis windows
e. Dapat memanfaatkan Windows untuk aspek Grafis, Multimedia dsb
- Istilah tipe objek dikenal dalam bahasa…
a. Pascal
b. Visual basic
c. PHP
d. C++
e. Dbase
25. Karakteristik dari suatu objek diturunkan ke objek yang lain sehingga objek yang baru akan memiliki karakteristik yang sama dengan induknya. Hal ini disebut…
a. Inheritance
b. Enkapsulasi
c. Abstraksi
d. Keanekaragaman
e. Random
- Contoh dari enkapsulasi adalah...
a. Client tergantung pada software
b. Sifat kelas kendaraan bermotor
c. Client tergantung pada interface
d. Memperlihatkan implementasi dari klien
e. Sifat subkelas kendaraan bermotor
- Contoh dari inheritance adalah...
a. Client tergantung pada software
b. Sifat kelas kendaraan bermotor
c. Client tergantung pada interface
d. Memperlihatkan implementasi dari klien
e. Menyembunyikan implementasi dari klien
- Sesuatu yang sama dapat memiliki bentuk dan perilaku yang berbeda merupakan ciri...
a. Inheritance
b. Enkapsulasi
c. Abstraksi
d. Keanekaragaman
e. Random
29. Contoh dari keaneka ragaman adalah...
a. Client tergantung pada software
b. Sifat kelas kendaraan bermotor
c. Client tergantung pada interface
d. Memperlihatkan implementasi dari klien
e. Menyediakan banyak implementasi yang berbeda dengan sebuah interface
- Karakteristik utama bahasa pemrograman terstruktur adalah…
a. Inheritance
b. Enkapsulasi
c. Abstraksi
d. Keanekaragaman
e. Modular
1. Karakteristik bahasa pemrograman berorientasi objek yang menyembunyikan data, fungsi dan prosedur dalam objek, adalah :
a. Polimorphism c. Inheritance
b. Modular d. Enkapsulasi
2. Karakteristik utama bahasa pemrograman berorientasi objek, adalah :
a. Enkapsulasi c. polymorphism
b. Inheritance d. Jawaban a, b dan c BENAR
3. Pemrograman berorientasi objek mencakup keaneka ragaman objek yang menjamin terhimpunnya perpaduan keaneka ragaman antara data dengan prosedur atau fungsi, adalah :
a. Enkapsulasi c. polymorphism
b. Inheritance d. Jawaban a, b dan c BENAR
4. Meningkatkan extensibilitas dan penggunaan kembali perangkat lunak merupakan tujuan dari:
- Pemrograman Terstruktur
- Pemrograman Top Down
- Pemrograman Object Oriented
- Pemrograman Modular
5. Dibawah ini pernyataan yang benar tentang metode dan objek, kecuali:
- Metode merupakan suatu procedure atau fungsi yang disatukan dalam suatu objek
- Didalam sebuah objek, metode didefinisikan dengan sesuatu header fungsi atau prosedur.
- Nama metode harus diletakkan sebelum nama objek yang memiliki metode tersebut
- Diluar objek, sebuah metode didefinisikan secara penuh.
6. Dibawah ini adalah langkah-langkah dalam merancang file :
- Menentukan banyaknya jumlah kebutuhan file
- Menentukan parameter file
- Jawaban a dan b benar
- Jawaban a dan b salah
7. Dibawah ini yang merupakan FIELD KEY dari suatu tabel pegawai perusahaan, adalah :
- nama pegawai (napeg)
- nomor induk pegawai (nipeg)
- jabatan pegawai (japeg)
- gaji pegawai (gapeg)
8. Dibawah ini yang merupakan Akronim File dari suatu lingkungan pendidikan adalah :
a. Inputsiswa.prg
b. siswa01
c. siswa.db
d. nomor Induk Siswa (nis)
9. Dibawah ini merupakan teknik perancangan program untuk mendukung dalam pengembangan sistem informasi, kecuali :
- Teknik perancangan program dalam bentuk spesifkasi program
- Teknik perancangan file dalam bentuk spesifikasi file
- Teknik perancangan database dalam bentuk spesifikasi file
- Teknik perancangan program dalam bentuk spesifikasi file
10. Dibawah ini merupakan langkah-langkah dalam perancangan file, kecuali :
a. Menentukan SYSTEM FLOWCHART.
b. Menentukan banyaknya jumlah file yang dibutuhkan.
c. Menentukan parameter dari file yang akan dibuat.
d. Menentukan FIELD KEY
11. Kecepatan akses data pada SASD tergantung pada :
a. Kerapatan pita c. Lebar celah antar blok
b. Kecepatan pita d. Alamat pita
12. Jika pada file mata kuliah yang didalamnya terdapat informasi tentang seluruh mata kuliah yang terdapat di suatu lembaga pendidikan. Isi dari file mata kuliah dapat diperbaiki (di edit) jika kondisi yang ada dimasa depan mengharuskan adanya pergantian mata kuliahdengan nama mata kuliah baru dan sks yang juga baru, maka perbaikan data untuk isi file mata kuliah mutlak dilakukan. Hal ini yang disebut dengan penyetaraan mata kuliah. Pernyataan di atas adalah contoh dari :
a. File Input c. File Dinamik
b. File Laporan d. File Back up
13. Ciri-ciri organisasi data file dengan metode sequential, kecuali :
a. Rekaman disimpan berdasarkan suatu kunci
b. Pencarian rekaman tertentu dilakukan record demi record sesuai kunci
c. Masing-masing record diberi indeks
d. Jawaban a dan b BENAR
14. Ciri-ciri dari piranti akses direct (DASD) adalah, kecuali :
a. Tidak ada pengalamatan
b. Pembacaan rekaman tidak harus urut
c. Mempunyai alamat
d. Data disimpan dalam blok
15. Organisasi data yang melakukan pencarian rekaman tertentu dilakukan record demi record adalah:
a. Random
b. Sequential
c. Indexed Sequential
d. Indexed Random
16. File yang berisi program-program bantu yang dapat berfungsi untuk mempercepat dan optimalisasi dari pengolahan data, adalah :
a. File Kerja c. File Library
b. File Backup d. File Kerja
17. File Mahasiswa yang apabila akan diperbaiki (diedit) untuk jangka waktu yang lama adalah contoh dari tipe file :
a. File Dinamik c. File Referensi
b. File Sejarah d. File Transaksi
18. Tipe file yang berisi data-data hasil pemrosesan yang bersifat sementara, adalah :
a. File Kerja c. File Input
b. File Back-Up d. File Master
19. File dibawah ini yang bertipe File Master pada lembaga pendidikan, adalah :
a. File Nilai c. File Mahasiswa
b. File Pemabayaran d. File absensi
20. Berisi program-program aplikasi atau utility program. File ini berisi program-program bantu yang dapat berfungsi untuk mempercepat dan optimalisasi dari pengolahan data, adalah :
a. File kerja c. File Backup
b. File Library d. Jawaban Salah Semua
21. Pada tehnik pemrograman top down, hierarki dari modul-modul digambarkan dengan :
a. Flowchart c. Pseudocode
b. Struktur Chart d. Diagram HIPO
22. Yang perlu diperhatikan untuk sebuah karakteristik modul yang baik adalah, kecuali :
a. Logical Coherent c. Ukuran Modul
b. Penulisan Program d. Independent
23. Modul utama pada pemrograman terstruktur adalah, kecuali :
- Modul yang mengendalikan semua proses yang terjadi dalam program.
- Modul dengan jumlah statement terbanyak
- Modul yang memanggil modul lain.
- Modul yang pertama kali dijalankan.
24. Pemrograman yang menggunakan sub-routine adalah :
a. Pemrograman object oriented
b. Pemrograman TOP-DOWN
c. Pemrograman Modular
d. Pemrograman Perulangan
25. Dalam bahasa pemrograman Pascal, pernyataan subroutine dinyatakan dengan perintah:
a. PROCEDURE c. FOR….DO
b. WHILE …. DO d. BEGIN
26. Dibawah ini Bahasa pemrograman yang dapat menghasilkan file EXECUTABLE adalah, kecuali :
a. PASCAL c. VISUAL BASIC
b. BASIC d. DELPHI
27. Menterjemahkan instruksi-instruksi dalam satu kesatuan modul ke dalam bahasa mesin sehingga dihasilkan suatu file executable, adalah penterjemah bahasa pemrograman, yaitu:
a. Assembler c. Compiler
b. Interpreter d. Debugging
28. Z = ( 10 / 0 ) adalah contoh dari kesalahan program :
a. Syntax error c. Logic error
b. Runtime error d. Jawaban a,b BENAR
29. Akar minus (bilangan negatif) adalah contoh dari kesalahan program :
a. Syntax error c. Logic error
b. Runtime error d. Jawaban a,b BENAR
30. Output potongan program dibawah ini adalah :
I := 1
While I < 5 DO
Begin
Write(‘Bina’);
I := I + 1;
End;
a. BinaBinaBina c. BinaBinaBinaBina
b. BinaBina d. BinaBinaBinaBinaBina
Tidak ada komentar:
Posting Komentar