1. SIMULA di perkenalkan pertama kali pada tahun …..
a. 1950
d. 1980
b. 1960
e. 1990
c. 1970
2. Hal penting
dalam pengembangan berorientasi objek adalah: ...
a. Konsep mengidentifikasi dan mengorganisasi domain
aplikasi
b. Konsep pemodelan
c. Karakteristik objek
d. Abstraksi
e. Konsep mengidentifikasi model
3.Fokus utama metodologi berorientasi objek adalah :
a. Analisa
d. Objek
b. Bahasa
pemograman
e. Implementasi
c. Desain
4. Mobil berwarna merah melaju dengan cepat
Dari kalimat diatas manakah yang merupakan contoh dari
karakteristik objek behavior, yaitu : ...
a. mobil
d. melaju
b.
cepat
e. merah
c. berwarna
5. Dalam satu aksi dimungkinkan memiliki lebih dari satu metoda, merupakan
karakteristik metodologi :
a.
pewarisan
d. abstraksi
b. polymorphisme
e. implementasi
c. pengkapsulan
6.Tehnik pemodelan object terdiri dari..
a. model dinamik, model class, model objek
b. model fungsional, model class dan objek
c. model class, dinamik dan fungsional
d. model statis, dinamik dan class
e. model objek, dinamik dan fungsional
7. Konsep
Object Oriented adalah
a. sharing,
message, inheritance
b. encapsulation, sinergi, message
c. inheritance, encapsulation, polimorfisme
d. polimorfisme, sinergi, sharing
e. sharing, sinergi, message
8. Model yang
berisikan data flow diagram adalah
a. model
statis
b. model fungsional
c. model objek
d. model dinamis
e. model kelas
9. Tema-tema
Object Oriented adalah, kecuali :
a. abstraksi
b. menggabungkan data dengan prilaku
c. sharing
d. class
e. pengkapsulan
10. Model yang
menggambarkan struktur statis dari suatu objek dalam sistem dan relasinya
adalah
a.
model objek
b. model class
c. model dinamik
d. model fungsional
e. tidak ada yang benar
11. Konsep
abstraksi atau benda yang memilki identitas dinamakan dengan
a.
class
d. UML
b. use
case
e. diagram
c. objek
12. Unified
Method versi 0.8 dikemukakan pada tahun…
a.
1994
d. 1997
b. 1995
e. 1998
c. 1996
13. Elemen
utama UML (secara berurutan) adalah
a. benda, relation,
objek
d. diagram, bagan, objek
b. use case, objek,
benda
e. hubungan, objek, diagram
c. benda, hubungan, diagram
14. Dibawah
ini merupakan bentuk-bentuk objek, kecuali..
a.
classes
d. nodes
b.
interfaces
e. deployment
c. usecases
15. Pedoman
pemodelan Object Oriented adalah, kecuali..
a.
menentukan
deployment
b. menentukan atribut
c. menentukan subjek
d. menentukan message
e. menentukan metoda
16. Tiga
diagram baru yang ada pada UML 2.0 adalah
a. Composite Diagram, Class Diagram, Timing Diagram
b. Class Diagram, Interaction Diagram, Composite Diagram
c. Composite Diagram, Interaction Diagram, Timing
Diagram
d. Timing Diagram, Use case Diagram, Class Diagram
e. Sequence Diagram, Class Diagram,
17. Untuk
menggambarkan interaksi antar objek dimana penekanan pada jalur menggunakan
diagram
a. communication
d. specification
b.
class
e. activity
c. state machine
18.
Mekanisme pembangunan model menggunakan, kecuali
a.
specification
d. extensibility
b.
adornments
e. accessibility
c. common division
19. Diagram
yang menggambarkan bagaimana even mengubah objek selama aktif adalah
a.
communication
d. specification
b.
class
e. activity
c. state machine
20. Dibawah
ini adalah diagram-diagram yang termasuk kedalam behavior diagram adalah,
kecuali
a. activity
diagram d. class diagram
b. interaction
diagram
e. use case diagram
c. state machine diagram
21. Teknik
untuk menjelaskan business process, procedural logic, dan work flow Bisa
dipakai untuk menjelaskan use case text dalam notasi grafis
a. activity diagram
d. use case diagram
b. class
diagram
e. state machine diagram
c. sequence diagramc
22. Activity
diagram biasanya digunakan untuk menggambarkan..
a.
proses
d. objek bisnis
b. proses
bisnis
e. aktifitas
c. aktifitas proses bisnis
23. Simbol
diatas adalah simbol … pada activity diagram
a.
join
d. end
b.
fork
e. decision
24. Simbol
diatas adalah simbol … pada activity diagram
a.
join
d. end
b.
fork
e. decision
c. start
25. Simbol
diatas adalah simbol … pada activity diagram
a.
join
d. end
b. activites
e. decision
c. start
26. Use case dinotasikan dengan gambarkan :
a. horizontal elips
d. persegi
b. bujur
sangkar
e. vertikal elips
c. lingkaran
27. Use case biasanya menggunakan kata :
a. kata
benda
d. kata perintah
b.
kata kerja c. kata sifat
e. kata petunjuk
28. Menggambarkan orang, system atau external entitas / stakeholder yang
menyediakan atau menerima informasi dari system disebut dengan
a. use
case
d. assosiation
b.
relation
e. package
c. actor
29. Actor biasanya menggunakan
kata :
a. kata benda
d. kata
perintah
b. kata kerja
e. kata petunjuk
c. kata sifat
30. Jenis relasi
yang bisa timbul pada use case diagram
adalah, kecuali
a. Association antara actor dan use case
b. Association antara use case
c.
Generalization antara actor dan use case
d.
Generalization/Inheritance antara use case
e.
Generalization/Inheritance antara actors
31. Dalam
multiplicity, istilah yang menunjukkan batas bawah yang bernilai 0 adalah:
A. Optional
D. Multi-valued
B.
Mandatory
E. Asosiasi
C. Single-valued
32. Yang
merupakan sebuah garis solid antara dua class, ditarik dari class sumber ke
class target adalah pengertian dari:
A. Properti D.
Multi-valued
B.
Atribut
E. Asosiasi
C. Class
33. Kata
kunci dalam ketergantungan dalam sebuah class yang berarti sumber diambil dari
target adalah:
A. derive
D. realize
B.
instantiate
E. refine
C. permit
34.
Sebuah class mempunyai 3 area yaitu:
A. Nama class, package, asosiasi
B. Nama class, asosiasi, metode
C. Nama class, atribut, operasi
D. Nama class, multiplicity, properti
E. Nama class, single-valued, multi-valued
35. Setiap
objek / participant terhubung dengan garis titik-titik yang disebut:
A.
Message
D. Sequence
B. Lifeline
E. Time
C. Recursive
36. Diagram
yang menunjukkan sejumlah contoh objek dan message yang diletakkan diantara
objek-objek didalam use case disebut:
A. Class
diagram
D. Package
B. Sequence Diagram E. Use Case
C. Statechart Diagram
37. Waktu dalam sequence diagram ditunjukkan dengan:
A. Garis Vertikal
D. Tanda panah tertutup
B. Garis Horisontal
E. Kotak
C. Tanda panah
38. Operator dalam sebuah frame yang berarti bahwa fragmen mungkin dijalankan
berulang kali dan guard menunjukkan basis iterasi
A.
alt D. loop
B.
opt
E. region
C. par
39. Sebuah objek yang mempunyai sebuah operation kepada dirinya sendiri disebut:
A. Sequence
D. Loop
B.
Message
E. Recursive
C. Participant
1. Pada
activity diagram pengabungan aktivitas menggunakn symbol
a. Fork
b. Decision
c. Swinmlane
d. End point
e.
Join
2.
Dibawah ini
pernyataan yang salah mengenai actor adalah..
a. Actor biasanya menggunkan kata kerja
b. Tidak boleh ada komunikasi langsung antar actor
c. Actor bisa saja menyediakan fungsi ke system
d.
Actor
adalah eksternal terhadap ke system
3.
Symbol yang
digunakan untuk memulai suatu aktivitas pada activity diagram adalah kunci
a. Decision
b. Fork
c. Join
d.
Star
e. Swinmlane
4.
Sebuah cara
untuk menelompokkan activity bedasarkan acktor (mengelompokkan activity dalam
sebuah urutan yang sama ) dinamakan
a. Fork
b. End point
c. Decision
d. Join
e.
Swinmlane
5.
Use case
class memiliki objek use case yang dinamakan
a. Extend
b. Actor
c. Relationship
d.
Scenario
e. Superclass
6.
Untuk
memperlihatkan batasan system dalam diagram use case menggunakan
a. Extend
b.
Actor
c. Relationship
d. Scenario
e. Superclass
7.
Hubungan
antar secara strkuktural yang terhubung diantara objek dalam kesatuan objek
dinamakan
a.
Association
b. Dependency
c. Whole part structure
d. Realizations
e. Generalization
8.
Hubungan
mesin , Rangka spion dan lainya merupakan komponen yang terdapat pada motor
merupakan hubungan yang dinamakan
a. Gen –Spec Structure
b. Analysis stracture
c.
Whole
– part stracture
d. Hirarki structure
e. Design structure
9.
Untuk dapat
memahami UML diperlukan pemahaman konsep bahasa pemodelan dan tiga eleman utama
UML yaitu
a. Objek , design dan diagram
b.
Objek
, diagram dan relationship
c. Analisa , diagram dan relationship
d. Design, diagram dan relation ship
e. Analisa design dan implementasi
10. Diagram yang menggambarkan transisi
dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya suatu objek
pada system sebagai akiibat dari stimuliyang diterima adalah
a. Deployment diagram
b. Use case diagram
c. Component diagram
d.
Statechart
diagram
e. Activity diagram
11. Dibawah ini yang tidak termasuk
objek abstrak adalah
a. Golongan
b. Penjadwalan
c. Mata kuliah
d. Jabatan
e.
Sekolah
12. Pada activity diagram percabangan
activity menggunakan symbol
a. Swimlane
b. Join
c. End point
d.
Fork
e. Decision
13. Untuk menggambarkan proses bisnis
dan urutan dalam sebuah proses dapat menggunakan diagram
a. Use case diagram
b. Statechart diagram
c. Deployment diagram
d. Component diagram
e.
Activity
diagram
14. Dalam satu aksi dimungkinkan
memiliki lebih dari satu metode , merupakan karakteristik metodologi
a.
Pewarisan
b. Pengkapsulan
c. Polymorphisme
d. Abstraksi
e. Implementasi
15. Dibawah ini pertanyaan yang
tidak mengenai usecase adalah
a. Tidak boleh ada usecase dengan nama sama
b.
Use
case biasanya menggunkan kata benda
c. Nama use case boleh terdiri dari beberapa kata
d. Dinotasikan dengan gambar (horizontal elipse)
e. Sesuatu yang menyediakan hasil yang dapat diukur ke
pemakai atau system ekternal
16. Fungsi di dalam kelas yang
dikombinasikan bentuk tingkah laku kelas dinamakan dengan
a. Metode
b.
Operasi
c. Klasifikasi
d. Generalisasi
e. Atribut
17. Dibawah ini yang bukan mekanisme
umum pemodelan UML adalah
a. Common division
b. Extensibility mechanisms
c. Adomments
d. Specification
e.
Relationship
18. Dibawah ini yang tidak termasuk
kedalam structure diagram adalah
a. Sequence diagram
b. Class diagram
c. Package diagram
d.
Component
diagram
e. Deployment diagram
19. Konsep awal programing (Basic )
dengan kekuatan GOTO statement dinamakan dengan
a. Visual Object Oriented Programming
b.
Non
Procedural Language
c. Object Oriented Progrramming
d. Visual Programming
e. Procedural Language
20. Jika usecase itu merupakan keharusan
(reqiudred) terhadap usecase lainya dinamakan Association
a. Extend
b. Specification
c.
Parent
usecase
d. Generalization
e. Include
1.
Dibawah ini
yang tidak termasuk kedalam structure diagram adalah
a. Class diagram
b. Deployment diagram
c. Sequence diagram
d. Package diagram
e.
Component
diagram
2.
Dibawah ini
pernyataan yang tidak tepat mengenai usecase adalah
a. Dinotasi dengan gambar (horizontal elipse)
b. Nama use case boleh terdiri dari beberapa kata
c.
Use
case biasanya menggunakan kata benda
d. Tidak ada boleh usecase dengan nama yang sama
e. Sesuatu yang menyediakan hasil yang dapat diukur
kepemakaiatau system external
3.
Dibawah ini
yang bukan mekanisme umum pemodelan UML adalah
a. Adomments
b. Specification
c.
Relationship
d. Common divisions
e. Extensibility mechanisms
4.
Jika use
case itu merupakan keharusan (required) terhadap usescase lainnya dinamakan
Association
a. Extend
b.
Parent
usecase
c. Generalization
d. Include
e. Specification
5.
Dibawah ini
pernyataan yang salah mengenai actor adalah
a. Actor bisa saja menyediakan fungsi ke system
b. Actor biasanya menggunakan kata kerja
c. Actor adalah exsternal terhadap system
d. Tidak boleh ada komunikasi langsung antar actor
e. Actor bisa saja menyediakan informasi ke system
6.
Fungsi
didalam kelas yang dikombinasi bentuk tingkah lakukelas dinamakan dengan
a. operasi
b. atribut
c. metode
d. klasifikasi
e. generalisasi
7.
Use case
class memiliki objeck use case yang dinamakan
a. Extend
b.
Skenario
c. SuperClass
d. Relationship
e. Actor
8.
Hubungan
mesin , Rangka , spion ,dan lainnya merupakan komponen yang terdapat pada motor
merupakan hubungan yang dinamakan
a. Analysis Structure
b. Gen-Spec Structure
c. Hirarki Structure
d. Design Structure
e.
Whole-Part
Structure
9.
Pada
activity diagram penggabungan aktivitas menggunakan symbol
a. Fork
b. Decision
c.
Join
d. Swimlane
e. End point
10. Dalam satu aksi dimunkinkan memiliki
lebih dari satu metode,merupakan karateristik metodologi
a. Pengkapsulan
b. Implementasi
c.
Pewarisan
d. Polymorphisme
e. Abstraksi
11. Dalam menggambarkan proses bisnis
dan urutan aktivitas dalam sebuah proses dapat menggunakan program
a.
Activity
diagram
b. Use case diagram
c. Commponet diagram
d. Deployment diagram
e. Statechart diagram
12. Pada Activity diagram percabagan
aktivitas menggunakan symbol
a. End point
b. Join
c.
Fork
d. Swimlane
e. Decision
13. Symbol yang digunakan untuk memulai
suatu aktivitas pada activity diagram adalah simbol
a. End point
b. Join
c. Fork
d.
Star
e. Decision
14. Untuk dapat memahami UML diperlukan
pemahaman tentang konsep bahasa pemodelan dan tiga eleman utama UML yaitu
a.
Objeck
, diagram dan relationship
b. Design, diagram dan relationship
c. Objeck, design dan diagram
d. Analisa, design dan implementasi
e. Analisa , diagram dan relationship
15. Hubungan antar benda secara
structural yang terhubung di antara objeck kesatuan objek dinamalan dengan
a. Realization
b. Generalization
c.
Association
d. Whole part structure
e. Dependency
16. Konsep awal pemograming (Basic)
dengan kekuatan GOTO statement dinamakan dengan
a.
Non
procedural language
b. Procedure language
c. Visual object orient programing
d. Visual programing
e. Object oriented programing
17. Diagram yang menggambarkan transisi
dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainya) suatu objek pada system
sebagai akibat dari stimulti yang diterima adalah
a. Activity diagram
b. Use case diagram
c. Commponet diagram
d. Deployment diagram
e.
Statechart
diagram
18. Sebuah cara untuk menggelompokan
activity bedarsarkan actor (mengelompokkan activyti dalam sebuah urutan yang
sama ) dinamakan
a. End point
b. Join
c. Fork
d.
Swimlane
e. Decision
19. Untuk memperlihatkan batasan system
dalam diagram use case menggunakan
a.
Boundary
boxes
b. Extend
c. Parant usecase
d. Generalization
e. Include
Pertemuan
1
1. Strategi
pembangunan perangkat lunak yang mengorganisasikan perangkat lunak
sebagai kumpulan
objek yang berisi data dan operasi yang diberlakukan adalah
pengertian dari .....
a. Objek d.
Pengertian objek
b. Metodelogi berorientasi objek e.
Klasifikasi objek
c. Pengertian objek
2. Menyembunyikan
kompleksitas dari luar dan hanya membuka operasi-operasi yang
diperlukan saja
terhadap objek-objek yang lain adalah pengertian .....
a. Encapsulasi d. Clasification
b. Polymorfism e.
Inheritance
c. Objek
3. Dimana dibawah ini
yang merupakan contoh atribut .....
a. Merk d. Pegawai
b. Buku e. Atribut
c. Mobil
4. Tahapan SDLC
menurut Ladjamudin adalah .....
a. Design,
implementasi, coding d. Implementasi, design, coding
b. Analisa, design, implementasi e.
Coding, design, implementasi
c. Analisa, design,
coding
5. Kegiatan yang
dilakukan pada tahap analisis yaitu .....
a. Deteksi design
yang dibuat d.
Analisa kebutuhan sistem
b. Merancang program
e. Test sistem
c. Deteksi kesulitan program
Pertemuan
2
1. Bahasa standar
yang digunakan untuk menuliskan blueprint perangkat lunak disebut
.....
a. Diagram d.
Flowchart
b. UML e. Normalisasi
c. ERD
2. Salah satu dari
bentuk dari Things yang diartikan sebagai interaksi dan hubungan
antara elemen yang
satu dengan yang lainnya disebut .....
a. Collaboration d. Interface
b. Diagram e. Class
c. Use case
3. Hubungan
terstruktur pada Class yang digambarkan menggunakan link, link
melakukan hubungan
antara objek disebut .....
a. Realization d. Asociation
b. Relationship e.
Generalization
c. Dependency
4. Diagram yang
digunakan untuk merepresentasikan hubungan antara hardware yang
digunakan dalam
infrastruktur sebuah sistem informasi disebut ...
a. Collaboration d.
Package
b. Deployment e. Class
c. Use case
5. Yang termasuk interaction
diagram antara lain ...
a. Class, Package dan
Interaction Diagram
b. Sequence, Object
dan Activity Diagram
c. Interaction, Sequence dan Activity Diagram
d. Deployment, Class
dan Sequence Diagram
e. Sequence, Communication dan
Interaction
Pertemuan
3
1. Sebuah diagram
yang menggambarkan aktivitas dari sebuah sistem dan penggunaan
diagram ini untuk
sebuah analisa sistem disebut .....
a. Deployment Diagram
d. Class Diagram
b. Activity Diagram e.
Use case Diagram
c. Collaboration
Diagram
2. Diagram yang tidak
digunakan dalam pemodelan berorientasi objek adalah .....
a. ERD d. Deployment Diagram
b. Activity Diagram
e. Class Diagram
c. Use case Diagram
3. Sejenis diagram
interaksi yang lebih menekankan pada link data diantara bermacammacam
participant pada
interaksi tersebut disebut .....
a. Interaction
Diagram d. Communication
Diagram
b. Activity Diagram
e. Use case Diagram
c. Collaboration
Diagram
4. Pencangkokan
secara bersama antara activity diagram dengan sequence diagram
disebut ......
a. Interaction Diagram d.
Class Diagram
b. Activity Diagram
e. Use case Diagram
c. Collaboration
Diagram
5. Diagram UML yang
digunakan dalam mendesain sebuah sistem informasi antara lain
.....
a. Activity Diagram
dan Use case Diagram
b. Deployment Diagram
dan Use case Diagram
c. Class Diagram dan Sequence Diagram
d. Sequence Diagram
dan Deployment Diagram
e. Activity Diagram dan Deployment
Diagram
Pertemuan
4
1. Activity Diagram
adalah teknik untuk menggambarkan logika prosedural, proses
bisnis dan jalur kerja.
Merupakan definisi Activity Diagram menurut .....
a. Rossa d.
Salahuddin
b. Fowler e. Rossa dan Salahuddin
c. Fowler dan Rossa
2. Simbol yang
menggambarkan pemisahan organisasi bisnis yang bertanggung jawab
terhadap aktivitas
yang terjadi adalah simbol .....
a. Start Point d.
Decision
b. Activity e. Swimlane
c. Join
3. Asosiasi
percabangan dimana jika ada pilihan aktivitas lebih dari satu disebut .....
a. Join d. Fork
b. End Point e.
Decision
c. Swimlane
4. Simbol yang
digunakan dalam hal pengambilan keputusan adalah .....
a. Join d. Fork
b. End Point e. Decision
c. Swimlane
5. Activity Diagram
adalah menggambarkan workflow (aliran kerja) atau aktivitas dari
sebuah sistem atau
proses bisnis atau menu yg ada di perangkat lunak merupakan
definisi menurut
.....
a. Rossa d.
Salahuddin
b. Fowler e. Rossa dan Salahuddin
c. Fowler dan Rossa
Pertemuan
5
1. Teknik untuk
merekam persyaratan fungsional sebuah sistem. Merupakan definisi use
case
diagram menurut .....
a. Fowler d. Salahuddin
b. Rossa e. Rossa dan
Salahuddin
c. Fowler dan Rossa
2. Peran yang
dimainkan oleh pengguna dalam kaitannya dengan sistem disebut .....
a. Actor d. Decision
b. Object e. Class
c. Use case
3. Relasi Use Case
tambahan ke sebuah use case dimana use case yg ditambahkan
dapat
berdiri sendiri walau
tanpa use case tambahan itu disebut .....
a. Asosiasi d. Actor
b. Include e. Extend
c. Generalization
4. Komunikasi antara
aktor dan use case yg berpartisipasi pada use case disebut .....
a. Asosiasi b. Include c. Generalization
d. Actor e. Extend
5. Relasi use case
tambahan ke sebuah use case dimana use case yang ditambahkan
memerlukan use
case ini untuk menjalankan fungsinya atau sebagai syarat dijalankan
use
case ini disebut .....
a. Asosiasi d. Aktor
b. Include e. Extend c. Generalization
Pertemuan
6
1. Pada proses
pengembalian buku anggota dapat mengembalikan buku sesuai dengan
jadwal pengembalian
kepada petugas. Jika terlambat maka akan dikenakan denda.
Berdasarkan prosedur
diatas aktor yg menjadi kunci proses diatas adalah .....
a. Anggota dan Buku d. Anggota dan Petugas
b. Buku dan Denda e.
Denda dan Petugas
c. Buku dan Petugas
2. Berapakah jumlah
swimlane yang terbentuk berdasarkan prosedur diatas .....
a. 2 swimlane d. 3 swimlane
b. 4 swimlane e. 5
swimlane
c. Tidak ada swimlane
3. Berapa jumlah
Aktor yang terbentuk dari prosedur diatas adalah .....
a. 1 d. 4
b. 2 e. 5
c. 3
4. Pada saat
penggambaran activity diagram terdapat penggambaran simbol decision
yaitu pada kalimat
.....
a. Anggota dapat
mengembalikan buku sesuai dengan jadwal pengembalian
kepada petugas
b. Jika terlambat maka akan dikenakan denda
c. Petugas mencetak
bukti peminjaman
d. Petugas melakukan
laporan kepada kepala perpustakaan
e. Petugas mencatat
data peminjaman
5. Pada saat
penggambaran activity diagram terdapat penggambaran simbol relasi use
case yang bersifat
extend yaitu pada kalimat .....
a. Anggota dapat
mengembalikan buku sesuai dengan jadwal pengembalian
kepada petugas
b. Jika terlambat
maka akan dikenakan denda
c. Petugas mencetak
bukti peminjaman
d. Petugas melakukan laporan kepada kepala perpustakaan
e. Petugas mencatat data peminjaman
1. Konsep awal programming (basic) dengan
kekuatan GOTO statement dinamakan dengan :
Jawab : non procedural languag
2. Fungsi di dalam kelas yang dikombinasikan
bentuk tingkah laku kelas dinamakan dengan :
Jawab : operasi
3. Hubungan mesin, rangka, spion dan lainnya
merupakan komponen yang terdapat pada motor merupakan hubungan yang dinamakan :
Jawab : whole-part structure
4. Dibawah ini yang tidak termasuk obyek abstrak
adalah :
Jawab
: sekolah
5. Dalam satu aksi dimungkinkan memiliki lebih
dari satu metode, merupakan karakteristik metodologi:
Jawab : pewarisan
6. Untuk dapat memahami UML diperlukan pemahaman
tentang konsep bahasa pemodelan dan tiga elemen utama UML yaitu :
Jawab : objek, diagram dan
relationship
7. Hubungan antar benda secara struktural yang
terhubung diantara objek dalam kesatuan
objek dinamakan dengan
Jawab :
Association
8. Diagram
yang menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu objek pada sistem
sebagai akibat dari stimuli yang diterima adalah
Jawab : Statechart diagram
9. Dibawah
ini yang tidak termasuk kedalam structure diagram adalah a. sequence diagram Jawab :
component diagram
10.
Dibawah ini yang bukan mekanisme umum
pemodelan UML adalah
Jawab : Relationship
11.
Untuk Menggambarkan proses bisnis dan
urutan aktivitas dalam sebuah proses dapat menggunakan
diagram
Jawab : Activity
diagram
12.
Sebuah cara untuk mengelompokkan activity berdasarkan Actor (mengelompokkan
activity dalam sebuah urutan yang
sama) dinamakan
Jawab : Swimlane
13.
Pada activity diagram percabangan aktivitas menggunakan simbol
Jawab : Fork
14.
Pada activity diagram penggabungan aktivitas menggunakan simbol
Jawab : Join
15.
Simbol yang digunakan untuk memulai suatu aktivitas pada activity diagram
adalah simbol
Jawab : Start
16.
Use case class memiliki objek use case yang dinamakan
Jawab : Skenario
17.
Dibawah ini pernyataan yang salah mengenai aktor adalah
Jawab : Actor biasanya menggunakan Kata kerja
18. Jika usecase itu merupakan
keharusan (required) terhadap usecase lainnya dinamakan Association
Jawab : Include
19.
Untuk memperlihatkan batasan sistem dalam diagram use case menggunakan
Jawab : boundary boxes
20.
Dibawah ini pernyataan yang tidak tepat mengenai usecase adalah
Jawab : Use case biasanya
menggunakan kata benda
21.
Dimensi vertikal pada sequence diagram adalah
Jawab : Waktu
22.
Sequence Diagram secara khusus berasosiasi dengan diagram
Jawab : Usecase
diagram
23.
Loop dan conditional pada sequence diagram menggunakan kerangka interaksi
dinamakan Jawab : frame
24.
Sebuah objek yang mempunyai sebuah operation kepada dirinya sendiri disebut
Jawab : Loop
25.
Operator fragmen hanya dapat mempunyai satu thread untuk menjalankannya adalah
Jawab : region
26.
Single value pada multiplicity adalah
Jawab : Menunjukkan
sebuah batas atas yang bernilai 1
27.
Kata kunci dalam ketergantungan dalam sebuah class yang berarti target
memungkinkan sumber untuk
mengakses fitur private target adalah:
Jawab : permit
28.
Kata kunci dalam ketergantungan dalam sebuah class yang berarti sumber
memanggil sebuah operasi pada target
adalah:
Jawab : call
29.
Sebuah garis solid antara dua class, ditarik dari class sumber ke class target
adalah pengertian dari:
Jawab : Asosiasi
30.
Operasi pada class diagram dengan meletakkan nilai kedalam sebuah bidang dan
tidak melakukan hal lain selain itu
menggunakan metode
Jawab : setting
Tidak ada komentar:
Posting Komentar